Langsung ke konten utama

23 Cara Menguatkan Otot Kaki Secara Efektif dan Cepat

Sudah seharusnya kita menjaga kesehatan tubuh yang telah diberikan oleh sang pencipta dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Olahraga secara rutin juga sering di kaitkan dengan bentuk tubuh yang ideal. Beberapa bagian tubuh akan terlihat sempurna apabila seseorang menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin salah satunya bagian kaki. Olahraga sering dianggap sebagai cara menguatkan otot kaki.

Mungkin kamu sering merasakan nyeri pada kaki dan sering hilangnya keseimbangan. Hal ini dapat disebabkan apabila kamu jarang melakukan olahraga atau kegiatan yang dapat meningkatkan kekuatan kaki. Berikut ini merupakan cara menguatkan otot kaki yang wajib dicoba.

Cara Menguatkan Otot Kaki, Cara Memperkuat Otot Kaki, Cara Otot Kaki Kuat

1. Squat


Salah satu cara menguatkan otot kaki yang cukup efektif adalah squat. Squat merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan membuatnya menjadi kekar. Cara melakukan gerakan ini yaitu tubuh dalam posisi berjongkok kemudian dengan berdiri seperti keadaan semula. Lakukan secara rutin agar diperoleh otot kaki yang di inginkan.

2. Squat jump


Latihan ini merupakan level yang lebih sulit dari squat. Jika squat hanya menggunakan gerakan menjongkok kemudian berdiri, squat jump akan meningkatkan kesulitan dimana squat jump perlu melakukan gerakan melompat untuk mengganti posisi kaki.

3. Calf raise


Salah satu cara untuk menguatkan otot kaki lainnya yaitu calf raise. Gerakan ini sangat cocok apabila kamu lebih memfokuskan untuk menguatkan pada bagian betis. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu berdiri secara tegak kemudian jinjitkan kaki, kembali ke keadaan semula.

4. Skipping


Lompat tali atau skipping bukan merupakan sesuatu hal yang asing bagi siapa saja yang sering berlatih untuk kesehatan fisik. Cara ini juga sering digunakan untuk menurunkan berat badan karena mampu membakar lemak tubuh secara cepat. Selain itu, otot betis akan menguat karena sering melakukan latihan seperti ini.

5. Lunges


Lunges merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang perlu dipertimbangkan apabila kamu menginginkan otot kaki yang kuat. Cara ini termasuk yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan. Kamu cukup mengambil posisi berdiri dan satu kaki dilangkahkan ke depan mirip dengan akan melakukan berjongkok.

6. Side lunges


Dalam menguatkan tidak hanya ada istilah lunges, namun ada side lunges. Hal yang membedakan side lunges dan lunges hanyalah tubuh diarahkan ke samping. Cara melakukannya yaitu dengan berdiri tegak terlebih dahulu. Kemudian arahkan tubuh kebagian samping dengan tangan.

7. Sprint


Satu lagi jenis latihan fisik yang sangat baik untuk menguatkan otot kaki yaitu sprint atau lari cepat dengan jarak penek. Lakukan cara ini dengan berlari sekuat tenaga dengan jarak 30 meter, 50 meter, atau 100 meter dan lakukan secara berulang agar manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot kaki maksimal.

8. Step up


Gerakan yang satu ini juga sangat efektif untuk menguatkan dan membentuk otot kaki yang ideal. Kamu memerlukan anak tangga atau kursi untuk melakukan naik turun tangga. Lakukan cara ini berulang kali secara perlahan agar tidak terjatuh.

9. High jump


Supaya otot kaki semakin kuat, latihan berupa high jump atau melompat dengan tinggi merupakan salah satu pertimbangan lain yang harus diperhatikan. Kamu hanya perlu melakukan lompatan setinggi mungkin hingga lutut menyentuh bagian perut. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus bisa mendarat dengan sempurna dan hati hati agar tidak terjadi cidera.

10. Plank jump in


Jenis olahraga lainnya yang dapat kamu lakukan dengan mudah yakni plank jump in dimana kamu perlu melakukan langkah awal dengan berjongkok dan tempelkan telapak tangan pada lantai. Setelah itu lemparkan kaki ke belakang dengan cepat sehingga tubuh berganti posisi seakan – akan ingin melakukan gerakan push up.

Baca Juga 25 Cara Untuk Tinggi dengan Mudah dan secara Efektif

13 Cara Menguatkan Otot Kaki Lainnya:


11. Box jump
12. Butterfly twist
13. Fornt kick
14. Knee strike
15. Back kick
16. Turning kick
17. Side kick
18. Berenang
19. Leg press
20. Tenis
21. Basket
22. Sepak bola
23. Marathon

Itulah 23 informasi tentang cara menguatkan otot kaki secara efektif. Kekuatan kaki sangat diperlukan untuk menghindari tidak seimbangnya tubuh ketika berjalan. Cara yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh bentuk kaki yang indah serta kuat adalah melakukan fitness dan olahraga diatas.