Langsung ke konten utama

15 Efek Samping Minum Obat Penggemuk Badan

Ketika banyak orang mencari cara menurunkan berat badan. Namun ada pula sekelompok orang yang justru mencari cara menaikkan berat badan. Berbagai informasi tentang obat penggemuk badan pun ditelusuri di media sosial dan search engine Google. Banyak bermunculan tips-tips menggemukkan badan. Beberapa obat penggemuk terkena seperti Temulawak dan Pil Kianpi pun bermunculan. Namun, sayangnya sangat sedikit informasi tentang efek samping minum obat penggemuk badan.

Benarkah minum obat penggemuk badan ada dampaknya? Ya tentu saja ada. Namanya obat. Efek samping minum obat penggemuk badan tentu saja ada banyak sekali. Kami akan memaparkannya nanti. Yang jelas efek sampingnya ini lebih banyak mengarah pada hal buruk. Karena sebenarnya dalam dunia kedokteran dan gizi sendiri, obat penggemuk badan itu tidak ada. Memang ada jenis obat tertentu yang fungsinya merangsang pembentukan otot. Namun biasanya obat itu sekadar vitamin.



Seringkali zat yang digunakan dalam obat penggemuk badan adalah Steroid atau Kortikosteroid. Zat ini memang ampuh dalam upaya menggemukkan badan. Mengapa? Karena fungsinya dalam mengontrol kadar cairan tubuh. Steroid mampu menahan air di dalam tubuh. Sehingga membuat siapa saja yang mengonsumsinya bakalan gemuk air.

Waduh… Gemuk air? Iya… Ternyata mayoritas efek samping obat penggemuk badan adalah  menyebabkan kita gemuk air. Apakah kamu mau gemuk karena ternyata hanya air yang terperangkap? Tentu saja tidak kan. Maka ayo kita pahami baik-baik efek samping minum obat penggemuk badan di bawah ini:

1. Menyebabkan Gemuk Air


Mengonsumsi penggemuk badan bisa menyebabkan kita kena gemuk air. Itu loh jenis kegemukan yang terjadi karena melimpahnya air terperangkap di bawah lapisan kulit kita. Bukannya otot atau lemak yang menumpuk yang bikin gemuk, malah air. Apa ini bisa? Ya bisa… karena obat penggemuk badan mengandung streroid.

2. Menimbulkan Kecanduan


Efek samping minum obat penggemuk badan ternyata bisa menimbulkan kecanduan. Candu ini bermula dari efek yang dihasilkan memang intant. Orang minum obat ini selama 1 bulan berat badannya bisa naik 2 kg. Maka ia ingin minum lagi dan lagi sampai berat badan idaman tercapai.

3. Membuat Jantung Berdebar-Debar


Tapi ternyata, obat penggemuk badan akan membuat jantungmu berdebar-debar loh! Ini mengerikan sekali ya. Bagaimana bisa, jantung kok berdebar-debar terus, seperti sedang jatuh cinta saja. Padahal tidak. Ini akibat efek samping minum obat penggemuk badan.

4. Lemas Terus-Menerus


Jangan dikira mentang-mentang punya badan yang gemuk jadinya kuat. Sebaliknya, gemuk akibat obat penggemuk badan malah membuat tubuhmu jadi lemas terus-terusan. Lemasnya sampai bikin tidak mampu melakukan kegiatan apa-apa. Inginnya tidur-tiduran saja. Bagaimana orang kok kerjaannya tiduran terus? Ini sih namanya malas. Tidak mau kan disebut pemalas karena efek samping penggemuk badan ini?

5. Gampang Mengantuk


Efek samping minum obat penggemuk badan adalah gampang mengantuk. Bagaimana bisa orang kok kerjaannya tidur terus? Ngantuk terus… ya  bisa… Ini akibat keracunan steroid yang jadi bahan utama pil penggemuk badan itu. Kalau ada yang bilang pilnya aman, nggak bikin ngantuk, itu bohong. Karena nyatanya sungguh bikin ngantuk.

6. Mudah Merasa Lapar Tapi Tidak Kenyang-Kenyang


Orang yang sedang dalam pengobatan penggemuk badan ini akan mudah merasa lapar. Tapi kalau makan tidak pernah kenyang. Jadinya makaan terus. Wah, ini gawat, nanti apa-apa dimakan malah jadi penyakit.

7. Susah Buang Air Besar dan Air Kecil


Ya, susah BAB dan BAK bakal terjadi karena efek samping obat penggemuk badan ini. Kamu padahal banyak makan dan banyak minum tapi susah mengeluarkannya. Bisa bayangkan apa yang bakal terjadi? Rusaklah tubuhmu!

8. Sakit Kepala Berkepanjangan


Sakit kepala juga bakal terjadi di bawah pengaruh obat penggemuk badan. Ini kalau terjadi artinya kamu sudah overdosis dan saatnya menghentikan obat mengerikan ini.

9. Mengalami Penurunan HB dan Trombosit


Selain itu, penurunan HB dan trombosit juga akan terjadi.

10. Menyebabkan Moon Face


Tahukah kamu apa itu moonface? Ini adalah muka bulat akibat kegemukan air.

Baca Juga: 25 Bahaya Memakai Krim Pemutih Wajah untuk Kesehatan

5 Efek Samping Minum Obat Penggemuk Badan yang Lainnya:


11. Menurunnya Kepercayaan Diri
12. Munculnya Jerawat
13. Mudah Berkeringat
14. Terserang Depresi dan Stress
15. Menyebabkan Kecanduan dan Ketergantungan Obat

Begitulah efek sampingnya dari obat penggemuk badan. Jangan remehkan berbagai bahaya di atas ya!