Langsung ke konten utama

20 Pencegahan dan Pengobatan Demam Dengue


Demam dengue adalah demam yang disebabkan oleh perkembangan infeksi virus didalam tubuh yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti melalui gigitannya. Sehingga penyebaran tidak melalui penularan langsung dari manusia ke manusia lain. Kondisi ini akan dengan mudah meluas pada area yang memiliki populasi nyamuk tinggi dan berkembang biak terutama di tempat- tempat penampungan air.

20 Pencegahan dan Pengobatan Demam Dengue

Pencegahan Demam Dengue


1. Rutin berolah raga
2. Menjaga pola makan
3. Menjaga kebersihan lingkungan
4. Melakuakn fogging
5. Menutup wadah yang dapat menimbulkan nyamuk bekembang biak

Daerah yang sering terkena demam dengue adalah daerah yang memiliki curah hujan, suhu dan kelembaban lingkungan serta kepadatan lingkungan juga ikut mempengaruhi persebaran infeksi virus dengue. Berikut beberapa pengobatan demam dengue...

1. Meniran 


Meniran atau dengan nama ilmiah Phyllanthus Niruri ini memiliki banyak khasiat, terutama sebagai antivirus. Meniran mengandung senyawa flavonoid, tanin, triterpenoid dan asam fenoleat. Meniran berkhasiat untuk mengobati penyakit demam berdarah. Cara mengatasi demam dengue adalah dengan meminum secara teratur air rebusan meniran ini hingga 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

2. Daun jambu biji


Daun jambu biji ini memiliki banyak khasiat dan sering digunakan sebagai obat tradisional. Daun jambu biji juga memiliki sifat antibiotik, anti- diare dan kandungan taninnya dapat mempersempit urat darah. Ekstrak dari daun jambu biji ini selama 5 hari dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah tanpa menimbulkan efek samping.

3. Daun dewa


Daun dewa juga dipercaya untuk mengatasi demam berdarah. Caranya yaitu, dengan meminum air rebusan dari daun dewa dan diminumkan bagi penderit demam dengue sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Daun papaya


Untuk mengobati demam dengue akan lebih ampuh menggunakan daun pepaya jantan. Daun ini memiliki kandungan banyak enzim, termasuk papain, karpain, pseudokarpain, nikotin, kontinin, miosmin, dan glikosida karposid. Banyak peneliti yang mengatakan bahhwa papain pada daun pepaya memiliki efek terapi pada penderita inflamasi atau pembengkakan organ hati, mata, kelamin, dan usus halus.

5. Kunyit


Kunyit adalah bumbu dapur berwarna kuning ini memang biangnya obat alami apa saja. Dalam kunyit mengandung minyak atsiri dan zat berkhasiat dari golongan kurkuminoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki aktivitas sebagai anti mikroba dan dapat membunuh virus.

6. Daun patikan kebo


Sebagian dari Anda pasti sudah cukup mengenal dan sering mendengar tentang daun patikan kebo. Tanaman ini sangat banyak memiliki manfaat yang baik terutama ketika mengobati radang ginjal, bisul, bronkitis, flu, batuk, disentri, asma dan radang tenggorokan. Akan tetapi, ternyata daun ini pun bisa dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah. Daun ini dapat Anda rebus dan meminumnya setiap hari.

7. Beras angkak


Berasa angkak adalah salah satu obat herbal yang sangat efektif untuk mengatasi demam berdarah dan salah satunya adalah demam dengue. Hal ini, dikarenakan beras angkak adalah bahan tradisional yang baik yang dapat meningkatkan kadar trombosit yang sempat menurun. Pengolahannya memang unik, tapi sangat efektif dan bahkan tak kalah dari obat dokter.

8. Daun kemangi


Daun kemangi yang biasa digunakan sebagai lalapan akan tetapi, juga mampu memberikan manfaat bagi yang ingin menghilangkan bau mulut serta bau badan. Untuk penderita demam berdarah dapat mengonsumsinya selama sakit. Ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga otomatis akan mempercepat pemulihan dari penyakit apapun. Daun kemangi ini dapat Anda konsumsi langsung yakni dengan dikunyah.

9. Jus Jeruk


Buah jeruk juga dapat Anda jadikan jus untuk mengobati demam berdarah. Karena demam berdarah terjadi karena adanya virus, maka dengan meminum jus jeruk akan dapat mengusir dan melawan virus di dalam tubuh penderita. Karena vitamin C- nya pun berperan sebagai penstimulasi perbaikan sel tubuh dan melancarkan buang air kecil serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan jus jeruk ini akan dapat cepat menyembuhkan demam dengue pada anak karena anak akan lebih suka meminum jus jeruk daripada obat yang pahit.

10. Air kelapa


Bagi penderita demam berdarah yang ingin sembuh secara alami, obat herbal atau alami lainnya yakni dapat menggunakan dan meminum air kelapa dan air kelapa memang sudah dipercaaya dapat menyembuhkan penyakit. Karena dengan meminum air kelapa dapat menjadi obat yang baik dan juga efektif pula mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga seluruh racun dapat dibuang.

Baca juga: 20 Pencegahan dan Pengobatan Kejang Demam Secara Alami

Pengobatan demam dengue lainnya:

11. Menggunakan tanaman goldenseal
12. Menggunakan daun nimba
13. Menggunakan gaung fenugreek
14. Banyak mengkonsumsi daun delima
15. Banyak minum air putih

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 penyebab dan juga gejala dari demam dengue. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda manfaat dan dapat membantu Anda untuk mengetahui pencegahan dan juga pengobatan demam dengue. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....