Langsung ke konten utama

35 Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Maag

Penyakit maag rata-rata pernah menyerang banyak orang apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukannya sangat padat sehingga lupa makan dan akhirnya muncul penyakit maag. Ketika maag ini kambuh memang sangat tidak nyaman sekali pada bagian perut karena rasanya yang sangat sakit. Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah penyakit maag Anda kambuh.

30 Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Maag

Pencegahan penyakit maag kambuh


1. Hindari telat makan
2. Hindari makan berlemak dan berminyak
3. Minum air putih dengan teratur
4. Hindari mengkonsumsi kafein
5. Hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung

Jika Anda sudah terlanjur sakit, maka segera gunakan beberapa cara pengobatan untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa cara pengobatan penyakit maag yang alami dan sangat sederhana...

1. Sari Kedelai


Anda dapat menggunakan sari kedelai dan olahannya karena mampu mencegah sakit maag dikarenakan zat yang ada di dalamnya seperti antioksidan, kaya dengan nutrisi, kaya dengan vitamin, protein dan juga lemak nabati. Semua kandungan yang ada pada kedelai itulah yang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag.

2. Biji Pepaya


Selama ini biji pepaya dapat digunakan sebagai mengatasi berbagai macam penyakit. Dan salah satunya adalah mencegah penyakit magg kambuh. Anda dapat mengkonsumsi biji papaya dengan cara meringkan biji pepaya dengan menjemurnya lalu kemudian tumbuklah halus biji papaya itu. Kemudian setelah itu seduhlah menggunakan air panas. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan minumlah secara teratur sampai kondisi lambung membaik.

3. Menggunakan kunir atau kunyit


Memang benar bahwa rempah- rempah seperti kunir atau kunyit ini dapat digunakan untuk kesehatan. Kunyit sendiri dapat memperkecil perut yang buncit. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan panu secara alami. Ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mencegah sakit maag kambuh kembali. Anda dapat meminum air perasan kunyit dengan tambahan madu.

4. Daun jambu biji


Daun jambu biji mengandung berbagai macam zat yaitu flavonoid, polifenil, saponin, alkaloid, karoten, kuinon, antioksidan tinggi dan senyawa anti-mutagenic. Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dan ini tentunya dapat mencegah penyakit maag kambuh. Anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun jambu biji pada pagi hari dan juga malam hari.

5. Temulawak


Temulawak adalah salah satu rempah- rempah tradisional yang dari dulu sangat terkenal dengan menyembuhkan penyakit seperti halnya dalam mengurangi maag Anda kambuh kembali. Cara mengatasi sakit maag dengan potong temulawak menjadi beberapa bagian. Setelah itu rebuslah irisan temulawak itu menggunakan 8 gelas air dan dibiarkan sampai mendidih. Anda dapat meminum air dari rebusan temulawak ini karena dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sakit maag.

6. Biji pala


Biji pala sudah terkenal dengan dapat menyembuhkan dan juga mengobati penyakit maag yang kambuh kembali. Cara untuk mengobati sakit maag menggunakan biji pala yakni dengan menumbuk biji pala tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian seduh dengan menggunakan air hangat aduk secara merata dan minum air seduhan itu satu kali sehari. Anda dapat mencoba meminum selama beberapa minggu dan jika merasa maag tidak kambuh maka dianjurkan berhenti.

7. Daun Salam


Banyak yang tidak mengira apabila daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu dapur ternyata dapat menghilangkan rasa sakit saat asam lambung menigkat. Asam lambung yang menigkat atau maag ini berasa sakit pada bagian perut dan juga ulu hati. Anda dapat menyiapkan sebanyak 20 lembar daun kemudian cuci bersih menggunakan air yang mengalir. Kemudain rebus dengan 3 gelas air dan biarkan air mendidih. Jika sudah mendidih maka dinginkan air rebusan tersebut. Anda bisa meminumnya sampai sakit maag yang anda derita benar- benar hilang.

8. Daun keji


Selama ini daun keji dipercaya dapat digunakan untuk mengobati sakit maag paling ampuh. Manfaat daun keji itu sudah tidak diragukan lagi bahkan di dalam dunia herbal di negara Indonesia. Salah satu fungsi daun keji adalah bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang tinggi. Caranya yaitu rebuslah daun keji itu menjadi setengah matang. Dan Anda bisa menggunakan daun keji itu sebagai lalapan. Setiap makan jangan lupa untuk menggunakan daun keji itu sebagai lalapan, namun yang harus diingat disini adalah daun keji itu harus dalam kondisi yang bersih dari bakteri dan kuman.

9. Lidah buaya


Banyak yang sudah tidak meragukan jika lidah buaya memang memiliki khasiat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Untuk kesehatan ada berbagai macam khasiat lidah buaya untuk kulit diantaranya adalah bisa melembabkan kulit dan bisa meregenerasi kulit yang  dan juga dapat mengurang sakit maag. Anda dapat merebus lidah buaya yang sudah dikupas sampai mendidih lalu tunggu sampai air rebusan menyusut menjadi setengahnya.

10. Menggunakan bawang putih


Cukup dengan memarut beberapa bawang putih kemudian masukkan kedalam segelas air dan berikan sedikit madu dan minum secara teratur. Maka maag akan berangsur- angsur pulih kembali.

Baca juga: 21 Cara Pencegahan dan Pengobatan Toxoplasma Gondii

20 Cara Pengobatan Penyakit Maag lainnya:


11. Jangan pernah mengkonsumsi alcohol
12. Menghindari makanan yang berlemak
13. Hindari makanan yang pedas
14. Hindari makan dengan porsi besar
15. Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda
16. Hindari konsumsi makanan penyebab asam lambung
17. Gunakan pisang raja
18. Kacang Hijau
19. Daun alpukat kering
20. Susu Kambing
21. Bangle
22. Daun Mint
23. Madu asli
24. Alpukat
25. Gandum
26. Akar bunga matahari
27. Akar daruju kering
28. Hindari konsumsi makanan tinggi serat
29. Obat maag
30. Atur pola makan

Itulah sekilas informasi yang dapat dibeirkan kepada Anda. Jika Anda memiliki penyakit maag maka Anda dapat mengikuti cara diatas untuk mencegah asam lambung Anda kambuh. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....