Langsung ke konten utama

10 Efek Buruk Konsumsi Buah Pisang Terlalu Banyak

Ada sejumlah efek buruk konsumsi buah pisang terlalu banyak bagi tubuh Anda jika Anda secara terus menerus mengonsumsi buah ini dengan berlebihan. Pisang merupakan jenis buah yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah ini juga tergolong mudah untuk didapatkan. Pisang juga menjadi salah satu menu makanan diet yang disarankan bagi Anda dalam mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal.

Hampir semua makanan yang dikonsumsi dengan berlebihan akan memberikan efek yang buruk, tak terkecuali buah pisang. Buah yang satu ini memang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh Anda. Namun hal tersebut tidak berlaku jika Anda terlalu banyak mengonsumsi buah berbentuk panjang ini. Anda sebaiknya menghitung berapa buah pisang yang Anda konsumsi setiap hari, apalagi jika Anda adalah penggemar buah ini.

10 Efek Buruk Konsumsi Buah Pisang Terlalu Banyak

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk konsumsi buah pisang terlalu banyak yang perlu Anda ketahui.

1. Merusak keseimbangan hormone


Buah pisang mengandung senyawa yang dapat mempengaruhi hormone di tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi buah ini terlalu banyak, maka hormone di tubuh akan menjadi tidak seimbang dan memicu gejala gangguan kesehatan.

2. Gangguan penyakit jantung


Kandungan magnesium dalam buah pisang yang terlalu banyak dikonsumsi justru akan membuat jantung Anda kelebihan nutrisi. Akibatnya, jantung Anda akan mengalami gangguan penyakit yang membahayakan kesehatan.

3. Mengganggu peredaran darah


Aliran di tubuh Anda bisa menjadi tidak lancar jika Anda terlalu banyak mengonsumsi pisang. Buah yang satu ini memang mengandung mineral yang baik untuk tubuh namun jika berlebihan akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

4. Penyakit penyumbatan pembuluh darah


Buah pisang mengandung cukup banyak mineral seperti magnesium. Tubuh Anda memang memerlukan magnesium namun dalam porsi yang seimbang. Maka jika Anda mengonsumsi buah pisang terlalu banyak, magnesium yang berlebihan justru akan menyumbat pembuluh darah Anda.

5. Gangguan pencernaan


Pisang merupakan buah yang cukup padat dan memerlukan waktu bagi pencernaan Anda untuk melumatkannya. Jadi jika Anda kebanyakan mengonsumsi buah ini, pencernaan Anda akan terganggu karena butuh tenaga ekstra untuk mengolahnya.

6. Sembelit


Penyakit gangguan pencernaan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi pisang yang berlebihan yaitu penyakit sembelit. Jenis penyakit yang satu ini akan membuat Anda lebih kesulitan saat buang air besar atau sering disebut dengan sembelit.

7. Migrain


Efek penyumbatan pembuluh darah dari konsumsi pisang yang berlebihan akan membuat Anda mudah dijangkit penyakit migraine. Penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit kepala sebelah atau di satu bagian saja.

8. Memicu penyakit jantung


Penyumbatan pembuluh darah juga akan mempengaruhi kinerja jantung Anda. Akibatnya, jantung Anda akan dengan mudah diserang penyakit dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik dalam memompa darah.

9. Kebanyakan kalium


Pisang yang mengandung banyak zat kalium akan membuat tubuh Anda mempunyai kondisi kesehatan yang buruk. Konsumsi pisang yang terlalu banyak akan menimbun kalium di dalam tubuh Anda dan hal ini bukanlah hal yang baik untuk kesehatan.

10. Diabetes


Buah pisang juag mengandung cukup banyak gula. Jika Anda mengonsumsi banyak pisang matang yang mengandung gula, maka tubuh Anda akan menerima terlalu banyak gula. Efeknya, penyakit diabetes pun mudah menyerang tubuh.

Baca Juga: 16 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk konsumsi buah pisang terlalu banyak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.