Langsung ke konten utama

15 Cara Mencegah Tidur Ngorok

Selain ngiler, ternyata ada lagi gaya hidup dan kebiasaan buruk yang patut diberantas, yaitu Tidur Ngorok. Hayooo, apakah kamu termasuk orang yang tidurnya ngorok? Ngaku saja tidak usah membela diri. Karena memang ada jenis manusia yang ditakdirkan menjadi “tukang ngorok” sejati. Yang mana ketika ia tidur, maka orang di sekelilingnya bakal pusing dan emosi-an karena ke-brisik-an suara ngoroknya yang kurang ajar sekali.

Ngorok diidentikkan dengan orang yang bertubuh gemuk. Suara orok-an itu konon disebabkan karena jalur pernafasan yang buruk. Maklum, orang gendut biasanya nafasnya tersengal-sengal, kesusahan. Nah, pada saat tidur pun masih saja susah nafas. Alhasil kalau nafas jadinya bunyi.




Memang benar, tidur ngorok adalah reaksi dari terhambatnya sistem pernafasan. Tidak perlu terlalu merasa jengkel dan marah pada ngorok. Karena yang mestinya kita lakukan adalah prihatin, iba, waspada, dan mengatasi. Tentu saja ada cara-cara untuk mencegah tidur ngorok. Tinggal kita mau atau tidak mempraktekkannya dalam jangka waktu panjang. Nah, inilah berbagai kiat atau cara mencegah tidur ngorok yang bisa kita praktekkan:

1. Rutin Melakukan Olahraga Setiap Hari


Rutinlah melakukan olahraga setiap hari supaya tidurmu nyenyak tidak ngorok. Dengan begitu, kamu tidak akan mengganggu orang lain lagi dengan suara ngorokmu yang mengerikan itu! Jangan berputus asa dan menganggap ngorok adalah takdir, karena ini benar-benar bisa disembuhkan asalkan kamu mau usaha.

2. Banyak Minum Air Putih


Minumlah air putih yang banyak biar kamu tidak ngorok lagi saat tidur. Air putih amatlah baik untuk tubuhmu. Jadinya jalan pernafasanmu lancar. Tidak sesak lagi yang kerap menimbulkan tidur jadi ngorok. Bisa kamu coba sendiri manfaat air putih ini. Silahkan!

3. Konsumsi Buah dan Sayuran


Mengonsumsi buah dan sayuran juga baik sekali untuk tubuhmu. Jadinya tubuhmu tidak sakit-sakitan lagi dan ngorok lagi pas tidur. Buah dan sayur kaya dengan vitamin yang akan membantu sistem respirasi atau pernafasanmu. Laju darahmu juga jadi lancar, sehingga akhirnya tidak sakit-sakitan lagi dan ngorok lagi.

4. Melakukan Diet Penurunan Berat Badan


Dietlah guna menurunkan berat badanmu, supaya kamu tidak tidur ngorok lagi. Ini cara yang sangat ampuh menyembuhkan ngorok saat tidur. Karena ternyata berat badan yang berlebihan alias kegendutan juga menjadi penyebab besar terjadinya ngorok saat tidur. Dengan berat badan idea, diharapkan kamu tidak akan ngorok lagi.

5. Manajemen Stress yang Baik


Manajemen stress yang baik juga sangat berpengaruh untuk tubuhmu. Jadi tubuhmu tidak sakit-sakitan lagi dan tidak ngorok lagi saat tidur. Kamu bisa mencoba ini. Silahkan dicoba ya! Kelola stress pikiranmu supaya tidak ngorok lagi!

6. Membuat Kamar Jadi Remang-Remang


Tidur dalam kondisi kamar yang remang-remang ternyata sangat ampuh untuk tubuhmu. Jadinya tidak ngorok lagi. Kamu bisa buktikan sendiri betapa bermanfaatnya kamar remang-remang untuk membuat alam bawah sadarmu jadi tenang dan tidak stress lagi yang membuat tidur ngorok.

7. Atur Suhu Kamar Agar Tidak Terlalu Dingin dan Tidak Terlalu Panas


Selain pencahayaan, kamu juga mesti mengatur suhu kamar agar tidak panas maupun dingin. Tapi sebenarnya suhu dingin lebih dianjurkan supaya kamu bisa tidur dengan nyaman dan tidak ngorok lagi.

8. Memakai Pakaian Tidur yang Nyaman Tidak Ketat


Pakaian sangat mempengaruhi kualitas tidurmu. Tidur dengan pakaian yang nyaman akan membuatmu enak. Silahkan kamu buktikan sendiri bahwa dengan tidur dengan baju longgar, maka tubuhmu takkan ngorok lagi pas tidur.

9. Fokus dan Melakukan Pernafasan Sebelum Tidur


Fokuslah kalau kamu mau tidur dan sebaiknya lakukanlah pernafasan.

10. Tidur Miring Sambil Peluk Guling


Tidur miring rupanya juga baik sekali untuk tubuh supaya tidak ngorok lagi.

Baca Juga: 15 Cara Mencegah Tidur Ngiler

5 Cara Mencegah Ngorok yang Lainnya:


11. Tidak Bermain Ponsel Menjelang Tidur
12. Memakai Selimut
13. Tidur Bersama Pasangan
14. Mengatur Lubang Ventilasi Udara Kamar
15. Jangan Tidur Terlentang Tapi Miring

Begitulah kiranya yang dapat kita praktekkan supaya tidur tidak ngorok lagi. Jangan khawatir karena cara ini cukup ampuh bilamana kita dengan sabar dan tekun melakukannya. Tidak perlu terlalu membela diri bilamana tidur kita memang ngorok. Toh, orang lain juga butuh tidur nyenyak, maka kita harus segera ubah kebiasaan buruk ngorok, supaya orang lain bisa nyenyak, tidak terganggu suara ngorok kita lagi.