Langsung ke konten utama

12 Cara Yoga Untuk Pemula yang Mudah untuk Dilakukan

Terganggunya kesehatan dapat menyerang siapa saja, namun gangguan ini bisa dicegah dengan polah hidup sehat seperti olahraga. Banyak cara atau jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit. Salah satunya yaitu dengan melakukan gerakan yoga. Namun bagi pemula yang akan melakukan cara tersebut harus mencari informasi tentang cara yoga untuk pemula.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang populer dan banyak dilakukan seseorang karena ampuh untuk membakar lemak. Yoga membutuhkan gerakan yang minim dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan tempat yang cukup dan tenang. Berikut ini merupakan beberapa cara yoga untuk pemula.

Cara Yoga untuk Pemula, Tips Cara Yoga dengan Mudah, Cara Yoga untuk Pemula dengan Mudah


1. Seated yoga pose


Cara yoga untuk pemula yang harus dikuasai adalah gerakan duduk dengan posisi yang benar. Posisi duduk memang sering dianggap sesuatu yang sepele karena dianggap mudah, padahal tidak semua mampu melakukannya dengan benar. Cara duduk yang benar adalah dengan memosisikan tubuh tegap dan dada sedikit dibusungkan ke arah depan. Gerakan ini juga disertai dengan kepala sedikit diangkat dan tetap rileks dan santai.

2. Yoga mountain pose (tadasana)


Gerakan yoga ini dilakukan dengan cara berdiri dan lebarkan kaki sejajar pinggul. Setelah itu pindahkan tumpuan berat badan dengan lengan pada sisi tubuh. kemudian pindahkan lengan ke posisi sejajar leher dan tulang belakang. Tangan diposisikan ke arah atas sehingga oto bahu akan tertarik dengan rileks. gerakan ini sangat bermanfaat untuk pembentukan tubuh bagian atas dan dipercaya untuk membentuk mental yang kuat.

3. Downward facing dog (Adho Muka Svanasana)


Gerakan ini diawali dengan posisi merangkah kemudian arahkan tangan, bahu, dan pinggul agar memiliki posisi yang sejajar. Arahkan kedua tangan ke depan sambil membentangkan jari sebagai tumpuan keseimbangan berat badan.

4. Warrior pose (vidabhadrasana)


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan yoga dasar yaitu warrior pose. Gerakan ini diawali dengan berdiri dan dua kaki diposisikan terpisah satu sama lain. tekuk kaki kiri, namun pastikan kaki kanan tetap lurus. Tahan hingga beberapa detik, kemudian tukar posisi dengan kaki lainnya. Lakukan cara ini berkali – kali untuk mendapatkan kekuatan otot kaki secara maksimal.

5. Yoga Tree pose


Gerakan ini diawali berdiri menggunakan satu kaki, dan kaki lainnya di angkat dengan tangan secara menyamping. Gerakan ini sangat memerlukan faktor keseimbangan, oleh sebab itu kamu dituntut fokus untuk melakukan yoga tree pose.

6. Bridge pose (setu bandha sarvangasana)


Bridge pose merupakan gerakan tidur terlentang serta kaki ditekuk. Kemudian angkat bagian bokong ke atas dengan tangan diletakkan di samping. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih punggung dan memperbaiki tulang punggung dan mengatasi cidera.

7. Child pose (balasana)


Gerakan ini meniru kemampuan duduk orang Jepang yang disebut dengan duduk seiza. Gerakan awal yang dilakukan yaitu dengan duduk bersimpuh dan mencondongkan badan ke arah depan sambil berusaha bagian kepala menyentuh lantai. Gerakan yang di sertai dengan mengulurkan tangan lurus ke depan bermanfaat untuk kelancaran organ pencernaan dan reproduksi.

8. Standing yoga pose


Salah satu teknik yoga yaitu standing yoga pose yaitu gerakan yang di awali dengan membuka kaki lebar sambil meletakkan tangan kiri lurus ke kaki. Posisi tangan mengarah miring kesamping dengan posisi mata tetap mengikuti arah tangan kanan. Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot tangan dan kaki serta berperan dalam pembentukan tubuh.

9. Pigeon pose (trikonasana)


Gerakan ini juga termasuk gerakan yang mudah untuk dilakukan. Yaitu kamu cukup memposisikan tubuh seperti akan melakukan push up sambil meletakkan tangan di bawah bahu. tangan kemudian di tekan pada lantai dan berusaha untuk duduk dengan posisi dada membusung ke depan.

10. Triangle pose (trikonasana)


Gerakan ini merupakan sebuah kolaborasi gerakan warrior pose. Gerakan ini diawali dengan gerakan warrior pose dengan sisi kanan menyentuh lutut. Tangan kiri diarahkan ke atas dengan pandangan mata fokus ke tangan kiri.

Baca Juga 23 Cara Menguatkan Otot Paha Secara Efektif dan Baik

2 Cara Yoga untuk Pemula Lainnya:


11. Seatet Twist
12. Ardha Matsyendarasana

Itulah 12 informasi tentang cara yoga untuk pemula. Yoga merupakan olahraga yang mudah dan murah serta tidak memerlukan tempat yang luas untuk melakukan gerakan – gerakannya. Meski begitu, olahraga dan fitness ini juga termasuk ampuh untuk menjaga kesehatan.