Langsung ke konten utama

27 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Darah Tinggi

Konsumsi jenis makanan sehat untuk penyakit darah tinggi akan membantu penderita penyakit ini agar penyakitnya tidak semakin membahayakan tubuh. Penyakit darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai salah satu penyakit yang memicu kematian. Penyebabnya karena tekanan darah yang naik dan mengganggu kelancaran aliran darah. Gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang berantakan menjadi faktor utama timbulnya penyakit darah tinggi.

Jika Anda mempunyai gejala penyakit darah tinggi di dalam tubuh, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sembarangan. Menurunkan resiko penyakit darah tinggi bisa Anda lakukan dengan mengontrol jenis makanan yang akan Anda makan. Ada banyak makanan sehat yang dapat mencegah gejala penyakit darah tinggi. Tentunya makanan jenis ini tidak akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik dengan drastis.

27 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Darah Tinggi


Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk penyakit darah tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Kacang putih


Kandungan serat yang ada dalam kacang putih akan membantu tubuh Anda dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, jenis kacang yang satu ini juga tidak mempunyai kolesterol yang tinggi sehingga aman untuk penderita darah tinggi.

2. Yogurt


Makanan yang bernama yogurt merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Selain mengandung banyak kalsium dan vitamin, yogurt juga mampu mencegah tekanan darah Anda menjadi naik.

3. Buah kiwi


Kiwi tidak hanya dikenal sebagai buah lezat yang cantik untuk menghiasi makanan berupa kue. Buah ini juga sangat aman untuk dikonsumsi penderita darah tinggi karena mengandung banyak mineral dan vitamin yang sehat.

4. Persik


Jenis buah lainnya yang tidak kalah sehat dari kiwi yaitu persik. Buah manis ini sangat segar dan patut Anda konsumsi ketika gejala darah tinggi menyerang. Vitamin dan mineral di dalamnya akan mampu mencegah resiko tekanan darah menjadi naik.

5. Kubis


Jika Anda menyukai sayuran, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi kubis segar. Kubis dikenal sebagai salah satu sayuran sehat yang menjadi bahan utama masakan. Sayur ini juga dapat menurunkan gejala darah tinggi Anda.

6. Mentimun


Timun atau mentimun merupakan makanan yang dikenal sebagai pemicu darah rendah. Itulah kenapa bagi Anda yang sedang terjangkit penyakit darah tinggi perlu mengonsumsi makanan ini untuk menurunkan tingkat darah tinggi yang berbahaya.

7. Brokoli


Sayuran hijau berupa brokoli mengandung banyak nutrisi sehat untuk tubuh Anda. Selain vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya, brokoli juga merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk penderita penyakit darah tinggi.

8. Paprika


Konsumsilah paprika dengan rutin setiap hari. Makanan yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan gejala darah tinggi di tubuh Anda. Anda dapat mencampurnya dengan sayuran lain agar khasiatnya lebih terasa.

9. Ubi


Anda dapat mengganti konsumsi makanan yang mengenyangkan dari nasi menjadi ubi. Rasanya yang manis dengan kandungan vitamin dan mineral yang sehat dapat menyehatkan pembuluh darah Anda dan mencegah darah tinggi.

10. Pisang


Buah pisang sering dijadikan salah satu buah yang mengenyangkan karena teksturnya yang padat. Siapa sangka jika buah panjang yang satu ini juga mampu mengatasi tekanan darah yang naik. Tubuh Anda pun akan lebih mudah mengontrol tekanan darah dengan baik.

Baca Juga: 20 Bahaya Konsumsi Makanan Asin untuk Kesehatan

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penyakit darah tinggi lainnya. Berikut ini 17 jenis makanan lainnya:

17 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Darah Tinggi Lainnya


11. Bayam
12. Biji bunga matahari
13. Kentang
14. Alpukat
15. Buah Bit
16. Kedelai
17. Jeruk
18. Stroberi
19. Brussel sprout
20. Sawi hijau
21. Tomat
22. Kale
23. Anggur
24. Belimbing
25. Almond
26. Edamame
27. Kacang panjang

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk penyakit darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.