Langsung ke konten utama

15 Cara Mencegah Tidur Ngiler

Hayoo, ngaku! Siapa yang suka tidur ngiler? Pastilah semua orang jawab tidak pernah. Karena malu. Tapi mana mungkin manusia tidak pernah ngiler? Pastilah seumur hidupnya pernah yang namanya tidur ngiler. Ini terjadi di saat-saat tertentu. Biasanya ketika diri sedang dalam kondisi stress karena ditimpa masalah pelik. Atau karena sedang kelelahan yang teramat sangat.

Orang yang sedang stress dan mengalami kelelahan akut maupun kronis memang pada akhirnya kalau tidur jadi ngiler. Seringkali malah mereka sadar dirinya ngiler dan segera mengelapnya. Namun tentu saja kebanyakan “ngeles” alias tidak mengakui dirinya ngiler. Meskipun pada saat ngiler dirinya sangat sadar.



Tenang saja, kalau pun ngiler tidak perlu merasa malu. Ini hal wajar kok. Namanya juga manusia. Kadang-kadang bisa ngiler. Yang bisa kita lakukan adalah mengantisipasi alias mencegah tidur ngiler. Bagaimana sih caranya agar tidur tidak ngiler lagi? Nah, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jangan Stress dan Panik, Hadapilah Semua Masalah dengan Kepala Dingin


Janganlah kamu stress dan panik. Santai saja dalam menghadapi masalah. Semua akan baik-baik saja kok. Selesaikan masalah dengan kepala dingin, bukan dengan kepala batu. Dalam arti selesaikan masalah dengan cerdas, jangan dengan kesombongan. Supaya kamu bisa tidur dengan tenang dan nyaman, tidak ngiler lagi.

2. Biasakan Tidur dalam Kondisi Rileks


Tidur dalam kondisi rileks juga amat baik untuk tubuh. Bisa membuat tubuhmu jadi nyaman dan tenang kalau tidur. Tidak ngeces alias ngiler lagi.Tenang saja, semua akan baik-baik saja kok. Walaupun kamu tidur larut malam pun kalau tidak stress dan bisa rileks ya tidak bakalan ngiler.

3. Cobalah Buat Kamar Jadi Remang-Remang


Ya, kamar remang-remang amat baik untuk tubuh. Buatlah kamar jadi remang-remang supaya bisa bobo nyenyak dan tidak ngiler lagi. Ini satu-satunya cara  mencegah tidur ngiler yang bisa kamu praktekkan sejak dini dan murah gratis. Tidak perlu pakai resep atau obat-obat tidur aneh. Semua dikembalikan kepada gaya hidup dan kebiasaanmu ketika menjelang tidur. Mau matikan lampu atau tidak?

4. Nyalakan Ac atau Kipas Angin dan Pakailah Selimut


Menyalakan AC dan kipas angin rupanya sangat membantu untuk mencegah tidur ngiler. Silahkan buktikan sendiri kemampuan Ac dan kipas angin. Keduanya bisa sangat mempengaruhi kondisi alam bawah manusia ketika tidur, jadi lebih rileks dan tidak tidur ngiler lagi.

5. Gunakan Baju Tidur yang Longgar dan Nyaman


Menggunakan baju tidur yang longgar dan nyaman ternyata amat baik sekali untuk tubuh. Dengan ini, kamu akan memiliki tubuh yang sehat dan tidak stress lagi. Pikiran bakalan tertata, sehingga kamu pun tidurnya tidak ngiler lagi. Ini tentunya lah sangat baik sekali untuk tubuh. Silahkan dicoba sendiri betapa berkhasiatnya pakaian longgar dalam mempengaruhi alam bawah sadar supaya tidak ngiler.

6. Atur Ketinggian Bantal Supaya Nyaman


Mengatur ketinggian bantal juga sangat penting sekali untuk tubuh. Ketika ketinggian bantal cukup, maka kita akan lebih mudah dalam melakukan tidur nyenyak. Masuk ke alam tidur secara lebih santai dan akhirnya berdampak pada tidur yang tidak ngiler. Inilah cara ampuh yang mestinya kamu praktekkan jika selama ini memang tidurmu ngiler.

7. Usahakan Tidur dalam Kondiri Perut Kenyang, Namun Jangan Terlalu Kenyang


Sebelum tidur, kira-kira 2-3 jam sebelum tidur sebaiknya kamu makan sampai kenyang. Tapi jangan terlalu kenyang. Ini juga bisa mencegah tidur ngiler.

8. Cuci Muka, Tangan, Kaki Sebelum Tidur


Cuci muka, tangan dan kakimu sebelum tidur ya! Ini baik sekali untuk tubuhmu loh! Dengan cuci muka ini, maka kamu pun akan lebih nyaman.

9. Gosoklah Gigi Sebelum Tidur


Gosok gigi sebelum tidur bisa mencegah ngiler.

10. Memeluk Suami/Istri atau Guling dan Boneka


Peluk suami atau boneka juga bisa.

Baca Juga: 15 Dampak Sering Bergadang untuk Kesehatan

5 Cara Mencegah Tidur Ngiler yang Lainnya:


11. Usahakan Tidur Miring Kanan
12. Tidur Menutup Kepala dengan Bantal atau Benda Lainnya
13. Tidak Bermain Ponsel Menjelang Tidur
14. Jangan Membaca Buku atau Yang Lainnya
 15. Usahakan Jangan Mendengar Musik Kecuali Musik Gelombang Otak yang Bikin Rileks

Nah, itulah kiranya yang bisa kita lakukan agar tidur tidak ngiler. Silahkan dipraktekkan sendiri dan lihat hasilnya. Untuk melihat hasil dari latihan ini, tentu saja kita butuh kesaksian dari orang lain. Jadi suruhlah orang lain untuk mengecek diri kita pada saat tidur.