Langsung ke konten utama

13 Penyakit Akibat Gula Darah Rendah Untuk Tubuh

Gula darah rendah merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada system darah dalam tubuh. Seseorang dapat dikatakan mengidap gula rendah jika sudah berada dibawah 200 atau 100 mg/dl. Beberapa penyebab utama adanya gula darah rendah adalah makan sedikit atau tidak teratur, kebiasaan buruk tak mengatur waktu dan kebiasaan merokok dan minum alcohol. Jika Anda termasuk memiliki kebiasaan tersebut, kemungkinan beberapa penyakit akibat gula darah rendah bisa saja terjadi.

Penyakit Akibat Gula Darah Rendah

Diabetes juga bisa terjadi akibat gula darah rendah, untuk itu, Anda sangat dianjurkan untuk tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi serta menghindari kebiasaan buruk yang bisa mengundang penyakit gula darah rendah. Berikut ini adalah beberapa penyakit akibat gula darah rendah yang tak sehat untuk tubuh.

1. Kelaparan


Kelaparan merupakan kondisi tubuh dimana kurang dalam mendapat karbohidrat, kalori, lemak dan nutrisi penting lainnya. Jika dibiarkan saja, kelaparan dapat mengakibatkan kurang gizi bahkan kematian.

2. Tak Bertenaga dan Lemas


Memiliki gula darah tinggi sangat tidak baik untuk orang yang memiliki aktivitas lebih karena bisa berakibat tubuh lemas, tak bertenaga dan jika dibiarkan bisa saja si penderita akan jatuh pingsan. Beberapa penyebab lain dari badan tak bertenaga adalah darah rendah, efek dari diare, kurang minum air putih, kurang serat, kurang karbohidrat, kurang kalori dan kurang kalium.


3. Mudah Lelah


Lelah adalah kondisi tubuh yang tak bertenaga, lemas dan sulit melakukan aktivitas apapun. Bisa saja terjadi karena kekurangan karbohidrat, kalori dan zat gizi penting lainnya. Memiliki kadar gula dalam darah juga bisa membuat tubuh mudah lelah dan bisa membuat si penderita pingsan. Selain gula darah tinggi, beberapa penyebab mudah lelah adalah berenang malam hari, tidur dengan lampu menyala dan kurang darah.

4. Sulit Konsentrasi dan Fokus


Konsentrasi atau fokus yang tinggi sangat diperlukan dalam melakukan segala kegiatan, apalagi aktivitas yang memerlukan banyak fokus. Namun, gula darah tinggi bisa menyebabkan fokus berkurang dan mengganggu system dalam otak. Selain darah gula tinggi, masalah ini sering kali dikarenakan oleh kurang protein, sering lembur dan kurang dalam berolahraga secara rutin.

5. Sulit Dalam Melaksanakan Tugas


Baik tenaga dan konsentrasi Anda otomatis sangat terkuras jika mengidap gula darah tinggi. Karena itu, tugas Anda akan terhambat dan Anda akan susah dalam melakukan aktivitas atau kerjaan Anda seperti biasanya.

6. Pingsan Dalam Waktu Lama


Pingsan karena gula darah tinggi berbeda dengan pingsan biasa. Biasanya waktu pingsan karena tingkat gula dalam darah tinggi sangat lama bahkan bisa mencapai berjam-jam. Hal ini karena tenaga korban sangat terkuras. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi, harap tidak melibatkan diri Anda pada hal yang bisa membuat lelah seperti beraktivitas berat, berdiri di tengah trik matahari dan lainnya.

7. Gemetar


Jika Anda kekurangan gula darah, tidak jarang tubuh akan gemetar seperti orang menggigil berat dan jika dibiarkan begitu saja, bisa terjadi hal buruk pada si korban.

8. Kebingungan


Anda sering bingung dan kadang hilang arah? Hal tersebut bisa saja terjadi karena merupakan efek dari kurangnya gula darah pada tubuh. Selain itu, kebingunan juga bisa disebabkan oleh factor lain seperti narkoba, konsumsi obat analgesic, dan gejala dari penyakit stroke.

9. Kejang-Kejang


Kejang-kejang bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti masalah epilepsy, bahaya tetanus dan efek dari penyakit meningtitis. Selain itu, kejang-kejang juga bisa diderita oleh orang yang bermasalah gula darahnya.

10. Keringat Dingin


Gula darah rendah bisa mengakibatkan keringat dingin, bahkan tanpa alasan. Hal ini bisa membuat Anda menjadi tak nyaman dan bisa juga memicu penyakit lain seperti penyakit jantung.

Akibat dan Penyakit Gula Darah Rendah Lainnya:


11. Gugup
12. Perubahan Prilaku
13 Gangguan Otak

Baca juga: 15 Bahaya Malas Ganti Pembalut Saat Haid

Saat gula darah Anda lebih dari 200mg/dl, atau mencapai 500 mg/dl lebih, artinya Anda memiliki gula darah tinggi. Hal tersebut tidak baik dan harus menanggulanginya dengan mengkonsumsi makanan yang gizi dan nutrisinya baik.