Langsung ke konten utama

20 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat Otak

Ada banyak jenis makanan penambah daya ingat otak yang baik untuk mencegah kepikunan dan meningkatkan kemampuan otak Anda. Kinerja otak yang baik akan membuat daya ingat Anda baik pula. Saat ini, penurunan daya ingat otak tidak hanya terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut. Namun juga bagi Anda yang masih muda. Hal ini bisa terjadi karena pola hidup dan sumber makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Semua memori yang kita miliki hampir seluruhnya kita simpan di dalam otak. Jadi ketika daya ingat otak Anda menurun, ada kemungkinan besar beberapa memori akan menghilang dari pikiran Anda. Kesehatan otak Anda pun juga akan terganggu dan membuat tubuh Anda mengalami banyak gangguan kesehatan lainnya. Mulailah untuk menjaga otak Anda mulai dari sekarang dengan mengonsumsi makanan yang bergzi bagi kesehatan otak dan menambah daya ingat.

20 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat Otak

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penambah daya ingat otak yang perlu Anda ketahui.

1. Alpukat


Jenis makanan pertama yang dapat menambah daya ingat otak Anda yaitu buah alpukat. Kandungan vitamin E dan juga vitamin C dalam buah ini mampu menyehatkan otak dan meningkatkan kinerjanya dalam menyimpan memori.

2. Stroberi


Satu lagi jenis buah lezat yang mampu menambah daya ingat otak Anda. Stroberi tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, namun juga beberapa zat penting yang berperan sebagai sumber nutrisi bagi otak dan daya ingatnya.

3. Blueberi


Selain stroberi, buah beri lainnya yang patut Anda konsumsi adalah blueberi. Buah ini mungkin berukuran kecil, namun manfaatnya sangatlah besar. Kandungan vitamin dalam buah ini mampu menyehatkan otak Anda dan mempertahankan daya ingat otak yang sehat.

4. Tomat


Senyawa likopen dalam buah tomat mampu menjadi sumber anti oksidan alami yang juga melindungi kesehatan otak. Buah yang satu ini akan membantu daya ingat otak Anda menjadi lebih kuat dan mencegah kepikunan.

5. Ikan salmon


Kandungan omega 3 dalam ikan salmon sangat baik untuk kesehatan otak Anda. Maka tak heran jika ikan yang satu ini juga menjadi salah satu konsumsi utama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, termasuk pertumbuhan fungsi otak dan daya ingatnya.

6. Ikan sarden


Jenis ikan lainnya yang mampu meningkatkan daya ingat otak Anda yaitu sarden. Sarden hampir sama dengan ikan salmon, mengandung cukup banyak kandungan omega 3 dan mineral lainnya yang menyehatkan organ otak.

7. Brokoli


Sayuran yang satu ini menjadi salah satu sayuran yang berperan dalam menjaga daya ingat otak dan meningkatkan kemampuan otak Anda. Beberapa kandungan mineral yang terdapat dalam brokoli mampu menyehatkan otak.

8. Bayam


Selama ini kita hanya mengenal bayam sebagai makanan sumber energi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kegunaan bayam tidak hanya itu saja. Sayuran sehat ini juga dapat menambah daya ingat otak dan meningakatkan fungsi otak Anda.

9. Kale


Kandungan vitamin E dan folat yang terdapat dalam sayur kale bisa Anda jadikan sumber nutrisi sehat untuk kesehatan otak. Otak yang sehat akan menunjang daya ingat otak Anda dalam menampung semua memori.

10. Kubis ungu


Jenis kubis yang disarankan untuk meningkatkan daya ingat otak adalah jenis kubis yang berwarna ungu. Kubis ungu mengandung banyak senyawa alami yang baik dan menyehatkan otak Anda serta menambah kemampuan daya ingat.

Baca Juga: 27 Jenis Makanan Sehat untuk Penyakit Darah Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penambah daya ingat otak lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat Otak Lainnya


11. Sawi hijau
12. Biji bunga matahari
13. Kacang tanah
14. Kedelai
15. Almond
16. Biji chia
17. Quinoa
18. Minyak kelapa
19. Ginko biloba
20. Minyak zaitun

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penambah daya ingat otak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.