Langsung ke konten utama

15 Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

Siapalah yang tidak suka mendaki gunung? Karena banyak sekali manfaat mendaki gunung, kegiatan asyik mountaineering ini digemari oleh orang. Sebagai warga negara Indonesia memang sepantasnya kita gembar mendaki. Karena negara ini kaya dengan gunung. Hampir semua pulau punya gunung berapi. Kalau pun bukan gunung berapi yang tinggi, pastilah ada bukitnya. Kalau masalah memilih gunung mana buat didaki, ini tergantung dari kemampuan kita dan kesanggupan kita mencapainya. Lebih baik dimulai dari gunung yang paling dekat  rumah, supaya gampang dijangkau.

Manfaat Mandaki Gunung, Mendaki Gunung


Manfaat mendaki gunung untuk kesehatan ternyata cukup banyak juga loh. Selain melatih kebugaran fisik. Ternyata mendaki gunung juga bermanfaat untuk menumbukan kecerdasan mental dan sosial. Ketika kita mendaki, kita dituntut untuk mau berpola pikir dewasa dan mandiri. Solidaritas terhadap sesama manusia juga akan terbangun berkat kerjasama tim pendakian yang kadang cukup mengharukan. Dengan mendaki, banyak orang disadarkan tentang pentingnya toleransi, gotong-royong, loyalitas dan kebersamaan sampai akhir.

Manfaat mendaki gunung untuk kesehatan juga dinilai baik sebagai latihan fisik sebelum terjun ke suatu pertandingan olahraga misalnya. Kegiatan pendakian ini kan sebenarnya melatih otot kaki, perut, punggung, pundak dan semuanya. Seluruh organ bekerja keras ketika kita mendaki. Inilah yang amat baik untuk membentuk fisik jadi tangguh. Dan tidak mudah lelah. Meski awalnya ketika mendaki akan terasa berat, hingga demam dan sakit-sakitan. Namun sensasi setelahnya sungguh melegakan, seperti di bawah ini:

1. Badan Terasa Ringan, Enak, Lega, Bugar, Fit


Dengan mendaki gunung, kita akan merasa tubuh ringan bagaikan kapas. Rasanya sungguh enak sekali badan. Seperti habis dilahirkan kembali. Memang manfaat mendaki gunung yang ini tidak langsung didapatkan seketika, usai mendaki. Namun akan didapatkan beberapa hari setelah turun gunung. Tepatnya setelah rasa lelah kita hilang.

2. Otot Kaki Jadi Kuat


Manfaat mendaki gunung membuat otot kaki jadi kuat. Sungguh kita akan merasakan kaki mendadak seperti kaki atlet yang amat kuat. Rasanya dibawa mendaki 100 gunung saja masih kuat. Silahkan saja kamu coba, barulah mendaki satu gunung secara sukses. Esoknya kamu ingin mendaki lagi. Seolah punya kaki baja saja!

3. Punggung Kuat Membawa Beban Berat


Kalau mendaki kita membutuhkan tas ransel  atau keril demi membawa logistik. Keril itu kan berat, apalagi jika ini pendakian orang awam. Biasanya orang yang baru pertama mendaki gunung bakalan bawa banyak barang. Keril seperti kulkas saja. Nah, inilah yang bikin punggung jadi kuat bawa beban berat.

4. Badan Terasa Kuat Buat Dibawa Long March Sejauh Apapun


Usai mendaki gunung, kita akan merasakan long march alias jalan kaki jauh menjadi kegiatan yang sangat asyik. Kita bakalan ketagihan buat longmarch uphill downhill di gunung lagi.

5. Menumbuhkan Kepercayaan Diri


Mendaki gunung juga dipercaya menumbuhkan kepercayaan diri. Berkali-kali lipat kita akan lebih pede menjalani hidup ini! Buktikan sendiri ya!

6. Membuat Kita Jadi Mandiri


Tentu saja kegiatan pendakian selalu mengajarkan tentang kemandirian. Orang yang banyak mendaki bisa dibilangs sebagai orang yang paling mandiri.

7. Melatih Mental Tangguh Tidak Cengeng


Ya, dengan mendaki gunung kita akan memiliki mental yang tangguh. Tidak gampang cengeng hanya karena masalah kecil. Gunung saja ditaklukkan, apalagi masalah! Beres deh semuanya.

8. Mengurangi Lemak dalam Tubuh


Orang gendut memang susah mendaki gunung. Bawa badan aja sudah susah kalau jalan di tanah lapang. Apalagi naik gunung yang notabene terjal dan miring. Tapi jangan salah! Manfaat mendaki gunung amat baik buat mengurangi lemak dalam tubuh loh!

9. Memberikan Kesejukan Bagi Jiwa


Ya, dengan mendaki gunung maka jiwa kita akan terasa sejuk sekali. Bagaikan habis bepergian tamasya ke surga. Kesejukan jiwa ini membuat kita akan selalu rindu buat mendaki gunung lagi.

10. Menumbuhkan Jiwa Patriotisme


Mendaki gunung ternyata juga menumbuhkan jiwa patriotisme. Orang yang banyak mendaki bakal merasa dirinya lebih tangguh dan disiplin seperti seorang patriot, prajurit sejati. Dan ini akan berdampak baik pada sikap kita dalam jalani hidup menjadi lebih bertanggungjawab.

Baca Juga: 20 Cara Melancarkan Buang Air Kecil

5 Manfaat Mendaki Gunung yang Lainnya:


11. Menghilangkan Letih di Badan
12. Obat Stress dan Depresi
13. Memupuk Rasa Persaudaraan
14. Menambah Pengalaman
15. Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Nah itulah 15 manfaat mendaki gunung untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.Perbanyaklah atau bahkan gemari untuk melakukan olahraga mendaki gunung, karena mendaki gunung akan membuat jasmani dan rohani kita sehat. Anda dapat melihat gaya hidup sehat lainnya.