Langsung ke konten utama

15 Bahaya Main Ponsel Menjelang Tidur

Siapakah yang kalau mau tidur pakai mainan ponsel terus? Adakah yang begitu? Jika ya begitu, alangkah baiknya mulai mengubah gaya hidup buruk ini karena amat bahaya untuk tubuh. Bermain ponsel menjelang tidur hanya akan menimbulkan kekacauan pada sistem listrik tubuh. Sehingga aliran darah menjadi tersendat dan syaraf menjadi kaku, tegang, bahkan rentan mengalami stroke.
Tubuh manusia mengandung listrik loh. Dan listrik ini akan terus ada, mengalir, selama ada energi yang berasal dari makanan dan oksigen.

Bermain ponsel menjelang tidur hanya akan membuat listrik jadi kacau. Badan kita kesetrum-setrum tidak jelas. Kalau tidak percaya, silahkan lakukan pemeriksaan kesehatan yang menggunakan alat yang mampu merekam kelistrikan tubuh. Misalnya listrik pada jantung dapat direkam dengan EKG atau EEG.



Bahaya bermain ponsel menjelang tidur, berdampak sangat fatal bila dilakukan dalam jangka waktu panjang. Efeknya memang ada yang tidak langsung dirasakan. Bisa bertahun-tahun tapi pasti mempengaruhi kondisi tubuh. Dan efek samping atau bahaya bermain ponsel menjelang tidur yang paling bahaya adalah mengalami kematian. Ya, hanya karena main ponsel pas mau tidur, bsia saja kita meregang nyawa. Silahkan simak penjelasan lengkap tentang bahaya main ponsel menjelang tidur di bawah ini:

1. Terkena Radiasi Ponsel yang Bahaya Buat Otak


Main ponsel menjelang tidur amat bahaya untuk kesehatan karena ini bisa menyebabkan kita kena gangguan otak. Ponsel itu kan memancarkan gelombang elektromagnetik yang begitu bahaya sekali untuk kesehatan. Dan ini tidak bisa main-main buat otak, sangat buruk sekali untuk otak manusia. Maka dari itu, sebaiknya kita jangan main ponsel kalau mau tidur. Daripada kena kanker otak.

2. Mengalami Kejang Otot


Kejang otot bisa saja terjadi kalau kita main ponsel menjelang tidur dan ini sangat bahaya sekali buat kesehatan. Jangan pernah deh main ponsel kalau tidak mau kena kejang-kejang otot. Bahkan tulang bisa sampai gemratak kejang juga, karena radiasi ponsel memang sangat keras.

3. Gangguan Peredaran Darah


 Gangguan peredaran darah bisa membuat kita jatuh sakit kena hipertensi atau hipotensi. Ini bahaya sekali buat kesehatan. Maka jangan pernah deh kita lakukan itu. Main ponsel sebelum tidur. Sebaiknya kalau mau tidur ya ponsel disingkirkan saja. Daripada memberikan efek buruk untuk tubuh. Kan malah bahaya sekali buat tubuh. Maka dari itu kalau memang kamu mau aliran darah lancar, patuhi nasehat ini!

4. Menurunnya Kadar Hemoglobin


Kadar HB dalam darah bisa turun kalau kita mainan ponsel terus, apalagi main ponsel sebelum tidur. Dampaknya adalah tubuh akan lemas ketika kita bangun di keesokan harinya. Bangun tidur bukannya segar, malah lesu dan lemas sekali. Badan juga pegal-pegal seperti habis digebugin aja.

5. Badan Jadi Lemas


Badan bisa jadi lemas kalau kita main ponsel sebelum tidur. Maka jangan pernah deh main ponsel sebelum tidur. Ini sungguh mengerikan sekali. Radiasi ponsel akan membuat badan benar-benar drop sekali. Jangan coba-coba deh meletakkan ponsel di dekat tubuh saat mau tidur!

6. Tidur Tidak Nyenyak


Selain itu, ternyata main ponsel sebelum tidur juga menyebabkan tidur jadi tidak nyenyak. Bagaimana tidur mau nyenyak kalau ternyata badan kita dipenuhi gelombang elektromagnetik bahaya dari ponsel yang berada di dekat tubuh kita.

7. Mengalami Mimpi Buruk


Main ponsel sebelum tidur juga bikin mimpi buruk. Ini mengerikan, bagaimana kita bisa main ponsel disaat tubuh kita harusnya istirahat. Pahami benar bahaya ini, lama-lama tiap kamu bisa mimpi buruk karena radiasi yang mempengaruhi alam bawah sadar.

8. Mual dan Muntah


Mual dan muntah juga akan terjadi kalau kamu main ponsel sebelum tidur. Ini bahaya sekali sungguh. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak usah main ponsel deh kalau mau tidur.

9. Terserang Vertigo


Main ponsel juga bisa membuat kita terserang vertigo.

10. Bangun Tidur Badan Pegal-Pegal


Bangun tidur pun badan pegal-pegal.

Baca Juga: 24 Manfaat Jogging bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 Bahaya Bermain Ponsel Menjelang Tidur:


11. Kekurangan Oksigen dalam Darah
12. Bisa Pingsan Saat Tidur
13. Kelumpuhan Tidur
14. Mengigau Saat Tidur
15. Insomnia Berat

Begitulah berbagai bahaya yang mestinya kita waspadai. Untuk apalah mainan ponsel terus saat tidur. Ketika tiba waktunya buat tidur, maka singkirkan saja jauh-jauh ponselnya. Dan tidurlah dengan nyenyak. Jangan lupa matikan lampu dan berdoa, agar tidur nyenyak sampai pagi. Dan bangun dalam kondisi badan fit.