Langsung ke konten utama

26 Penyakit dan Bahaya Akibat Lemak Jenuh

Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang berbahaya untuk tubuh. Lemak ini memiliki lebih dari 25 potensi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Lemak jenuh adalah lemak yang terkumpul dan telah terkontaminasi oleh berbagai radikal bebas serta bisa membuat keluhan penyakit organ dalam. Untuk itu, Anda di himbau untuk mengetahui apa saja bahaya lemak jenuh agar bisa menghindarkan diri dari lemak ini.

Penyakit dan Bahaya Akibat Lemak Jenuh

Beberapa makanan seperti daging babi, sapi, kambing, domba, kulit ayam, susu, mentega, keju campur, es krim, minyak kelapa sawit, minyak babi, nugget ayam dan lainnya merupakan pantangan yang tak boleh Anda makan secara berlebihan karena mengandung banyak lemak jenuh. Berikut ini adalah rangkuman bahaya yang bisa diakibatkan oleh lemak jenuh.

1. Menghambat Vitamin A, B, C, E, D dan K


Lemak jenuh memiliki radikal yang tak sehat didalamnya. Tidak hanya merusak organ dalam tubuh, asupan nutrisi lain khususnya vitamin menjadi terganggu. Beberapa vitamin tunggal seperti vitamin A, B, C, E, D dan K menjadi terhambat penyerapannya. Tidak hanya itu, beberapa gizi penting pun ikut terhambat seperti zat besi, kalsium, protein dan lainnya.

2. Merusak Penyerapan Vitamin D Pada Lansia


Beberapa keluhan yang terjadi pada mereka lansia memiliki masalah pada tubuh mereka. Ternyata hal tersebut karena asupan vitamin D yang kurang namun mereka tetap menjaga asupan tersebut. Faktanya, lemak jenuh yang berlebihan dalam tubuh bisa berdampak negative pada penyerapan vitamin D khususnya lansia.

3. Merusak Otak


Lemak jenuh dapat menghambat pertumbuhan otak dan aliran darah yang mengalir ke otak. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan lemak jenuh yang sangat tidak sehat. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi dan memperbanyak makan-makanan bervitamin yang bagus untuk otak.

4. Radang Otak


Radang otak atau pendarahan pada otak bisa terjadi karena kandungan lemak jenuh pada tubuh yang terlalu banyak. Beberapa penyebab lain dari radang otak banyak sekali, seperti sel kanker, benturan dan lainnya.

5. Menghambat Penyebaran Energi ke Tubuh


Kalori atau karbohidrat yang telah diolah menjadi energy akan disebarkan keseluruh tubuh melalui sel-sel khusus. Namun, untuk mereka yang memiliki lemak jenuh yang banyak akan mengalami lemah badan karena lemak jenuh bisa menghambat penyebaran energy ke seluruh tubuh.

6. Menghambat Sirkulasi Darah


Sirkulasi darah yang tak lancar dapat memicu banyak sekali penyakit. Penyebabnya bermacam-macam, beberapa orang memiliki lemak jenuh tinggi dalam tubuhnya mengaku memiliki masalah dalam peredaran darahnya yang tak seperti biasanya. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghindari makanan dengan lemak jenuh tinggi dan perbanyak minum air putih.

7. Menyebabkan Darah Bergumpal


Darah bergumpal di satu titi bisa terjadi karena kelebihan lemak jenuh dalam tubuh. Hal ini bisa memicu berbagai penyakit, paling buruknya adalah memicu sel-sel kanker atau tumor.

8. Memicu Penyakit Jantung


Aliran darah terganggu karena adanya lemak jenuh. Ini yang menjadi alasan kenapa orang dengan obesitas tinggi kemungkinan memiliki lemak jenuh tinggi sering mengalami masalah jantung. Jawabannya sederhana, aliran darah yang harusnya lancar menuju ke jantung menjadi terhambat akibat lemak jenuh tersebut.

9. Kolestrol Tinggi


Seperti yang Anda ketahui, daging babi, kambing, sapi dan segala makanan dengan lemak tinggi memiliki kolestrol yang tinggi pula. Hal ini bisa memicu kolestrol tinggi dan tentunya tidak sehat untuk tubuh. Untuk mengatasinya, hindari makanan dengan lemak tinggi khususnya daging, perbanyak makana bergizi  protein, serat, kaya vitamin, kalium dan kalsium.

10. Tekanan Darah Tinggi


Darah tinggi bisa berakibat buruk bagi tubuh. Beberapa masalah yang terjadi bagi penderita tekanan darah tinggi beberapanya adalah perubahan emosi yang melua-luap sampai bisa memicu serangan jantung.

Bahaya Lemak Jenuh Lainnya:


11. Memperburuk Alzheimer
12. Menurunkan Daya Ingat
13. Menurunkan Konsentrasi
14. Diabetes
15. Mengganggu Janin
16. Mengganggu Pembentukan Sel
17. Menurunkan Imun Tubuh
18. Menurunkan Metabolisme Tubuh
19. Merusak Ginjal
20. Luka Pada Limfa
21. Mengganggu Kinerja Hormon
22. Panas Dalam
23. Sulit Buang Air Besar
24. Rusak Pada Paru-Paru
25. Rusak Pada Lever/Hati
26. Obesitas

Baca juga: 15 Bahaya Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya lemak dari daging, beberapa hasil olahan seperti susu, donat, keju, roti juga harus Anda hindari agar tak mengganggu asupan gizi dan nutrisi dan terhindar dari lemak jenuh.