Langsung ke konten utama

6 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin tunggal sama dengan vitamin A, B ataupun D. Banyak hal yang bisa kita rasakan dalam mengkonsumsi vitamin satu ini, salah satunya adalah mendapatkan tubuh kita menjadi lebih kebal dan kulit yang lebih terawat. Untuk itu, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Hal itu perlu karena jika Anda kekurangannya, penyakit akibat kekurangan vitamin C dapat mengancam kesehatan setiap waktu.

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Vitamin C bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh, sariawan dan menjaga kulit, semua itu umum dilakukan oleh mereka yang mengkonsumsi vitamin C. Wajarnya, vitamin C diperlukan oleh manusia sebanyak 1000 mg setiap harinya. Kadar vitamin C tersebut sudah sangat cukup dalam memberikan asupan vitamin C yang baik untuk tubuh setiap harinya. Berikut ini adalah penyakit akibat kekurangan vitamin C yang perlu Anda hindari.

1. Anemia


Pusing terjadi karena kurangnya zat besi dan juga vitamin C. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C serta zat besi secara rutin. Bisa Anda temui di banyak sayur-sayuran serta buah-buahan. Pusing juga menjadi salah satu gejala dari anemia yang berakibat buruk bagi tubuh. Anemia adalah kondisi di mana kita susah tidur, hal ini sangat perlu di perhatikan karena kekurangan tidur dapat berakibat buruk bagi tubuh.

2. Kulit Menjadi Kering


Gejala yang terjadi jika kulit Anda kering adalah terasa kasar, bersisik, kerut pada sela-sela kaki dan sedikit guratan putih dapat muncul kulit pada saat digaruk. Untuk mecegah hal itu, vitamin C merupakan salah satu jalan yang bisa Anda tempuh dalam mengatasi gangguan kulit, khususnya kulit yang kering. Selain vitamin C, alternative lain yang dapat Anda gunakan adalah body lotion dibantu dengan pakaian yang tertutup, guna terhindari dari sinar UV matahari.

3. Haemorhages (Pendarahan dalam)


Pendarahan internal merupakan sebuah pendarahan yang terjadi pada dalam tubuh. Hal ini sangat perlu untuk dihindari karena bisa jadi sangat berbahaya dan dapat merambat ke organ tubuh lainnya. Penyakit ini bisa berakibat katarak, mata merah dan kelopak mata tampak merah atau berdarah. Hal itu juga menjadi salah satu ciri orang yang haemorhages.

4. Radang Gusi


Radang gusi juga termasuk dalam pendarahan pada gusi. Hal ini bisa terjadi pada orang yang kekurangan zat besi serta vitamin C. Ciri-ciri orang yang terkena radang gusi adalah gusinya berdarah atau berwarna merah tidak seperti biasanya, gusi perih, gusi terasa tak nyaman dan mudah berdarah jika terkena benda tajam. Bisa Anda atasi dengan perbanyak makan makanan bergizi, khususnya makanan yang kaya akan vitamin C.

5. Sistem Kekebalan Rendah


Hal ini sangat bisa terjadi mengingat salah satu fungsi utama dari vitamin C adalah membantu dalam imun tubuh. Beberapa gejala orang yang rendah kekebalan tubuhnya adalah sering pusing, sering batuk disertai flu, mudah terserang virus, serta demam atau meriang baik ringan maupun parah. Untuk mengatasinya, Anda harus mengkonsumsi banyak zat besi dan vitamin C serta kandungan lain yang baik dalam meningkatkan imun tubuh.

5. Luka yang Sulit Sembuh


Vitamin C juga dapat membantu dalam mempercepat luka agar sembuh. Namun karena vitamin C kurang, luka yang tadinya bisa sembuh dengan wajar kini susah untuk tertutup dan sembuh. Ha ini bisa saja terjadi karena kurangnya vitamin C dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan dengan kaya kandungan vitamin C, zat besi, Anti-Oksidan dan Anti-Bakteri.

6. Nyeri Pada Otot


Tidak hanya nyeri pada otot, kekurangan vitamin C juga dapat membuat kulit atau tubuh mudah memar. Hanya tersenggol benda keras saja, kulit menjadi memar dan rasa nyeri yang amat sakit. Untuk mencegahnya, makan makanan dengan vitamin C, zat besi dan kandungan gizi dan nutrisi sehat yang banyak.

Baca juga: 10 Efek Buruk Permen Karet untuk Kesehatan Jika Tertelan

Vitamin C memang sehat, namun jika berlebih bisa berakibat penyerapan vitamin B12, terganggu, asam lambung meningkat, kadar asam urat meningkat, gangguan pada otak dan dapat menyebabkan alergi. Untuk itu, asupan gizi dan nutrisi harus secara wajar dan cukup dalam setiap harinya wajib Anda terapkan.