Langsung ke konten utama

10 Efek Buruk Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Kenali efek buruk bawang putih untuk kesehatan tubuh terlebih dahulu akan lebih baik dalam menghindari dampak yang tidak diingankan bagi tubuh Anda. Selama ini kita hampir selalu menggunakan bawang putih di setiap masakan yang kita buat. Bawang yang satu ini sedikit berbeda dari bawang merah. Kedua bawang ini sama-sama memiliki rasa yang pedas, namun bawang putih lebih mempunyai bau dan rasa yang khas serta unik untuk masakan.

Penggunaan bawang putih untuk masakan dan konsumsi tubuh memang tidak akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Namun tak ada salahnya jika Anda mengenal apa saja efek buruk yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan berlebihan. Efek buruk dari bawang putih untuk kesehatan tubuh juga dipengaruhi oleh cara pengolahan yang salah ketika Anda mengolahnya dengan bahan makanan lainnya.

10 Efek Buruk Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Reaksi alergi


Terlalu banyak mengonsumsi bawang putih akan membuat tubuh Anda bereaksi. Reaksi ini lebih kepada reaksi yang berkaitan dengan gejala alergi. Kemungkinan besar Anda akan merasakan ruam di kulit dan juga rasa mual.

2. Mual dan muntah


Bawang putih juga dapat memberikan efek buruk berupa rasa mual dan muntah. Hal ini disebabkan rasa panas yang dikeluarkan bawang ini ke lambung dan usus Anda. Perut Anda pun akan terserang gejala mual kemudian muntah.

3. Kulit terkelupas


Tidak hanya bagian dalam tubuh saja yang akan mengalami efek buruk ketika banyak mengonsumsi bawang putih, namun juga bagian kulit. Efek panas dari bawang putih ini dapat membuat kulit Anda terkelupas, terutama jika Anda mempunyai jenis kulit yang sensitive.

4. Demam


Gejala alergi terhadap bawang putih tiap orang bisa berbeda. Ada pula orang yang akan mengalami demam jika terlalu banyak mengonsumsi bawang putih. Suhu tubuh akan naik cukup tinggi dan disertai dengan rasa pusing.

5. Sakit kepala


Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi bawang putih secara berlebihan sebagai campuran masakan. Bawang ini akan memberikan efek buruk berupa rasa sakit kepala serta pusing yang cukup mengganggu kesehatan tubuh.

6. Gangguan pencernaan


Pedasnya bawang putih yang dikonsumsi berlebihan tentunya akan mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Mulai dari penyakit maag sampai dengan pencernaan yang tidak lancar. Asam lambung Anda akan naik cukup tinggi.

7. Diare


Selain maag dan pencernaan yang tidak lancar, bawang putih yang dikonsumsi lebih banyak akan membuat Anda mendapatkan gejala diare. Anda perlu berhati-hati karena diare dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

8. Pendarahan berlebihan


Kandungan beberapa senyawa yang ada dalam bawang putih dapat memicu pendarahan yang cukup hebat. Itulah mengapa bagi Anda yang ingin menjalan operasi tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung bawang ini.

9. Bau mulut


Terlalu banyak mengonsumsi bawang putih akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini berasal dari bau bawang putih yang khas dan bercampur dengan air liur yang ada di mulut kita. Anda perlu menyikat gigi dan kumur-kumur setelah mengonsumsi bawang ini.

10. Iritasi mata


Tidak hanya bawang merah saja yang membuat kita menangis ketika memotongnya, namun juga bawang putih. Bawang ini juga dapat membuat mata Anda menjadi iritasi dengan rasa panas yang berlebihan dan menyakitkan.

Baca Juga: 10 Jenis Pantangan Makanan Ketika Haid

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk bawang putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.