Langsung ke konten utama

15 Dampak Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh

Minuman keras yang biasa disingkat dengan miras merupakan minuman beralkohol yang sangat populer di seluruh dunia. Minuman ini dapat menyebabkan kenikmatan dan kesenangan semu. Hal inilah yang menjadikan miras sebagai gaya hidup bagi sebagian orang termasuk di Indonesia. Tidak jarang minuman beralkohol ini sangat kita temui dalam berbagai pesta mewah. Meskipun termasuk minuman yang mewah, minuman ini akan menyebabkan bahaya minuman keras bagi kesehatan.

Minuman keras yang sering dijual di Indonesia sangat banyak jenisnya dan terdiri dari beberapa golongan jenis, mulai dari golongan A yang memiliki kadar alkohol maksimal hingga golongan C yang memiliki kandungan alkohol hingga 50 persen. Berikut ini merupakan beberapa bahaya minuman keras bagi kesehatan.

Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh, Dampak Negatif Minuman Keras bagi Kesehatan, Dampak Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh

1. Pembengkakan liver


Salah satu bahaya minuman keras bagi kesehatan yakni akan menyebabkan lever membengkak. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang menyatakan bahwa penderita lever bengkak 10 hingga 20 persen disebabkan oleh minuman beralkohol. Hal ini disebabkan alkohol akan memicu lever untuk bekerja lebih keras untuk menyaring minuman tersebut. Sehingga lever akan sangat mudah mengalami pembengkakan karena mengandung cairan yang berlebihan.

2. Kerusakan otak


Bahaya lainnya dari minuman keras yaitu akan menurunkan fungsi otak hingga menimbulkan risiko frustasi dan depresi. Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan dampak yang lebih lagi yaitu mengganggu kesehatan mental yang akan mengalami perubahan tingkah laku.

3. Penurunan fungsi indra


Minuman keras juga dapat berpotensi untuk menimbulkan penurunan fungsi indra. Salah satu bagian tubuh yang akan mengalami kerusakan atau penurunan fungsi indra adalah mata dan telinga. Akibat jangka panjangnya yaitu pecandu minuman beralkohol akan menyebabkan kebutaan  secara permanen dan berkurangnya kepekaan telinga terhadap suara.

4. Mempercepat monopouse


Tidak hanya itu, akibat lainnya yaitu akan berdampak buruk terhadap proses reproduksi seseorang. Orang yang sangat gemar meminum minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi akan menyebabkan monopouse pada wanita akan cepat terjadi. Sehingga seseorang akan kehilangan kesuburannya meskipun usianya belum tua.

5. Nyeri saat haid


Bagi wanita yang sedang datang bulan juga tidak dibenarkan untuk mengonsumsi alkohol, apalagi dengan takaran yang berlebihan. kadar alkohol yang ada dalam minuman keras akan membuat wanita haid akan merasakan nyeri yang sangat luar biasa pada bagian perut.

6. Cacat pada janin


Wanita yang sedang hamil juga sebaiknya menghindari minuman ini agar tidak berdampak bagi ibu dan anak dalam kandungan. Apalagi jika kehamilannya masih termasuk muda atau 3 bulan pertama kehamilan. Untuk menghindarinya yaitu dengan cara menghindari minuman berbahaya ini agar kelahiran bayi normal dan jauh dari risiko keguguran atau cacat pada janin.

7. Osteoporosis


Minuman beralkohol memang memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Alkohol dengan kadar tertentu akan mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Akibatnya seseorang akan kekurangan kalsium dan tulang menjadi keropos, karena fungsi utama kalsium untuk menjaga kepadatan tulang manusia. Pengeroposan tulang ini disebut dengan osteoporosis.

8. Kanker hati


Selain hati bengkak, juga akan menyebabkan kanker hati apabila kamu mengonsumsi minuman keras. Kanker ini disebabkan oleh zat – zat adiktif pada minuman beralkohol yang dapat menimbulkan karisnogenik atau zat penyebab kanker. Bagian organ tubuh yang mudah terserang kanker ini adalah hati.

9. Kerusakan sistem pencernaan


Mengonsumsi minuman keras dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko terkena peradangan pada saluran pencernaan. Selain itu lambung juga akan mengalami kelainan sehingga sistem pencernaan terganggu. Saatnya beralih atau mengganti kebiasaan hidup tidak sehat ini dengan minuman yang lebih bermanfaat bagi kesehatan.

10. Efek negatif terhadap hormon


Hormon testosteron juga akan berkurang jika seorang laki – laki sangat gemar mengonsumsi minuman beralkohol. Padahal testosteron merupakan hormon yang paling dibutuhkan bagi seorang pria.

Baca Juga 12 Dampak Efek Bahaya Minuman Energi bagi Kesehatan yang Sangatlah Mematikan

5 Bahaya Minuman Keras Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh:


11. Over dosis
12. Tekanan darah tinggi
13. Kecanduan
14. Kematian
15. Kriminal

Itulah informasi tentang bahaya minuman keras bagi kesehatan tubuh. Minuman ini tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan karena akan berdampak negatif. Sebaiknya hindari untuk mencoba minuman ini agar hidup lebih sehat.