Langsung ke konten utama

15 Jenis Makanan Mengandung Zat Purin Penyebab Asam Urat

Beberapa jenis makanan mengandung zat purin penyebab asam urat merupakan makanan yang perlu Anda hindari untuk dikonsumsi. Terutama bagi Anda yang memang mempunyai gejala penyakit asam urat yang sudah sangat terasa. Suatu penyakit akan lebih mudah dicegah melalui pola hidup dan pola makan kita. Jangan sampai Anda mengonsumsi makanan yang menjadi sumber utama yang dikonsumsi oleh penyakit yang menyerang Anda.

Apa itu zat purin? Zat purin adalah sejenis zat atau senyawa yang banyak terdapat dalam makanan yang sering kita konsumsi. Senyawa yang satu ini tergolong senyawa yang perlu dihindari oleh penderita penyakit asam urat. Konsumsi makanan dengan zat purin yang berlebihan justru akan membuat penyakit asam urat Anda semakin tinggi. Persendian dan otot tubuh pun menjadi lebih sering terserang rasa sakit setiap harinya.

15 Jenis Makanan Mengandung Zat Purin Penyebab Asam Urat

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung zat purin penyebab asam urat yang perlu Anda ketahui.

1. Ikan teri


Sebutan lain dari ikan teri adalah ikan anchovy. Ikan yang satu ini mengandung sejumlah nutrisi dan protein sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun kandungan zat purin di dalamnya tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat.

2. Hati sapi


Kandungan zat purin dalam hati sapi cukup tinggi. Padahal hati sapi mengandung cukup banyak nutrisi baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun penderita penyakit asam urat sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

3. Ikan sarden


Selama ini kita mengenal cukup banyak manfaat dari ikan sarden dengan kandungan omega 3 nya. Kadar purin dalam ikan cukup tinggi sehingga banyak ahli kesehatan yang tidak menyarankan penderita asam urat untuk mengonsumsinya lebih banyak.

4. Daging ayam


Kandungan zat purin dalam daging ayam memang tergolong tidak terlalu tinggi, tapi Anda masih tetap perlu menghindari konsumsi daging ini terlalu banyak. Agar nutrisi yang terdapat dalam daging ayam masih bisa Anda dapatkan.

5. Daging bebek


Selain daging ayam, daging bebek juga menjadi favorit banyak orang untuk dikonsumsi. Protein dalam daging merupakan jenis protein dengan kadar yang tinggi. Namun Anda juga perlu membatasi konsumsinya setiap hari karena dapat memicu penyakit asam urat disebabkan oleh zat purin di dalamnya.

6. Daging sapi


Daging dari jenis sapi paling enak dikonsumsi dengan diolah menjadi sate dan juga steak. Penggemar daging merah ini pun tidaklah sedikit. Hal yang perlu diwaspadai yaitu konsumsi daging sapi yang tidak boleh berlebihan atau Anda akan terjangkit penyakit asam urat.

7. Kepiting


Pecinta makanan laut yang mempunyai penyakit asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi kepiting terlalu banyak. Pasalnya hewan laut yang satu ini mempunyai sejumlah kandungan zat purin yang akan membuat asam urat Anda menjadi tinggi.

8. Ikan tuna


Sama seperti ikan sarden, ikan tuna pun mengandung senyawa purin yang tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat terlalu banyak. Ikan yang satu ini masih bisa Anda serap nutrisnya namun dengan porsi yang lebih sedikit.

9. Ikan salmon


Jenis ikan yang satu ini sering menjadi sumber makanan utama dalam tumbuh kembang anak karena mengandung banyak omega 3. Ikan salmon perlu Anda konsumsi dalam batas yang wajar atau kandungan purinnya akan membuat asam urat Anda bertambah parah.

10. Lobster


Satu lagi makanan laut yang perlu diatur porsinya untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat. Lobster sebenarnya mengandung banyak protein dan vitamin yang cukup tinggi namun juga senyawa purin yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat terlalu banyak.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan Penurun Berat Badan untuk Diet

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung zat purin penyebab asam urat lainnya. Berikut ini 5 jenis makanan lainnya:

5 Jenis Makanan Mengandung Zat Purin Penyebab Asam Urat Lainnya


11. Kembang kol
12. Kacang panjang
13. Buncis
14. Bayam
15. Daging merah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung zat purin penyebab asam urat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.