Langsung ke konten utama

25 Cara Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Ampuh

Pernahkah kamu kecanduan rokok? Atau kamu seorang perokok berat? Sedang ingin sembuh dari candu? Inilah artikel yang tepat untukmu. Kami akan memberitahumu bagaimana cara mengatasi kecanduan rokok yang paling ampuh. Cara-cara ini dihimpun berdasarkan pengalaman banyak pecandu rokok yang berhasil sembuh.

Kecanduan rokok sangat bahaya sekali untuk kesehatan bila dibiarkan terus karena dapat menyebabkan gangguan organ pernafasan dan lainnya. Ini tentu saja sangat mengerikan sekali bilamana sampai terjadi. Maka dari itu, perlu segera di atasi.





Pada dasarnya untuk mengatasi kecanduan rokok, yang perlu disiapkan mula-mula adalah niat yang terpancang kuat. Kita harus benar-benar niat untuk akhiri candu ini. Jangan sampailah kita melakukan segala ikhtiar tanpa niat yang kuat. Seperti halnya berhenti merokok, pun membutuhkan niat dan tekad kuat.

Selanjutnya, untuk mengatasi kecanduan rokok adalah dengan “kebiasaan”, terbiasalah untuk tidak merokok. Paksa dirimu agar tidak membeli rokok. Jauhkan pandanganmu dari rokok. Dan sadarilah bahwa rokok sungguh bahaya sekali untuk kesehatan. Kemudian untuk cara-cara lain akan kami sajikan di bawah ini:

1. Memaksakan Diri Agar Tidak Merokok


Ternyata dengan tidak merokok, maka kita bisa sembuh dari kecanduan rokok. Paksalah diri kita untuk jangan sampai menyentuh rokok apapun yang terjadi. Biar bagaimana pun rokok itu kan bahaya sekali, maka memaksakan diri apa susahnya bila memang niat sudah terpancang kuat.

2. Jangan Membeli Rokok


Janganlah kita membeli rokok jika memang ingin sembuh dari kecanduan rokok. Karena ini tidak akan pernah sukses membuatmu berhenti dari candu. Ingatlah bahwa rokok itu sangat bahaya sekali untuk kesehatan. Makanya kita jangan sampailah merokok! Jangan pernah membeli lagi rokok betapa inginnya kita menghisapnya. Ini demi perjuangan berhenti merokok yang sukses!

3. Menghindar dari Asap Rokok


Menghindar dari asap rokok nampaknya juga akan menjadi cara mengatasi kecanduan rokok yang paling aman. Bagaimana tidak? Dengan menghindarinya, maka tubuh kita mulai terbiasa berhenti.

4. Jangan Bergaul dengan Para Perokok


Janganlah kamu bergaul dengan para perokok karena mereka kan selalu berasap dan ini sangatlah bahaya sekali untuk kesehatan. Upaya berhenti merokokmu bakal berantakan bilamana memaksakan diri buat terus gaul dengan mereka. Apalah bedanya perokok pasif dengan perokok aktif.

5. Coba Melakukan Puasa


Berpuasa ternyata baik sekali untuk kesehatanmu. Termasuk dalam rangka mengatasi kecanduan rokok juga berpuasa begitu baik sekali. Tanpa puasa, apalah gunanya kita tetap berjuang. Pasti godaannya teramat sangat banyak. Maka dari itu, sebaiknya kamu berpuasa, jika memang ingin sekali berhenti dari candu rokok.

6. Belajar Mengurangi Dosis Rokok Hingga Berhenti Seutuhnya


Belajarlah mengurangi dosis dan porsi merokokmu, biar bisa berhenti seutuhnya. Ini akan sangat baik sekali untuk kesehatan tubuhmu loh.

7. Cobalah Beli Rokok yang Tidak Enak dan Biasakan Menghisapnya


Membeli rokok yang bukan seperti biasanya juga efektif dalam membuat diri sendiri menjadi muak pada rokok. Dengan terbiasa mencoba rokok dengan rasa tidak enak, nanti lama-lama kita bisa berhenti kecanduan rokok.

8. Mengikuti Program Hipnoterapi Berhenti Merokok


Dengan mengikuti program hipnoterapi, kamu juga akan sembuh dari kecanduan rokok loh. Banyak pakar hipnotis menawarkan cara ampuh untuk berhenti merokok dengan jalan mempengaruhi alam bawah sadar dnegan afirmasi, sugesti dan visualisasi tertentu. Patut dicoba cara ini! Siapa tahu ampuh!

9. Berdoa Kepada Allah Agar Dimudahkan Sembuh dari Candu


Berdoalah kepada Allah agar kita bisa sembuh dari candu. Karena kecanduan merokok itu kan tidak enak sekali. Bagaimana kita bisa sembuh dari candu, kalau seandainya bukan karena Kehendak
Allah.

10. Jangan Pernah Berputus Asa Meski Sudah Bertahun-Tahun Mencoba


Janganlah kamu berputus asa kalau sudah bertahun-tahun mencobanya tapi masih gagal. Yang namanya kecanduan rokok pastilah begitu. Untuk sembuh dari candu, benar-benar harus bisa berjuang tanpa henti.

Baca Juga: 15 Dampak Tidak Suka Makan Sayur untuk Kesehatan

15 Cara Mengatasi Kecanduan Rokok yang Lainnya:


11. Mengikuti Petunjuk dari Dokter
12. Mengemut Permen Ketika Sedang Bersantai
13. Menyugesti Diri Bahwa Rokok itu Bahaya
14. Sesekali Rontgen Organ Dada Biar Sadar Sejauh Mana Kerusakan Paru-Paru
15. Jangan Berhenti Mencoba Apapun yang Terjadi
16. Perbanyak Minum Air Putih
17. Sering Ngemil
18. Perbanyak Porsi Makan
19. Sering Rekreasi ke Alam Bebas yang Sejuk
20. Banyak Membaca Kisah dan Referensi tentang Dampak Merokok
21. Mengikuti Komunitas Bebas Rokok
22. Bergaul dengan Teman yang Bukan Perokok
23. Hindari Bergadang
24. Sibukkan Diri dengan Aktivitas
25. Perbanyak Porsi Tidur

Begitulah kiranya berbagai macam cara yang bisa kita praktekkan untuk mengatasi kecanduan rokok. Memang cara-cara ini sangat melelahkan bila dicoba, tapi percayalah bahwa cara di atas sangat ampuh dalam mengubah gaya hidup merokokmu.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …