Langsung ke konten utama

15 Jenis Makanan Mengandung Omega 3 yang Tinggi

Banyaknya jenis makanan mengandung omega 3 yang tinggi dapat membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang sehat. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh Anda, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Nutrisi yang satu ini sebenarnya adalah jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Lemak sehat tidak akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan seperti yang dilakukan oleh lemak jahat.

Jenis lemak omega 3 sendiri ada tiga macam, yaitu ALA, EPA, dan DHA. Dari ketiga jenis omega 3 tersebut, ALA adalah jenis lemak sehat yang paling banyak ditemukan. Manfaat omega 3 untuk tubuh cukup banyak. Mulai dari melancarkan aliran darah, menyehatkan jantung, mencegah kolesterol tinggi, membantu penyerapan kalsium, merawat kulit, dan juga mencegah radang usus. Jika Anda membutuhkan omega 3, Anda bisa mendapatkannya dari jenis makanan tertentu.

15 Jenis Makanan Mengandung Omega 3 yang Tinggi

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung omega 3 yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Ikan halibut


Jenis ikan yang satu ini mengandung nutrisi omega 3 yang cukup banyak. Ikan halibut tidak hanya mengandung omega 3, namun juga mengandung nutrisi lainnya seperti zat besi, fosfor, magnesium, seng, dan juga vitamin A.

2. Ikan sarden


Ikan jenis sarden merupakan ikan yang hampir dengan mudah kita temukan untuk dikonsumsi, terutama jenis ikan sarden dalam kemasan kaleng. Untuk mendapatkan omega 3 yang sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi ikan sarden segar.

3. Tiram


Tiram adalah jenis hewan laut yang juga sering dikonsumsi oleh orang yang tinggal di kawasan Asia, seperi Jepang dan Korea. Kandungan omega 3 dalam tiram cukup besar sehingga dapat memberikan efek yang baik jika Anda mengonsumsinya dengan benar.

4. Ikan salmon


Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini didukung oleh kandungan omega 3 di dalam ikan ini yang mampu menyehatkan jantung Anda. Anda dapat mencegah penyakit jantung mulai dari sekarang dengan mengonsumsi ikan ini.

5. Telur


Jangan lupakan telur, makanan yang hampir kita konsumsi sehari-hari. Selama ini kita hanya mengetahui jika telur mengandung banyak protein. Tidak hanya itu, telur juga menjadi sumber makanan dengan kandungan omega 3 yang baik.

6. Margarin


Jenis mentega yang lebih sehat dan mengandung omega 3 adalah margarine. Anda dapat menggunakan margarine untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng yang cenderung tidak sehat untuk tubuh.

7. Susu


Banyak orang yang mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Padahal susu tidak hanya mengandung kalsium saja, namun juga omega 3. Sebaiknya Anda mengonsumsi jenis susu yang rendah lemak.

8. Yogurt


Apakah Anda senang mengonsumsi camilan? Mulailah untuk mengonsumsi camilan sehat yang mengandung omega 3 seperti yogurt. Yogur juga dapat melancarkan pencernaan Anda karena mengandung serat yang sehat.

9. Biji-bijian


Selain ikan, Anda juga perlu mengonsumsi biji-bijian. Jenis biji-bijian yang sehat seperti gandum dapat Anda andalkan untuk mendapatkan nutrisi berupa omega 3 dan nutrisi lainnya. Tubuh Anda pun tidak akan mudah mengalami gangguan pencernaan.

10. Kacang-kacangan


Jenis kacang seperti kacang edamame, kacang kedelai, dan kacang lainnya perlu Anda konsumsi dengan lebih rutin. Protein dalam kacang-kacangan yang didukung oleh kandungan omega 3 dapat menyehatkan tubuh Anda.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung omega 3 yang tinggi lainnya. Berikut ini 5 jenis makanan lainnya:

5 Jenis Makanan Mengandung Omega 3 yang Tinggi Lainnya


11. Sayuran
12. Minyak ikan kod
13. Minyak biji rami
14. Kubis
15. Selada

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung omega 3 yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.