Langsung ke konten utama

17 Dampak Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

Minuman bersoda memang sangat cocok diminum saat udara panas karena efek menyegarkan yang di timbulkan. Karena rasanya yang enak, membuat banyak orang tidak memerhatikan bahaya minuman bersoda yang dapat menjangkiti seseorang yang gemar minum minuman berbahaya ini.

Bahaya yang di sebabkan oleh minuman bersoda sangat banyak sekali dan tidak boleh di anggap sepele. Untuk menjaga pola hidup sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman ini. berikut ini merupakan beberapa bahaya minuman bersoda untuk kesehatan.

Bahaya Minuman Bersoda, Dampak Bahaya Minuman Bersoda, Efek Minuman Bersoda, Bahaya Minuman Bersoda untuk Kesehatan

1. Menyebabkan obesitas


Salah satu bahaya minuman bersoda yaitu dapat menyebabkan obesitas. Kandungan gula dalam minuman bersoda jumlahnya sama dengan empat kali banyaknya gula dalam minuman manis lainnya. Tentunya kalori yang dihasilkan juga lebih banyak sehingga akan menyebabkan perut buncit atau obesitas. Obesitas ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak – anak dan orang dewasa.

2. Merusak ginjal


Salah satu yang menjadi minuman ini menarik yaitu warnanya yang mencolok. Namun pewarna yang digunakan dalam minuman bersoda biasanya menggunakan pewarna buatan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan tidak aman bagi ginjal. Apabila pewarna tersebut dikonsumsi dengan porsi banyak akan menyebabkan kerusakan ginjal.

3. Membusukkan gigi


Memang sangat banyak sekali bahaya yang bisa disebabkan oleh zat yang dikandung dalam minuman bersoda. Termasuk kandungan karbonasi dalam minuman ini akan menyebabkan gigi membusuk. Oleh sebab itu untuk menjaga gigi tetap sehat, hindari minuman bersoda yang berbahaya ini.

4. Tidak mengandung vitamin


Minuman bersoda tidak hanya mengundang bahaya, namun tidak memiliki manfaat karena sama sekali tidak mengandung vitamin yang baik bagi tubuh. Minuman bersoda ini hanya mengandung gula, kafein, dan perisa buah. Sehingga minuman ini tidak memberikan dampak positif bagi tubuh sehingga sudah selayaknya untuk dihindari.

5. Dapat menurunkan kualitas sperma


Seorang pria yang sering mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah berlebihan dan sangat sering akan menyebabkan kualitas spermanya berkurang. Lebih parahnya akan menyebabkan seseorang menjadi mandul dan susah memiliki anak.

6. Tulang mudah rapuh


Mengonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Hal ini dikarenakan minuman ini mengandung fosfat yang dapat merapuhkan dan mengikis tulang secara perlahan. Hal ini apabila terus dibiarkan akan menyebabkan osteoporosis dan dapat mengganggu aktivitas sehari – hari.

7. Membuat tubuh mudah sakit


Kandungan yang terkandung dalam minuman bersoda dapat menyebabkan tubuh seseorang yang sering mengonsumsi minuman bersoda. Hal ini disebabkan kandungannya dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membantu virus dan bakteri berkembang biak dengan baik di dalam tubuh. sehingga tidak heran seseorang mudah terjangkit berbagai penyakit.

8. Menyebabkan kecanduan


Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman berbahaya dan menyebabkan kecanduan. hal ini disebabkan rasa yang selalu ingin minum kembali minuman tersebut setelah mencobanya untuk menyegarkan tubuh dalam kondisi cuaca yang panas. Selain itu minuman bersoda mengandung kafein yang biasanya seseorang ingin meminumnya untuk mengurangi rasa kantuk.

9. Meningkatkan produksi urin


Efek negatif lainnya yang dapat disebabkan oleh seringnya minum minuman bersoda yaitu akan mengganggu penyerapan mineral dalam tubuh sehingga mineral yang tidak diserap dengan bagi tubuh akan diolah menjadi urine dan harus dikeluarkan oleh tubuh. bagi orang yang sering mengonsumsinya, akan menyebabkan seseorang sering buang air kecil dan menyebabkan dehidrasi karena terlalu banyak membuang cairan tubuh.

10. Menipiskan lapisan lambung


Lambung memiliki  kandungan asam yang sangat mudah terkikis permukaannya. Apabila dinding lambung terkikis, maka pencernaan makanan akan terganggu dan penyakit berbahaya lainnya pun tidak dapat dicegah. Salah satu gangguan yang bisa ditimbulkan yaitu membuat perut kembung dan begah, bahkan maag.

Baca Juga 8 Dampak Bahaya Minum Air Daun Ketum untuk Kesehatan

7 Bahaya Minuman Bersoda Lainnya untuk Kesehatan


11. Gangguan pada jantung
12. Asam urat
13. Penuaan dini
14. Diabetes
16. Darah tinggi
17. Kematian pada ibu hamil
18. Diabetes gestational

Itulah 17 informasi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh minuman bersoda. Karena bahaya yang dapat ditimbulkan sangat banyak, maka minuman ini harus dihindari. Memang benar minuman ini memberikan efek yang menyegarkan terutama saat di campur dengan es. Maka dari itu sebaiknya ganti biasa meminum minuman bersoda dengan air putih biasa yang lebih menyehatkan dan imbangi dengan sering olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap fit.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …