Langsung ke konten utama

20 Bahaya Terlalu Sering Mandi dan Cuci Muka

Mandi dan cuci muka boleh saja. Tapi kalau keseringan ternyata bahaya loh! Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang bahaya-bahayanya.  Seperti kita ketahui bersama, setiap orang pastilah akan mandi setiap hari. Minimal sekali sehari dan tentunya yang normal adalah sehari dua kali.  Kecuali kalau sedang sakit, barulah mandi bisa diganti dengan menyeka badan saja.

Tapi beberapa orang ternyata mengidap yang namanya Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Merupakan sebuah gangguan psikis yang salah satu gejalanya adalah melakukan hal yang sama berulangkali. Biasanya penderita OCD tidak pernah merasa puas bila belum melakukan sesuatu berkali-kali. Mereka akan selalu tertekan, sebelum merasa hasil pekerjaannya benar-benar sempurna. Salah satu yang kerap dilakukan penderita OCD adalah terlalu sering mandi dan cuci muka.



Sungguh mereka akan selalu saja ingin mandi dan cuci muka. Bisa tiap sejam sekali melakukannya. Dirinya sadar melakukan. Dan kalau ditanya mengapa begitu, jawabannya karena merasa tubuhnya masih kotor dan ingin lebih bersih lagi. Wah, sungguh bahaya sekali jika begini.

Tapi terlepas dari gejala OCD. Ternyata ada pula orang normal psikisnya yang melakukan hal serupa. Terlalu sering mandi dan cuci muka. Keluar rumah sedikit, kena cahaya matahari sedikit langsung cuci muka. Ada keringat sedikit, langsung mandi. Nah, kalau dibiarkan ternyata kebiasaan buruk ini lama-lama bisa jadi gaya hidup. Dan pada akhirnya, jadi berdampak buruk bagi kesehatan.

Silahkan simak penjelasan di bawah ini tentang berbagai bahaya terlalu sering mandi dan cuci muka untuk kesehatan:

1. Wajah Jadi Mudah Kusam


Terlalu sering mandi dan cuci muka justru bisa bikin wajah kita jadi mudah kusam. Banyak orang cantik yang kulitnya mulus putih ketika ditanya berapa kali ia mandi, justru jawabannya mengejutkan. Bisa mandinya hanya seminggu dua kali saja. Apakah jawaban ini dapat dipercaya atau tidak, namun konon mandi memang justru bikin wajah kusam. Tentunya bila dilakukan terlalu sering. Overdosis!

2. Menipisnya Kulit Badan


Terlalu sering mandi dan cuci muka juga bikin kulit kita mudah menipis. Silahkan dibuktikan sendiri betapa kulit mudah sekali menipis ketika kita banyak mandi dan cuci muka. Menipisnya kulit pada wajah bisa menyebabkan munculnya urat-urat membiru yang membuat jelek wajah.

3. Mudah Terserang Penyakit


Ternyata terlalu sering mandi dan cuci muka membuat kita mudah terserang penyakit loh. Kenapa bisa terjadi ya? Karena perubahan suhu badan yang terlalu ekstrim dan karena air yang digunakan tuk mandi sangat tidak sehat dan kotor.

4. Cepat Menua


Telalu sering mandi rupanya membuat wajah jadi cepat menua. Ini terjadi karena lagi-lagi perubahan suhu yang mendadak dan cepat ketika kita mengguyurkan air ke badan. Tentunya kita tidak mau kan punya wajah yang cepat menua? Maka jangan keseringan mandi dan cuci muka ya.

5. Gampang Merasa Lelah


Sesungguhnya mandi itu aktivitas yang sangat melelahkan. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak usah sering merasa ingin mandi dan cuci muka. Yang ada malah kita lelah di kamar mandi. Kan ada jenis orang yang mandinya sangat lama, sampai berjam-jam. Seperti sedang bertapa saja di dalam kamar mandi. Mengerikan sekali!

6. Lebih Mudah Mengantuk


Terlalu sering mandi dan cuci muka juga bikin kita jadi mudah mengantuk. Maka jangan lakukan lagi ya!

7. Kehilangan Banyak Energi


Kita juga akan kehilangan banyak energi karena saking lamanya di kamar mandi.

8. Susah Konsentrasi


Selain itu usah keluar dari kamar mandi biasanya konsentrasi juga melemah. Bawaannya ingin tidur!

9. Kulit Jadi Kering


Kulit pun serasa kering.

10. Berhalusinasi


Kalau sudah berhalusinasi, inginnya tidur lama.


Baca Juga:  15 Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti itulah berbagai bahayanya bila kita sering mandi dan cuci muka. Setelah tahu bahaya ini. Kami harap anda tidak menjadi OCD dan overaktif mandi dan cuci muka lagi. Silahkan simak bahaya lainnya di bawah ini yang tak kalah mengerikan!

10 Dampak Terlalu Sering Mandi dan Cuci Muka yang Lainnya:


11. Otot Jadi Kaku
12. Urat Wajah Tampak Lebih Jelas
13. Kejang Otot
14. Rentan Kena Stroke
15. Gangguan Paru-Paru
16. Serangan Jantung
17. Terkena Asma
18. Masuk Angin
19. Demam
20. Pilek

Ternyata kalau kita keseringan mandi dan cuci muka jadinya begitu ya. Dampaknya mengerikan. Maka jangan lakukan lagi ya!