Langsung ke konten utama

15 Bahaya Membaca dalam Ruangan Gelap untuk Kesehatan

Ketika dalam ruangan gelap, sangat disarankan agar kita tidak membaca. Apalagi yang berasal dari komputer karena cahaya yang berasal dari komputer di ruangan gelap akan membuat bola mata jadi lebih sensitif menangkap cahaya. Tidak hanya komputer, ponsel pun begitu. Jadi, kalau memang sedang berada di ruangan gelap. Tidak usahlah pakai membaca apapun. Singkirkan saja ponsel dan laptop.

Apa sajakah bahaya membaca dalam ruangan gelap, selain bisa membuat bola mata lebih sensitif? Tentunya adalah akan memicu kenaikan minus mata. Minus mata akan terus bertambah tak terkendali. Hingga akhirnya kita pun terancam buta.



Memang sih di zaman modern seperti sekarang sudah ada operasi lasik yang diklaim bisa mengoreksi penglihatan. Membuat mata minus jadi berkurang hingga nol alias normal. Tapi, tetap saja, alangkah baiknya bila kita menghentikan saja kebiasaan buruk dan gaya hidup membaca dalam ruangan gelap ini. Kalau bisa dicegah, diatasi, kenapa harus menunggu mata rusak? Ya, kan? Nah, marilah kita baca dengan saksama berbagai bahaya membaca dalam ruangan gelap di bawah ini:

1. Kerusakan Bola Mata


Membaca dalam ruangan gelap bisa membuat bola matamu jadi rusak. Dari yang tadinya normal tanpa minus mendadak minusnya tinggi sekali. Ini tentu saja bahaya sekali, apalagi jika dialami oleh anak kecil yang notabene memiliki masa depan masih panjang. Tidaklah pantas rasanya anak kecil harus pakai kacamata di usia dini. Ini seolah akibat salah pengasuhan orang tua.

2. Minus Mata Makin Tinggi


Membaca dalam ruangan gelap juga akan menyebabkan minus mata semakin tinggi. Ini disebabkan karena otot mata dipaksa selalu bekerja maksimal dalam kegelapan. Elastisitas otot mata terganggu dalam kegelapan ruang, sehingga justru membuat otot mata semakin sakit dan parah minusnya.

3. Mata Berkunang-Kunang


Dengan mata yang berkunang-kunang tidaklah mungkin kita bisa aktivitas dengan normal. Maka dari itu, sebaiknya jangan membaca dalam ruangan gelap supaya mata tidak mudah berkunang-kunang. Ini terjadi karena mata akan lebih sensitif cahaya sehingga menimbulkan efek flash ketika melihat dalam ruangan yang sudah bercahaya sekali pun.

4. Mengalami Kebutaan


Kebutaan bisa terjadi pada siapa saja. Orang yang sudah buta maka artinya dirinya cacat. Dan kebutaan susah disembuhkan bahkan permanen. Kalau sudah buta, ini benar-benar akan mendapatkan prosedur medis yang mengerikan, misalnya cangkok bola mata. Nah, yang begini mengerikan sekali kan? Maka dari itu, janganlah terbiasa membaca dalam ruangan gelap. Supaya tidak buta.

5. Mata Mudah Lelah


Kebutaan juga menyebabkan mata mudah lelah. Orang yang buta akan mengalami kelelahan yang luar biasa pada bola matanya.Sehingga rasanya bola mata itu akan copot dan terjatuh. Saking lelahnya. Kita jadi malas sekali buat melek memandang dunia ini. Bawaannya perih dan lemah matanya.

6. Sakit Kepala yang Sangat Berat


Ternyata membaca dalam ruangan gelap juga akan membuat sakit kepala berat. Orang kalau sudah sakit kepala karena matanya biasanya susah sekali disembuhkan sekali pun minum obat analgesik dan anti piretik. Tentu saja yang begini menjadi sangat merepotkan.

7. Migrain yang Parah


Membaca dalam ruangan gelap juga bisa membuat kita migraine parah. Maukah kamu terserang migrain parah? Tentu saja jawabannya adalah tidak mau. Maka dari itu, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk dan gaya hidup mengerikan ini.

8. Mual dan Muntah


Mual dan muntah bisa terjadi pada siapa saja. Tapi ternyata bola mata yang terganggu juga membuat kita jadi mual dan ingin muntah-muntah terus loh. Ini terjadi karena asam lambung naik akibat stress karena mata sakit.

9. Otot Mata Bekerja Sangat Keras, Rentan Putus


Awas! Membaca dalam ruangan gelap bisa buat otot mata jadi putus loh! Ngeri sekali.

10. Memicu Tumor atau Kanker Mata


Inilah bahaya puncaknya. Kemunculan tumor dan kanker.


Baca Juga: 20 Bahaya Menahan Kencing untuk Kesehatan


5 Bahaya Membaca dalam Ruangan Gelap yang Lainnya:


11. Pingsan
12. Mata Jadi Sensitif Cahaya
13. Bola Mata Perih
14. Mata Merah
15. Iritasi Mata

Sekian yang dapat kami paparkan kepada anda tentang bahayanya bila kita membaca sesuatu di dalam ruangan yang gelap. Maka janganlah lakukan lagi! Kalau memang sedang membaca, alangkah baiknya bila menyalakan lampu saja. Tidak ada ruginya menyalakan lampu! Kenapa harus mematikan lampu sih? Kalau memang tidak ada penerangan sama sekali, maka pakai alternatif lampu emergency, petromak atau lilin.