Langsung ke konten utama

10 Fungsi Asam Folat Bagi Tubuh

Asam folat atau vitamin B9 adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk di miliki oleh tubuh. Asam folat membantu segala kegiatan dalam tubuh seperti memperbaiki DNA dan RNA, melancarkan peredaran darah, melancarkan pertumbuhan bayi dan memberikan manfaat yang baik untuk otak dan jantung Anda. Namun tetap saja, Anda harus tetap menjaga asupan asam folat agar tak berlebihan dan tidak juga kurang.

Fungsi Asam Folat Bagi Tubuh

Fungsi asam folat untuk kesehatan banyak sekali. Selain yang telah disebutkan diatas, asam folat juga berfungsi dalam melawan segala penyakit akibat kurangnya asam folat. Asam folat juga sangat dibutuhkan oleh bayi dan remaja. Bayi memerlukan asam folat yang cukup disertai dengan ASI dengan kalsium tinggi. Untuk remaja, kalsium, gizi dan nutrisi yang terdapat pada sayuran serta asam folat sangat di perlukan. Berikut ini adalah fungsi asam folat untuk tubuh.

1. Membantu Memperbaiki Sel DNA


Sel ini membantu dalam hidup kita. Dengan adanya sel DNA, keberadaan Anda sebagai symbol keturunan dari orang tua Anda menjadi jelas. Maka dari itu, jika sel DNA rusak, tentu hasil analisi juga terganggu. Selain asam folat, beberapa kandungan yang dapat membantu perbaikan sel DNA adalah kalium, protein dan vitamin A.

2. Membentuk Eritrosit


Sel darah merah atau juga disebut sebagai eritrosit merupakan sel yang dapat terbentuk dengan bantuan asam folat. Sel darah merah memiliki banyak fungsi seperti membakar lemak dan kalori menjadi energy dengan cepat. Namun, eritrosit yang berlebihan juga bisa berakibat buruk pada tubuh. Jadi, hati-hati dan batasi asupan asam folat Anda.

3. Baik Untuk Ibu Hamil


Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil sebanyak 600 mcg bisa membantu mengurangi rasa mual, gejala umum ketika sedang hamil. Cara ini bisa Anda bantu dengan memberikan susu khusus ibu hamil.

4. Mengobati Sakit Saat Haid


Haid atau datang bulan atau juga menstruasi adalah salah satu momok yang banyak ditakuti oleh kaum hawa. Mereka mengeluh tentang sakit saad haid, benar, karena peluruhan dinding pada rahim tak buahi. Asam folat membantu dalam mengatasi sakit saat haid dan membantu dalam produksi sel darah merah Anda.

5. Mengatasi Kanker


Kanker merupakan penyakit yang susah ditebak, berbahaya dan sulit diatasi. Namun sekarang ini, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk sembuh dari kanker, salah satunya adalah rajin konsumsi asam folat. Seseorang dengan kadar asam folat tak cukup dalam tubuh bisa terkena kanker dengan persentasi besar.

6. Sehat Untuk Janin


Asam folat sangat baik untuk ibu hamil. Namun, asam folat bukan hanya satu-satunya nutrisi yang harus ibu hamil konsumsi, kalsium merupakan salah satu zat penting yang harus ibu hamil konsumsi. Asam folat dapat membantu bayi lahir tanpa cacat dan membantu memenuhi asupan gizinya selama berada didalam rahim.

7. Mengatasi Anemia


Kurang darah atau anemia bisa terjadi karena beberapa hal seperti kurang tidur, terlalu bekerja keras dan kekurangan asam folat. Akibatnya bisa saja Anda jatuh pingsan, pusing dan lainnya. Hal ini karena asam folat yang kurang sehingga mengganggu aliran darah yang menuju ke otak, akibatnya otak serta organ lainnya terganggu karena kurang darah yang mengalir ke organ tersebut.

8. Mengatasi Sel Rusak


Sel dalam tubuh hanya bisa bertahan dengan umur beberapa jam atau hari saja. Untuk itu, sel dalam tubuh terus menerus akan di perbarui agar kesehatan tubuh terjaga. Asam folat menjadi salah satu nutrisi penting yang harus terpenuhi.

9. Meningkatkan Daya Fungsi Otak


Asam folat dapat membantu meningkatkan fungsi otak karena membantu dalam melancarkan darah yang mengalir ke otak. Selain itu, asam folat juga dapat mengatasi stress berlebihan.

10. Diperlukan Bayi dan Remaja


Meski sebenarnya di butuhkan juga untuk orang dewasa, asam folat memiliki kelebihan special jika dikonsumsi oleh bayi dan remaja karena penyerapan pada usia ini sangat pesat dan membantu dalam mencukupi gizi dan nutrisi tubuh.


Asam folat dalam tubuh haruslah terpenuhi dan usahakan tidak lebih dan tidak juga kurang dan kelengkapan gizi dan nutrisi dalam tubuh.