Langsung ke konten utama

14 Efek Samping Madu Diet Bagi Kesehatan Tubuh

Madu diet merupakan minuman yang mengandung sejumlah nutrisi menyehatkan yang dapat membantu menyukseskan program diet yang dijalankan seseorang. Namun meskipun menyehatkan , mengonsumsinya secara berlebihan akan menyebabkan efek samping madu diet bagi kesehatan tubuh.

Madu diet memang dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh  dan melindungi jaringan tubuh dari serangan radikal bebas dari udara dan debu. Berikut ini merupakan efek samping madu diet yang dapat membahayakan kesehatan.

Efek Samping Madu Diet, Bahaya Madu Diet, Dampak Negatif Madu Diet

1. Asam lambung naik


Madu merupakan minuman yang panas dan tajam dan dapat melukai lambung dan meningkatkan asam lambung yang sangat sensitif. Efek samping madu diet ini yang menyebabkan madu diet tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan.

2. Sering buang air kecil


Enzim pada madu mampu mengganggu kandung kemih dan membuatnya terdorong akibat aktifitas enzim yang berlebihan di dalam tubuh. akibatnya madu diet yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan seseorang menjadi sering untuk buang air kecil.

3. Sering buang air besar


Tidak hanya dapat menyebabkan buang air kecil, madu diet yang dikonsumsi dengan takaran yang terlalu berlebihan akan menyebabkan seseorang sering buang air besar. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peningkatan cairan di saluran pembuangan sehingga membuat seseorang merasa mulas dan sering buang air besar dengan frekuensi yang sering.

4. Mengakibatkan dehidrasi


Madu memang dipercaya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun apabila madu dikonsumsi secara berlebihan tanpa dicampur dengan air akan menyebabkan tubuh merasa haus karena madu mudah menyerap cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu selalu perhitungkan takaran yang pas untuk dikonsumsi agar tidak menimbulkan kerugian.

5. Kepala pusing


Beberapa kandungan seperti enzim – enzim yang terdapat dalam madu diet akan menghambat aliran darah menuju kepala dan otak. Oleh karena itu akan menyebabkan seseorang akan mengalami pegal – pegal di bagian leher dan pusing pada kepala secara terus menerus.

6. Meningkatkan rasa malas


Madu memiliki banyak sekali manfaat seperti dapat menenangkan pikiran, mengubah suasana hati menjadi lebih nyaman, dan menjadi obat bagi seseorang yang sering menderita stress atau depresi. Namun apabila dikonsumsi dalam takaran yang sangat banyak akan justru akan menyebabkan seseorang merasa malas bagi yang kurang tidur atau kesulitan dalam proses pemulihan pada luka setelah operasi.

7. Meningkatkan kram perut


Sebaiknya hindari madu diet apabila kamu memiliki penyakit seperti maag atau peradangan tukak lambung akibat alergi. Apabila masih dikonsumsi akan menyebabkan kram perut. Kondisi ini disebabkan oleh ketegangan otot akibat saraf disekitar perut mengalami tekanan hebat akibat adanya radang tukak lambung dan kondisi maag yang sedang tidak stabil.

8. Mual dan muntah


Terlalu banyak minum madu diet juga dapat mengganggu jaringan di perut, pencernaan dan mengganggu aktifitas enzim di sekitar ulu hati. Akibatnya sekitar perut akan merasakan tidak nyaman dan menimbulkan reaksi mual dan muntah.

9. Demam


Dalam mengonsumsi madu diet namun tidak diimbangi dengan gizi yang cukup akan berpotensi menyebabkan penyakit demam, hal ini dikarenakan tidak seimbangnya tubuh akan menyebabkan tubuh sangat mudah menderita penyakit demam.

10. Menyebabkan keracunan


Bagi seseorang yang menderita maag, sebaiknya hindari madu diet karena akan menyebabkan keracunan dan tubuh menjadi lemas serta dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran apabila dikonsumsi secara berlebih dan sering. Oleh sebab itu sudah selayaknya hindari minuman ini apabila maag kamu sering kambuh.

Baca Juga 11 Manfaat Akupuntur Pelangsingan Bagi Kesehatan Tubuh

4 Efek Samping Madu Diet Lainnya Bagi Kesehatan: 


11. Pingsan
12. Sesak Nafas
13. Jantung berderbar
14. Diare

Itulah informasi tentang efek samping madu diet yang dikonsumsi secara berlebihan. untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sebelum melakukan diet hendaknya konsultasi ke dokter mengenai kadar madu diet yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu jangan lupa untuk mengimbangi dengan makanan sehat lainnya agar keseimbangan gizi di dalam tubuh dapat terjaga dengan baik.

Kesehatan tubuh sangat bergantung dengan makanan apa yang dikonsumsi, sudah selayaknya untuk menjaga kesehatan dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin. Dengan membiasakan hidup sehat seperti ini akan menghindarkan kamu dari berbagai ancaman penyakit dan membantu terwujudnya program diet.