Langsung ke konten utama

35 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh Anda, tidak hanya sebagai penambah rasa masakan saja. Anda pasti sudah sangat mengenal daun yang satu ini. Daun mint mudah dikenali dari bentuk dan baunya yang segar. Bagian pinggir daun ini bergerigi dengan permukaan daun yang dipenuhi dengan bulu halus. Kegunaannya lebih sering dimanfaatkan untuk menambah rasa makanan, terutama kue dan camilan lainnya.

Ternyata manfaat daun mint tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Daun yang satu ini mempunyai senyawa tertentu yang dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Anda juga dapat menyehatkan tubuh dengan menggunakan daun ini. Caranya dengan memotong daun ini kecil-kecil, lalu menyeduhnya dengan air panas. Pastikan Anda sudah membersihkan daun ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

35 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Anti radikal bebas


Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun mint mengandung sifat anti oksidan yang tinggi. Daun ini menjadi daun alami yang mampu menjadi anti radikal bebas dalam menahan efek buruk dari paparan radikal bebas.

2. Menjaga imun tubuh


Kegunaan daun mint sangat baik untuk menjaga sistem imun di tubuh Anda. Daun ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah diserang penyakit yang mudah menular seperti flu dan batuk.

3. Penurun panas demam


Anda dapat menjadikan daun mint sebagai salah satu obat untuk menurunkan panas demam. Daun ini tidak akan memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan anak Anda ketika demam.

4. Baik untuk pencernan


Siapa sangka jika daun mint juga punya banyak manfaat sehat untuk pencernaan Anda. Daun yang satu ini bekerja seperti serat yang akan membantu pencernaan mengolah dan menyerap nutrisi yang Anda konsumsi.

5. Meredakan nyeri


Obat alami untuk meredakan nyeri bisa Anda dapatkan dari daun mint. Jika Anda sering mengalami gejala nyeri terutama persendian, Anda dapat mencoba daun ini terlebih dahulu sebelum sebelum menggunakan obat kimia.

6. Menyehatkan tulang


Konsumsi daun mint tidak hanya baik untuk kesehatan Anda saja, namun juga kesehatan anak-anak terutama dalam masa pertumbuhan. Daun ini dapat mendukung pertumbuhan tulang dengan baik dan juga sehat.

7. Menambah nafsu makan


Nafsu makan yang kurang ketika di diamkan terus menerus dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Jika Anda ingin menambah nafsu makan dengan baik, Anda dapat menggunakan daun mint sebagai bahan alaminya.

8. Anti kanker


Mencegah penyakit kanker bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta mengonsumsi makanan yang sehat pula. Anda bisa menggunakan bahan tambahan lainnya untuk mencegah kanker, contohnya daun mint.

9. Baik untuk kesehatan mata


Daun mint ternyata juga mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Hal ini membuatnya menjadi lebih berguna dalam membuat mata Anda menjadi lebih sehat. Tidak hanya wortel saja, namun juga daun mint yang dapat menyehatkan mata Anda.

10. Anti bau mulut


Manfaat daun mint dengan ciri khasnya yang segar sering dijadikan bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Itulah mengapa banyak produk sikat gigi dan pencuci mulut yang mengandung daun mint segar dijual di pasaran.

Baca Juga: 15 Jenis Makanan Mengandung Omega 3 yang Tinggi

Selain 10 manfaat diatas, ada beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 25 manfaat lainnya:

25 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh Lainnya


11. Obat sakit gigi
12. Mengatasi batuk
13. Obat tenggorkan yang gatal
14. Mengatasi maag
15. Anti stress
16. Meredakan gejala alergi
17. Penghilang rasa mual
18. Mengatasi flu
19. Obat sakit kepala
20. Meredakan pusing
21. Anti dehidrasi
22. Mengatasi iritasi pada usus
23. Penurun kolesterol
24. Baik untuk kesehatan jantung
25. Mencegah penyakit hipertensi
26. Baik untuk kesehatan liver
27. Mencegah tumor
28. Penurun berat badan
29. Mengatasi ketombe
30. Baik untuk kesehatan rambut
31. Menyehatkan kulit
32. Obat jerawat
33. Perasa makanan
34. Bahan aroma terapi
35. Pengharum ruangan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.