Langsung ke konten utama

25 Cara Pencegahan dan Pengobatan Menopause Dini

Menopause adalah kondisi yang akan dialami pada setiap wanita. Secara medis, menopause ini dapat dikatakan dengan tidak ada lagi menstruasi selama 12 bulan. Dan secara umum adalah menopause berakhirnya masa siklus menstruasi pada wanita. Menopause adalah terjadinya ovarium yang tidak dapat lagi melepas telur dalam setiap bulan. Menopause sendiri biasa akan datang pada wanita yang berumur 50 tahun akan tetapi, saat ini menopause dapat juga menyerang wanita yang masih berumur 40 sampai 45 tahun.

25 Cara Pencegahan dan Pengobatan Menopause Dini

Pencegahan Menopause Dini


1. Banyak konsumsi royal jelly dan juga madu
2. Mengurangi mengkonsumsi kafein
3. Banyak mengkonsumsi daun kemangi
4. Teratur dalam pola hidup yang sehat
5. Hindari makanan yang siap saji

Jika sudah terjadi menopause dini, maka segera beri pengobatan secepatnya. berikut beberapa pengobatan menopause dini...

1. Beristirahat yang cukup


Istirahat yang cukup seperti tidur malam pada setiap harinya dapat mengobati menopause dini karena waktu tidur malam yang cukup adalah antara 6-8 jam ini memiliki tidur yang cukup sangat bermanfaat agar bisa meningkatkan produksi hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

2. Pola hidup dan pola makan sehat


Menjaga pola hidu dan pola makan yang sehat adalah hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah menopause. Pada memasuki masa menopause maka umumnya tubuh akan lebih mudah menimbun lemak. Sehingga penting untuk lebih memperhatikan hal ini saat masa menopause. Dengan menjaga pola makan maka menopause dini perlahan- lahan akan sembuh.

3. Hindari Rokok


Sangat dianjurkan untuk Anda untuk menghindari rokok baik itu perokok aktif maupun perokok pasif mengalami dampak bahaya bagi organ jantung dan menyebabkan kanker. Kandungan nikotin di dalam rokok juga berdampak buruk berupa mematikan sel telur dan hal ini dapat membuat menopause dini. Selain itu, kandungan kimia di dalam rokok berupa nikotin, sianida, dan karbon monoksida berdampak buruk seperti mempercepat tingkat kehilangan sel telur. Dengan menghindari rokok maka sel telur akan dapat mereproduksi dengan baik.

4. Terapi hormone


Sebenarnya dalam melakukan terapi seperti ini jika benar- benar ada masalah dalam ovarium seperti gagalnya ovarium yang prematur maka terapi hormon atau biasa disebut dengan HRT menjadi metode yang baik karena juga dapat menyembuhkan menopause dini. Namun, terapi hormon tersebut tidak dijadikan solusi awal karena adanya risiko berupa penyakit kardiovaskular, stroke dan kanker payudara. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konsultasi dan pendapat dari dokter mengenai yang terbaik.

5. Ganoderma lucidum


Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang ada di hutan malaysia yang dapat mengatur dan melindungi sistem imunitas serta menghalau infeksi virus, melindungi dan mencegah terjadinya tumor dan kanker, melindungi dan menguatkan hati dari berbagai racun yang merusakkan, serta menstabilkan fungsi penetralan racun, memulihkan penyakit jantung, melindungi dan mencegah jantung dari berbagai penyakit, melambatkan proses penuaan ataupun menopause dini.

6. Kacang kedelai hitam


Peneliti Cina menunjukkan aktivitas estrogenik ekstrak etanol kedelai hitam. Mereka menemukan bahwa ekstrak etanol kedelai hitam merangsang pertumbuhan sel seperti MCF-7 dan juga meningkatkan ekspresi reseptor estrogen-responsif gen. Sebuah studi dan penelitian dari beberapa ahli klinis menunjukkan bahwa asupan bubuk kedelai hitam selama enam bulan meningkat ovulasi dan kehamilan.

7. Berolahraga 


Dengan melakukan olahraga ini akan semakin mencegah dan juga dapat mengobati menopause dini karena dengan melakukan olahraga ini tubuh akan menjadi lebih baik dalam mengatur hormon dan juga mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Namun, olahraga jangan dilakukan secara berlebihan, karena dampaknya justru membuat ketidakseimbangan hormon, yang akhirnya menimbulkan ovulasi yang tidak teratur.

8. Konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen


Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan fitoestrogen, seperti kedelai, gandum biji-bijian, kacang-kacangan, kenari, melon, pepaya, dan biji wijen, mengonsumsinya bermanfaat untuk mengobati menopause dini secara alami. Oleh karenanya jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen.

9. Konsumsi makanan kaya antioksidan


Antioksidan adalah salah satu kandungan senyawa yang sangat penting untuk mengobati menopause dini apabila benar- benar terjadi. Yang mana menopause adalah tanda penuaan pada tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, para wanita sangat disarankan untuk memenuhi asupan yang kaya antioksidan seperti wortel, blackberry, stroberi, raspberry, cranberry, paprika, brokoli, minyak zaitun, dan kacang.

10. Kacang Kedelai


Kedelai ini terbukti dapat meniru peranan dari hormon wanita yaitu estrogen. Estrogen berikatan dengan reseptor estrogen sebagai bagian dari aktivitas hormonal, menyebabkan serangkaian reaksi yang menguntungkan tubuh. Pada saat kadar hormon estrogen menurun, akan terdapat banyak kelebihan reseptor estrogen yang tidak terikat maka akan tejadi pengaruh pengikatan isoflavon dengan reseptor estrogen yang menghasilkan efek menguntungkan, sehingga mengurangi simptom menopause.

Baca Juga: 35 Cara Pencegahan dan Pengobatan Kuku Kuning

10 Cara Pengobatan Menopause Dini lainnya :


11. Berhenti mengkonsumsi daging
12. Menggunakan vaginal estrogen
13. Mengkonsumsi obat depresan dosis rendah
14. Menggunakan obat osteoporosis
15. Melakukan relaksasi pada sel- sel tubuh
16. Tidur yang cukup
17. Rutin berolahraga yoga
18. Konsumsi makanan phystrogen
19. Rutin mengkonsumsi makanan kaya oksigen
20. Mengonsumsi vitamin A, D, C dan E

Nah, itulah sekilas informasi mengenai 20 cara mengatasi menopause dini. Bagi Anda yang ingin menopause lebih panjang maka dapat menggunakan cara diatas. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....