Langsung ke konten utama

20 Penyebab dan Gejala Penyakit Antraks

Antraks adalah penyakit menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis dalam bentuknya yang paling ganas. Antraks bermakna batu bara dalam bahasa Yunani, dan istilah ini juga digunakan karena kulit para penderita antraks akan berubah warna menjadi hitam. Antraks paling sering menyerang herwan- hewan liar dan yang telah dijinakkan. Penyakit ini bersifat zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia, namun tidak dapat ditularkan antara sesama manusia. Ini adalah penyakit antraks paling umum.

20 Penyebab dan Gejala Penyakit Antraks

Penyebab Penyakit Antraks:


1. Memegang hewan ternak dan hewan liar terinfeksi
2. Kontak langsung dengan kotoran hewan
3. Bakteri antrak masuk melalui luka pada kulit
4. Mengkonsumsi daging hewan yang terkena infeksi
5. Makan makanan yang di hinggapi lalat

Penyakit ini biasanya terjadi saat orang yang mengalami luka pada kulit mengalami kontak langsung dengan spora antraks. Berikut beberapa gejala penyakit antraks yang wajib diketahui...

1. Rasa gatal pada kulit


Apabila Anda mengalami penyakit antraks maka Anda akan menumukan gejala yakni merasakan gatal pada kulit. Gatal dari gejala penyakit antraks ini datang dengan tiba- tiba dan sama sekali bukan karena factor gigitan hewan atau sebagainya namun gatal yang tiba- tiba menyerang kulit pada tubuh.

2. Merasakan mual


Untuk gejala penyakit antraks yang selanjutnya adalah merasakan mual. Mual ini adalah hal yang cukup lumrah terjadi apabila terkena suatu penyakit dan salah satuny adalah pernyakit antraks. Ketika penderita mengalami mual seperti ini maka makanan yang seharusnya dimakan akan sama sekali tidak di makan karena sudah merasa mual hanya karena mencium bau makanan.

3. Merasakan lesu


Penderita penyakit antrak ini akan merasakan lesu dan lemah pada tubuhnya. Seluruh badan lemah seolah tidak ada kekuatan dan pada orang  yang mengalami gejala ini mereka tidak akan dapat mengeluh tetapi yang biasanya aktif kali ini tidak mau bergerak lagi dan lebih senang diam duduk atau lebih baik tidur. Apabila Anda mengalami ini mungkin itu adalah gejala penyakit antraks.

4. Kurangnya nafsu makan


Karena penderita antrak mengalami gejala mual maka hal inilah yang membuat penderita akan kurangnya nafsu makan. Disini penderita sama sekali tidak nafsu baik minum maupun makan, rasa mual dan rasa tidak enak di perut inilah yang menyebabkan semua makanan dan minuman yang dimakan keluar lagi.

5. Sakit kepala


Tidak hanya kurang nafsu makan yang membuat penderita lesu akan tetapi, penderita juga akan mengalami gejala sakit kepala yang berkepanjangan. Sakit kepala inilah yang membuat penderita tidak kuat untuk berdiri karena rasa sakit kepala yang sangat sakit. Apabila Anda merasakan gejala seperti ini alangkan baiknya jika Anda meminta saudara atau teman untuk segera membawa Anda kerumah sakit.

6. BAB darah


Bagi penderita penyakit antraks akan mengalami BAB darah. Tak hanya buang air besar yang hitam dan lengket namun juga darah yang keluar bersama feses berwarna merah cerah . Kondisi ini sering dikaitkan dengan ulkus atau gangguan kesehatan lainnya pada saluran pencernaan atas dan juga disebabkan oleh pendarahan di saluran pencernaan bawah.

7. Merasakan demam


Gejala demam juga menjadi salah satu tanda bahwa sudah terjangkit penyakit antraks. Demam ini adalah demam yang memiliki suhu panas yang cukup tinggi sehingga membuat penderita menjadi lemas dan tak bertenaga.

8. Sakit tenggorokan


Ketika penderita mengalami sakit tenggorokan maka itu bisa jadi bukan hanya tanda bahwa Anda sakit radang tenggorokan akan tetapi, bisa jadi sakit tenggorokan yang Anda alami inilah adalah gejala timbulnya penyakit antraks. Ketika Anda merasakan sakit pada tenggorokan maka sangat di anjurkan bagi Anda untuk segera memeriksakan ke rumah sakit atau dokter terdekat agar cepat di tangani.

9. Sesak napas


Biasanya, sesak napas terjadi karena sedang marah, takut atau khawatir berlebih maupun saat terluka namun, sesak napas juga dapat menjadi gejala terjadinya penyakit antraks pada manusia. Sesak nafas ini akan menimbulkan penderita mengalami sakit pada bagian dada pada saat menghirup udara. Untuk gejala serius seperti ini sangat diusahakan untuk segera membawa ke rumah sakit.

10. Leher mengalami pembengkakan


Penderita penyakit antrak ini akan mengalami pembengkakan pada bagian leher. Apabila Anda merasakan leher lebih berat dari biasanya maka bisa jadi leher Anda mengalami pembengkakan. Pada leher terdapat kelenjar getah bening dan kelenjar ini dapat membengkak beberapa sentimeter sebagai respons terhadap infeksi atau penyakit. Selain pada leher, pembengkakan ini dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh, seperti ketiak.

Baca juga: 25 Cara Pencegahan dan Pengobatan Menopause Dini

Gejala antraks lainnya

11. Terjangkit miningitis
12. Susah menelan makanan
13. Merasakn nyeri otot
14. Sensasi terbakar di kulit
15. Perut terasa sakit

Itulah sekilas informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit antraks. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....