Langsung ke konten utama

21 Manfaat dan Khasiat Kangkung Beserta Kandungannya

Kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Sayur ini sangat lezat untuk Anda jadikan makanan pendamping nasi dan sangat enak jika diolah dengan cara ditumis, rebus atau sebagai campuran makanan, sup dan lainnya. Khasiat dan kandungan kangkung sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Sudah lama kangkung dikenal sebagai salah satu obat yang sangat manjur, tidak hanya sebagai salah satu bumbu atau bahan makanan yang lezat.

Manfaat dan Khasiat Kangkung

Kangkung dapat Anda temui di dekat rawa-rawa, dekat sawah, sungai, atau daerah dengan peraian tinggi. Hal itu juga menjadi alasan kangkung memiliki kandungan air yang banyak dan memiliki rasa yang nikmat, karena lingkungan tumbuhnya tak lepas dari air yang menjadi salah satu makanan pokok bagi para tumbuhan. Berikut ini adalah kandungan serta manfaat kangkung yang harus Anda ketahui.

1. Kaya Zat Besi


Zat besi berguna sebagai salah satu nutrisi yang membantu meningkatkan kualitas kekebalan tubuh. Kangkung merupakan salah satu dari sekian banyak makanan dengan kandungan zat besi yang dapat Anda nikmati karena memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Karena kaya zat besi, kangkung juga sangat bagus untuk penderita anemia.

2. Kaya Protein


Sama halnya dengan zat besi, protein juga sangat berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, protein juga berfungsi dalam banyak hal seperti membantu hemoglobin tubuh agar cepat terbentuk dan juga bisa mencegah anemia.

3. Kaya Vitamin C


Vitamin C sangat bagus untuk meremajakan kulit. Selain kangkung, Anda dapat menemukan banyak vitamin C di berbagai buah seperti jeruk, mangga, apel atau sayuran seperti lobak, kol dan lainnya. Kangkung menjadi salah satu dengan vitamin C terbanyak dan sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga organ tubuh.

4. Lemak


Kangkung juga kaya akan lemak sehat. Jadi baik jika Anda mengkonsumsinya, namun tetap saja dalam takaran yang sewajarnya. Lemak dalam kangkung dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan juga organ tubuh, hampir sama dengan vitamin C. Tidak hanya itu, lemak juga membantu membentuk tenaga.

5. Vitamin A


Vitamin A sangat baik untuk pertumbuhan seperti mata dan bisa Anda temukan di wortel, apel dan tomat. Tidak hanya ketiga tersebut, kangkung juga menjadi salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A.

6. Kaya Karbohidrat


Lemak, karbohidrat dan kalori merupakan zat yang sangat bermanfaat dalam menjalani kegiatan sehari-hari Anda. Ketiga zat ini dapat memberikan tenaga yang akan Anda gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kandungan ini juga bisa menghindari Anda dari hipoglikemia, kekurangan energy dan terus menjaga metabolisme tubuh.

7. Membentuk Fosfor


Fosfor sangat berguna untuk tubuh, kandungan ini dapat membantu kesehatan otak serta tulang. Hal ini juga berlaku bisa membantu dalam mencegah osteoporosis atau tulang rapuh yang sekarang ini terjadi pada masa dini karena kurangnya perhatian dalam menjaga asupan gizi dan nutrisi penting dalam tubuh.

8. Mengandung Banyak Serat


Serat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, membuat tulang kuat, membantu pertumbuhan otot dan mencegah segala penyakit menyangkut perut. Serat dapat Anda temukan dalam buah-buahan dan sayur. Kangkung merupakan salah satu makanan jenis sayur yang memiliki kandungan serat yag sangat banyak.

9. Kalsium


Kalsium sangat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Bisa Anda temui banyak didalam kangkung. Tidak hanya itu, kalsium juga bisa bermanfaat dalam pertumbuhan enzim dalam tubuh. Bisa Anda dapatkan dengan mudah di kangkung atau makanan lainnya dengan kandungan kalsium yang tinggi.

10. Kaya Vitamin B1


B1 merupakan anak dari vitamin B, salah satu vitamin tunggal yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin B1 memiliki kandungan yang sangat banyak diantaranya adalah membantu pembentukan sel darah merah, serta menjaga agar tubuh tak menuai pada usia dini.

Kandungan dan Khasiat Kangkung Lainnya:


11. Mencegah Sariawan
12. Sebagai Obat Insomnia atau Susah Tidur
13. Obat Pengontrol Darah
14. Obat Nyeri Haid
15. Mengatasi Bau Mulut
16. Bagus Untuk Ibu Hamil
17. Menjaga Kesehatan Otak
18. Menjaga Mata
19. Menyehatkan Tulang dan Gigi
20. Obat Kolestrol
21. Menumbuhkan Rambut

Baca juga: 20 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Efek samping jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kangkung tentu Anda, namun tak terlalu berbahaya. Hanya saja, kadang Anda akan merasa mengantuk berat. Namun, disamping itu, kangkung sangat bermanfaat dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisi tubuh.