Langsung ke konten utama

10 Jenis Makanan Mengandung Formalin yang Berbahaya

Saat ini Anda perlu lebih waspada terhadap jenis makanan mengandung formalin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Formalin bukanlah zat yang diperuntukkan bagi makanan atau zat yang dapat dikonsumsi oleh tubuh manusia. Zat ini merupakan zat pengawet yang lebih banyak digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia yang sudah mati. Tujuannya agar tubuh tersebut lebih mudah untuk diotopsi dan diteliti.

Nah, banyak sekali oknum nakal yang menggunakan formalin sebagai salah satu bahan campuran berbahaya ke dalam beberapa jenis makanan. Apa tujuannya? Agar makanan tersebut lebih awet dan tahan lama sehingga jika tidak laku terjual, oknum penjual masih bisa menjualnya keesokan hari. Formalin akan memberikan efek yang berbahaya ke tubuh Anda. Itulah mengapa Anda perlu jeli dalam memilih jenis makanan mana yang mengandung formalin dan mana yang tidak.

10 Jenis Makanan Mengandung Formalin yang Berbahaya

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung formalin yang berbahaya yang perlu Anda ketahui.

1. Mie basah


Jenis makanan yang satu ini bukanlah jenis makanan yang dapat bertahan lama. Itulah mengapa banyak penjual mie basah yang mencampur dagangannya dengan formalin agar tetap tahan lama dan tidak merugi.

2. Tahu


Makanan berupa tahu adalah jenis makanan yang paling sering ditemukan mengandung formalin. Alasan pertama karena tahu merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat sehingga kebutuhannya pun menjadi lebih banyak.

3. Bakso


Makanan olahan daging seperti bakso membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini karena daging untuk membuat bakso tidaklah murah. Maka tak jarang banyak oknum penjual bakso yang menggunakan formalin untuk mengawetkannya.

4. Ikan


Banyak orang yang ingin mengonsumsi jenis ikan yang masih segar. Sedangkan kesegaran ikan asli tidak akan bisa bertahan cukup lama. Hal ini membuat banyak ikan yang dijual di pasaran dicampur dengan zat formalin.

5. Ayam potong


Tidak hanya ikan saja yang mengandung formalin, beberapa ayam potong pun juga dicampur dengan bahan formalin. Tujuannya agar ayam bisa tetap dijual kembali di kemudian hari. Hal ini tentunya akan membuat tubuh Anda terganggu kesehatannya.

6. Tempe


Jenis makanan yang satu ini juga bukan makanan yang dapat bertahan lama. Sama halnya seperti tahu, banyak tempe yang dijual dengan campuran formalin yang cukup banyak. Jika Anda mengonsumsinya, maka Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan.

7. Mie ayam


Sama seperti bakso yang mengandung formalin, banyak mie ayam yang juga ditambahkan formalin. Terutama pada bagian mienya. Jika Anda penggemar mie ayam, Anda perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi makanan ini.

8. Kerupuk


Penggemar kerupuk tentunya tidak akan merasa nyaman ketika harus makan tanpa adanya kerupuk. Namun Anda perlu berhati-hari karena saat ini sudah banyak jenis kerupuk yang mengandung bahan berbahaya formalin.

9. Buah apel


Formalin tidak hanya digunakan pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari, namun juga pada buah. Banyak zat formalin yang ditemukan pada buah apel yang dijual dipasaran dalam jumlah yang cukup banyak.

10. Buah anggur


Tidak hanya pada buah apel saja, namun juga buah mewah seperti anggur pun juga dicampur dengan zat formalin. Hal ini tak lain dan tak bukan karena ingin meraup untung yang banyak dari penjualan buah anggur yang cukup mahal.

Baca Juga: 11 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung formalin yang berbahaya yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.