Langsung ke konten utama

15 Dampak Buruk Minum Air Es Dingin untuk Kesehatan

Air es dingin maksudnya adalah air yang suhunya rendah karena dimasukkan dalam kulkas atau dispenser. Tentu di antara kita hampir setiap hari minum air es. Tapi tahukah apa saja dampak buruknya kalau minum air es ini? Mungkin di antara kita pernah mendengar mitos seputar air es bisa menyebabkan tubuh jadi gemuk. Ini memang benar, karena es memiliki kemampuan memelarkan jaringan kulit bila diminum terlalu banyak.
Dampak Buruk Minum Air Es, Air Es


Sebagai sebuah negara tropis yang teramat panas sepanjang hari. Pastilah kita warga negara selalu mudah mengalami dehidrasi. Dikit-dikit haus. Tapi tidak mesti juga tiap minum air harus air es dingin dari kulkas atau dispenser. Karena ini dampaknya bahaya untuk kesehatan tubuh.

Apa sajakah dampak buruk minum air dingin untuk kesehatan? Kami akan memaparkannya di bawah ini. Silahkan disimak dengan saksama ya.

1. Tubuh Mengalami Kegemukan


Minum air es bisa bikin kita kegemukan. Iya, ini bukan mitos kalau air es akan membuat perut jadi melebar. Tampaklah gemuk nanti kita. Terapi air es sepertinya cocok untuk dia yang tubuhnya kurus, tapi kalau yang bertubuh gemuk. Jangan harap deh!

2. Mudah Merasa Haus Lagi


Orang yang minum air es dingin bakal mudah merasa haus lagi. Sekali pun banyak minum, bakalan haus banget lagi. Sungguh. Ini sih namanya usaha sia-sia. Kenikmatan air dingin takkan membuat dahagamu lepas. Yang ada, kamu malah merasa haus terus. Mengerikan sekali!

3. Rentan Kena Radang Tenggorokan


Orang yang banyak minum air es bakalan sering kena radang tenggorokan. Awas hati-hati loh! Jangan sampai kamu langganan radang, ini buruk sekali untuk kesehatan. Masa radang hampir setiap hari, ini tidak boleh dibiarkan. Makanya harus disembuhkan dengan cara hentikan minum air es dingin.

4. Mengikis Lapisan Email Gigi


Air es dingin hanya akan mengikis lapisa email gigimu. Nantinya gigimu itu jadi atrisi. Terutama pada gigi seri bagian bawah maupun atas yang biasanya kalau minum dingin memang langsung mengalami kontak dengan airnya. Atrisi gigi membuat estetika gigi menurun dan akhirnya gigi pun bisa berlubang.

5. Membuat Sakit Gigi


Kalau gigi sudah berlubang, akibat minum air es dingin, maka lama-lama bisa sakit karena lubangnya sudah menyentuh pulpa yang berisi syaraf-syaraf gigi. Ingat bahwa pengobatan gigi berlubang yang sudah menyentuh syaraf membutuhkan proses yang lama karena harus melewati prosedur root canal treatment.

6. Memicu Sakit Kepala dan Migrain


Minum air es dingin di siang hari, saat terik panas menusuk, memang rasanya lezat. Tapi tahukah kamu bahwa terkadang kondiis kepala kita tidak mampu menahan perubahan suhu tubuh yang cepat. Alhasil jadilah sakit kepala dan migraine. Repot sekali.

7. Melukai Kerongkongan dan Perut


Minum air es dingin juga menyebabkan kerongkongan dan perut kita terluka. Ini disebabkan karena saluran pencernaan kita di bagian atas tidak siap dengan sifat es yang menusuk dan mengabrasi dinding saluran cerna bagian atas.

8. Pendarahan Saluran Cerna


Pendarahan saluran cerna bisa saja terjadi bilamana kita sering minum air es dingin. Ini bahaya sekali karena pendarahan ini harus segera dibawa ke UGD supaya dapat pertolongan dokter. Pendarahan saluran cerna memiliki nama medis berupa Hematemesis.

9. Membuat Badan Lemas


Badan juga jadi gampang lemas kalau kita minum air es dingin terus. Makanya harus diatur nih, jangan keseringan!

10. Bibir Mudah Kering dan Pecah-Pecah


Minum air es dingin juga menyebabkan bibir mudah pecah-pecah dan kering loh.

Baca Juga: 15 Bahaya Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

Sekian yang dapat kami sampaikan dan uraikan tentang efek samping minum air dingin ini. Silahkan simak efek lainnya di bawah ini. Yang tak kalah mengerikannya. Semoga setelah baca uraian ini, kita jadi bisa mengatur porsi minum air dingin. Biar tidak kena dampak negatifnya.

5 Dampak Buruk Minum Air Es Dingin yang Lainnya:


11. Badan Menggigil
12. Gangguan Jantung
13. Terkena Demam
14. Serangan Pilek dan Batuk
15. Mudah Kena Radang Amandel

Nah, seperti itulah kiranya dampak buruk yang mesti kita waspadai akibat minum air es dingin. Maka jangan lagi kita meminumnya ya! Sungguh bahaya sekali bila dampak ini dibiarkan begitu saja menahun di tubuh kita. Maka tinggal menunggu tanggal kehancurannya saja. Untuk kita jatuh sakit dengan keluhan-keluhan di atas. Anda bisa membaca artikel gaya hidup sehat lainnya