Langsung ke konten utama

12 Penyakit Akibat Kelebihan Kalsium Dalam Tubuh

Kalsium memang sangat baik untuk tubuh, kekurangan kalsium dapat menyebabkan banyak penyakit. Namun tetap saja, sesuatu hal yang dipaksakan atau berlebihan bisa berakibat buruk juga untuk kesehatan, bahkan bisa lebih buruk dari pada kekurangan. Disini, Anda akan melihat efek buruk apa saja jika tubuh Anda kelebihan kalsium. Ternyata hal tersebut bisa mengakibatkan banyak penyakit, baik secara fisik maupun mental.

Penyakit Akibat Berlebihan Kalsium

Sebelum itu, Anda harus mengetahui gejala seperti apa jika tubuh kelebihan kalsium. Jika hal seperti mudah lelah, lemas, mual disertai muntah, sembelit, timbul rasa sakit perut, sering buang air kecil dan haus berlebih maka hal tersebut adalah gejala dari kalsium yang lebih dalam tubuh Anda. Memang baik untuk tulang, namun berlebihan bisa saja berakibat buruk pada organ-organ atau bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kelebihan kalsium.

1. Serangan Jantung


Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya, khususnya yang sering menyerang laki-laki. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kalsium terlalu banyak, rajin olahraga jantung seperti lari pagi, minum banyak vitamin dan perbanyak minum air putih. Tidak hanya penyakit jantung, kalsium yang overdosis juga bisa mengundang stroke.

Cara ampuh yang banyak direkomendasikan oleh para ahli adalah melakukan penghindaran kalsium dicampur dengan antibiotic lain misalnya verapamil, diltiazem, digoxin dan lainnya. Jika kedua zat tersebut dikonsumsi secara bersamaan, bisa membuat serangan jantung dan memicu penyakit turunan seperti stroke, darah tinggi dan penyakit lain yang berhubungan dengan darah. Tidak hanya kalsium yang berlebihan, serangan jantung juga bisa dipicu oleh kopi, efek buah durian dan obat analgesic.

2. Penyakit Ginjal


Ginjal merupakan organ yang amat penting. Untuk melindunginya adalah dengan melengkapi asupan gizi seperti zat besi, vitamin A,B dan C. Kalsium juga dapat membantu dalam menyehatkan ginjal, namun tidak jika kalsium terlalu banyak masuk ke tubuh. Penggunaan kalsium bersama dengan antibiotic sangat dilarang dan bisa berakibat buruk pada ginjal. Kalsium yang berlebihan akan masuk pada darah dan ujung-ujungnya akan ke ginjal dan berakibat buruk disana.

3. Arthritis


Penyakit ini bisa terjadi akibat kurang minum air, makan daging biawak, makan daging kucing dan kalsium berlebihan. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi daging yang disebutkan tadi serta perbanyak air putih dan yang paling penting adalah tetap menjaga asupan kalsium agar pas dan tidak berlebihan.

4. Regenerasi Sel yang Terhambat


Sel dalam tubuh berfungsi penting untuk mengganti seluruh bagian tubuh yang telah mati. Namun, hal itu dapat terhambat akibat beberapa hal, salah satunya adalah kalsium dalam tubuh yang berlebihan. Karena terlalu banyaknya kalsium, penyerapan enzim yang seharusnya di hisap akan terhambat dan ujung-ujungnya, sel akan melemah, hal ini juga menjadi alasan dibalik luka yang lama sembuh.

5. Anemia


Anemia merupakan penyakit yang umum terjadi dan memiliki banyak penyebab. Salah satu yang langka adalah kalsium dalam tubuh yang terlalu banyak. Hal ini akan menghambat pengisapan zat besi dalam darah sehingga menyebabkan penyakit anemia. Selain kelebihan kalsium, anemia juga bisa disebabkan oleh teh, begadang dan efek dari allopurinol.

6. Mengurangi Efek dari Antibiotik


Antibiotik juga penting untuk tubuh, namun jika kadar kalsium dalam tubuh berlebihan bisa membuat fungsi antibiotic dalam tubuh menjadi terhambat. Anda bisa mengkonsumsi keduanya dengan catatan, 1 jam setelah mengkonsumi kalsium maka konsumsilah antibiotic.

7. Kurang Mineral


Kalsium merupakan mineral yang sangat penting. Namun mineral tidak hanya satu saja, jika kadar kalsium terlalu banyak otomatis mineral yang lain kehilangan tempatnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kalsium dan usahakan pas dengan tubuh Anda.

Akibat Kelebihan Kalsium Lainnya:


8. Mengganggu Dalam Penyerapan Vitamin K
9. Mengganggu Keseimbangan Hormon Tubuh
10. Menyebabkan Osteoporosis
11. Menyebabkan Amandel
12. Sangat Buruk Untuk Kesehatan Darah

Baca juga: 9 Dampak Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

Untuk mendapatkan kalsium, Anda bisa mengkonsumsi susu, sumsum tulang ayam atau sapi, dan jenis sayur, buah serta biji-bijian yang banyak mengandung kalsium agar gizi dan nutrisi menjadi terpenuhi dan ingat batas kewajaran.