Langsung ke konten utama

16 Penyebab dan Gejala Asam Urat


Asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan persendian mendadak terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah. Menurut ahli reumatologi penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

16 Penyebab dan Gejala Asam Urat

Penyebab Asam Urat


1. Makanan yang di konsumsi kurang baik
2. Sering mengkonsumsi alkohol
3. Karena merokok
4. Mengkonsumsi obat- obatan
5. Riwayat keluarga

Asam urat adalah zat yang normal yang ada di dalam tubuh namun asam urat ada akibat dari pemecahan dari zat purin yang terkandung didalam sel tubuh. Dan setiap harinya, asam ini dikeluarkan dari tubuh kita lewat ginjal. Apabila jumlah yang dibuang lebih kecil daripada jumlah produksinya maka sisanya akan menimbun di dalam dan juga didaerah sekitar sendi dan membentuk kristal tajam dengan natrium urat didalamnya. Dan inilah beberapa gejala asam urat pada tubuh manusia...

1. Ngilu pada sendi


Penderita asam urat yang tinggi biasanya akan merasakan ngilu didaerah persendian. Hal itu dikarenakan pada persendianlah zat purin itu menumpuk. Zat purin merupakan zat yang bisa menjadi penyebab asam urat jika jumlahnya terlalu banyak. Apabila Anda merasakan rasa ngilu pada sendi maka segera periksakan terlebih dahulu ke dokter.

2. Kesemutan


Asam urat juga menyebabkan penderitanya mengalami sering kesemutan terutama pada sendi tangan dan juga sendi kaki. Kesemutan pada penderita itu tidak hilang dalam waktu berhari- hari. Apabila kesemutan ada di jari tangan kesemutan itu menyebabkan seseorang tidak mampu memegang barang menggunakan tangannya.

3. Bengkak


Gejala asam urat tinggi adalah terjadinya pembengkakan pada sendi kaki maupun tangan. Anda dapat melihat sendi pada kaki penderita jika sendi kaki terutama sendi di jempol kaki bengkak itu tandanya kadar asam urat tinggi.

4. Kaki dan tangan terasa panas


Bagi penderita asam urat gejalanya adalah kadar asam urat tinggi di dalam tubuh seseorang adalah kaki dan tangan terasa panas. Panas tersebut menghilang dan muncul berkali-kali dalam sehari.

5. Badan terasa pegal- pegal


Asam urat tinggi ditandai dengan badan terasa pegal-pegal meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Pegal-pegal tersebut bisa membuat penderita asam urat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri. Kkemudian terdapat ruam merah di kulit yang berbarengan dengan pegal- pegal juga menjadi tanda seseorang terkena asam urat. Ruam merah itu bisa muncul di berbagai bagian tubuh misalnya saja di bagian lutut, punggung, pundak dan juga bahu.

6. Frekuensi buang air kecil meningkat di malam hari


Saat malam hari penderita asam urat akan sering buang air kecil. Pada setiap malam hari penderita asam urat ini sangatlah sering buang air kecil yang hampir lebih dari 5 kali. Hal itu dikarenakan zat purin yang mengkristal bisa menyebabkan gangguan pada saluran kandung kemih penderita asam urat.

7. Nyeri terasa sangat sakit di malam hari


Penderita asam urat sering merasa sangat nyeri di malam hari sehingga akan kesulitan tidur. Dengan adanya hal ini dikarenakan reaksi dari zat purin akan lebih terasa saat malam hari. Udara dingin di malam hari bisa membuat rasa nyeri sendi lutut dan bagian lainnya juga semakin bertambah, berbeda dengan siang hari yang panas dan terik.

8. Nyeri di pagi hari


Udara yang dingin saat di pagi hari menjadi pemicu timbulnya nyeri di pagi hari. Hal ini dikarenakan oleh sebuah reaksi zat purin juga lebih terasa di malam hari juga pagi hari.

9. Sulit berjalan


Bahaya asam urat tinggi dapat menyebabkan penderitanya susah berjalan karena lokasi sendi yang terkena asam urat bisa menyerang lutut tubuh seseorang, Penumpukan zat purin di lutut itulah yang menyebabkan penderita asam urat sampai sulit berjalan.

10. Munculnyua tofus


Tofus ini adalah sebuah benjolan yang merupakan tanda penyakit asam urat telah meninggi dan mungkin sudah memasuki tahap yang serius. Tofus itu akan muncul di sekitar sendi yang terkena asam urat. Sendi yang meradang selama bertahun- tahun dan tidak diobati itulah yang menyebabkan munculnya tofus tersebut. Dengan adanya penumpukan zat purin pada sendi tubuh mengakibatkan seseorang terkena sendi kaku. Sendi yang kaku tersebut bisa menjadi penyebab sendi sulit digerakkan. Sendi tangan yang terasa kaku akan sukit sekali untuk ditekuk terutama di bagian jari tangan. Sendi kaku juga akan menyerang sendi kaki sehingga jari- jari kaki terasa kaku untuk berjalan.

Baca juga: 26 Penyebab dan Gejala Asma

Gejala Asam Urat lainnya:


11. Nyeri pada jempol kaki

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala asam urat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....