Langsung ke konten utama

12 Dampak Efek Bahaya Minuman Energi bagi Kesehatan yang Sangatlah Mematikan

Minuman berenergi merupakan minuman yang dapat benar – benar meningkatkan energi dan kinerja seseorang karena mengandung zat – zat yang mampu membuat seseorang menjadi berenergi. Banyak orang yang beranggapan bahwa minuman ini dapat menambah konsentrasi dan meningkatkan mood. Namun banyak orang yang mengonsumsinya sehingga akan menimbulkan efek bahaya minuman berenergi.

Biasanya minuman berenergi mengandung zat zat seperti HFCS, kafein, vitamin B, Tauriine, Sodium Sitrat, dan banyak lagi. Zat zat tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan bahaya bagi tubuh. berikut ini merupakan efek bahaya minuman berenergi.

Efek Bahaya Minuman Energi Sangat Mematikan, Efek Minuman Energi bagi Kesehatan, Efek Bahaya Minuman Energi Sangat Mematikan bagi Kesehatan

1. Melemahnya konsentrasi


Anggapan orang bahwa minuman berenergi dapat meningkatkan konsentrasi justru akan terjadi sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan hingga melebihi 3 gelas dalam satu hari. Efek bahaya minuman berenergi akan menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari – hari terutama seorang pelajar yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menerima pelajaran.

1. Dehidrasi


Minuman yang dikonsumsi saat melakukan aktivitas sehari hari yang cukup berat akan membuat tubuh berkeringat. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang dapat membuat ginjal bekerja secara ekstra untuk menyering darah dan membuang cairan dalam tubuh dalam bentuk keringat, akibatnya seseorang akan mudah mengalami dehidrasi.

2. Melemahnya konsentrasi


Anggapan orang bahwa minuman berenergi dapat meningkatkan konsentrasi justru akan terjadi sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan hingga melebihi 3 gelas dalam satu hari. Efek bahaya minuman berenergi akan menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari – hari terutama seorang pelajar yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menerima pelajaran.

3. Merasa panik dan berlebihan


Selain efek kafein yang terdapat dalam minuman berenergi dapat menyebabkan diuretik yang mampu membuat dehidrasi. Dehidrasi ini kemudian akan membuat seseorang mudah mengalami rasa panik dan khawatir secara berlebihan.

4. Merusak hati


Tidak hanya alkohol, minuman berenergi dapat merusak hati apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya kurangi atau hindari minuman berenergi. Untuk menambah stamina, kamu cukup minum jamu tradisional yang dibuat sendiri.

5. Merusak ginjal


Bahaya lain dari minuman berenergi dapat berakibat buruk terhadap kesehatan ginjal. Hal ini tidak lain disebabkan kandungan kafein yang cukup tinggi dari minuman berenergi sehingga dapat menurunkan fungsi ginjal sehingga penyaringan darah terganggu.

6. Insomnia


Insomnia adalah sebuah kelainan yang membuat seseorang merasa kesulitan untuk tidur. Seseorang memerlukan waktu tidur sekitar 8 jam dalam sehari. Apabila waktu istirahat berkurang akan menyebabkan beberapa kerusakan lain pada organ dalam dan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

7. Obesitas 


Kandungan gula yang juga sangat tinggi dalam minuman berenergi juga dapat membuat seseorang menjadi kegemukan dan kelebihan berat badan. Kondisi ini biasa disebut dengan obesitas. Di beberapa negara, diabetes dan obesitas merupakan penyebab kematian terbesar seseorang. Sebaiknya tidak mengonsumsi minuman berenergi secara berlebihan.

8. Serangan jantung


Detak jantung akan tidak stabil jika seseorang mengonsumsi minuman berenergi secara berlebihan. Kondisi ini ditandai dengan jantung berdetak lebih cepat dari pada biasanya. jika terus dikonsumsi tanpa batasan yang tepat, minuman berenergi dapat mengganggu kesehatan jantung dan memicu munculnya serangan jantung yang berujung kematian mendadak pada manusia.

Oleh sebab itu, makanan dan minuman alami yang menyehatkan seperti buah dan sayuran hijau lebih disarankan oleh ahli kesehatan ketimbang minuman berenergi. Karena selain menghasilkan energi, makanan ini tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

9. Masalah pada tulang


Minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi seperti kopi. Kandungan kafein ini akan menyebabkan penyerapan mineral seperti kalsium sangat terhambat. Kalsium yang seharusnya dapat membantu dalam penyerapan tulang tidak mampu menutrisi tulang sehingga tulang akan mudah keropos dan rapuh.

10. Keguguran


Jika seorang wanita sedang hamil, sebaiknya hindari minuman berenergi karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dirinya sendiri dan janin yang dikandung. Hal ini disebabkan kandungan kafein yang dapat menyebabkan keguguran pada wanita yang sedang hamil. Hindarilah minuman berenergi agar risiko keguguran dapat dikurangi dan di cegah sejak dini.

Baca Juga 10 Faktor dan Tips Menghindari Bahaya Air Minum Isi Ulang

2 Dampak Bahaya Minuman Berenergi Lainnya untuk Kesehatan


11. Diabetes
12. Hipertensi

Itulah 12 informasi tentang bahaya minuman berenergi bagi kesehatan. Memang minuman ini dapat menambah stamina tubuh untuk melakukan aktivitas sehari – hari. namun minuman berenergi dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan sehingga sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan. minuman yang berasal dari buah lebih baik karena tidak akan menyebabkan efek samping.