Langsung ke konten utama

5 Dampak Bahaya Minum Es saat Sedang Haid

Haid atau datang bulan adalah siklus bulanan yang selalu dialami wanita saat menginjak remaja. Saat proses menstruasi ini tubuh akan memberikan berbagai reaksi sebagai hasil dari perubahan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh. Dalam proses haid banyak makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi salah satunya es. Minum es saat haid akan menyebabkan beberapa gangguan tubuh yang seharusnya di hindari.

Kondisi stress, emosi serta kehilangan cairan tubuh saat mengalami menstruasi akan menyebabkan wanita mencari minuman segar untuk mengatasinya. Namun minum es merupakan cara yang kurang tepat untuk mengatasi kekurangan cairan akibat datang bulan. Berikut ini merupakan beberapa bahaya akibat minum es saat haid.

Bahaya Minum Es Saat Haid, Dampak Negatif Minum Es Saat Haid, Dampak Bahaya Minum Es Saat Haid

1. Dapat menghentikan kontraksi rahim


Sebuah penelitian yang dilakukan di China membuktikan bahwa minum es saat haid akan menyebabkan rahim berhenti berkontraksi. Padahal saat haid, rahim akan terus melakukan kontraksi agar dapat melepaskan seluruh darah dari dinding rahim. Ketika kamu minum air es, rahim akan berhenti berkontraksi sehingga darah yang seharusnya dikeluarkan justru membeku dalam rahim. Biasanya ditandai dengan pendarahan yang lebih cepat namun tidak bersih.

2. Meningkatkan potensi kram


Rasa kram biasanya akan terjadi saat Anda sedang haid, terutama apabila sering mengonsumsi es. es akan menyebabkan perut lebih berpotensi untuk mengalami kram. Kram memang sangat wajar terjadi karena merupakan reaksi normal ketika rahim berkontraksi kuat untuk meluruhkan seluruh darah.
Namun dengan sering mengonsumsi es secara berlebihan akan membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti sehingga darah akan membeku di dalam rahim. Jika hal ini terjadi kram yang dirasakan biasanya akan menimbulkan nyeri yang lebih sakit karena rahim juga harus bekerja secara ekstra untuk membersihkan pembekuan darah ini.

3. Dapat menyebabkan peradangan


Apabila Anda minum es selama haid maka akan menyebabkan timbulnya peradangan. Hal ini dikarenakan es dapat menyebabkan meningkatnya proses pelepasan prostaglandin. Jika jumlah prostaglandin terlalu banyak yang keluar maka akan menyebabkan timbulnya peradangan atau kram bahkan dapat menyebabkan kondisi ini semakin parah.

Sebaiknya dalam kondisi haid menghindari es terutama jenis es yang mengandung susu karena juga dapat meningkatkan serangan kram yang lebih parah. Tidak hanya itu minum es ini akan menyebabkan perut kembung dan menjadi lemah.

4. Membuat tubuh menjadi gemuk


Saat mengalami proses menstruasi tentunya tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan. Ketika minum es secara berlebihan, akan menyebabkan lapisan lemak menebal di bagian perut. Lemak yang sangat tebal ini akan menyebabkan perut menjadi gemuk dan dapat merusak penampilan Anda

Es memiliki suhu yang sangat dingin, sedangkan tubuh memiliki suhu hangat yang hampir sama dengan suhu kamar. Jika makanan atau minuman dingin banyak yang masuk kedalam tubuh manusia, hal ini akan menghambat proses metabolisme. Lambung akan menampung seluruh cairan yang masuk kedalam tubuh. semakin lama, akan menyebabkan lemak perut menumpuk.

5. Meningkatkan risiko kerapuhan tulang


Tulang rapuh atau osteoporosis sangat berpotensi untuk menyerang wanita haid. Terlebih lagi wanita yang gemar minum es karena es dapat menurunkan kemampuan untuk menyerap kalsium di dalam tubuh. Padahal kalsium sangatlah penting untuk menjaga kepadatan tulang.

Akibat dari kekurangan kalsium ini menyebabkan seorang wanita yang sedang haid akan mengalami kerapuhan tulang. Tulang yang rapuh akan sangat mudah mengalami patah tulang jika mengalami benturan.

Baca Juga 4 Minuman Penyebab Pengerasan Otak yang Harus di Hindari

Itulah informasi tentang bahaya air es untuk wanita haid yang berhasil kami rangkum. Minuman air es memang sangat menyegarkan terutama saat diminum di siang hari yang terik. Namun mengingat adanya bahaya yang dapat mengancam siapa saja termasuk wanita yang sedang haid sehingga es sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid.

Agar kesehatan tetap terjaga dan tidak menimbulkan risiko, wanita haid sebaiknya menghindari es dan minuman dingin lainnya. Mulailah beralih untuk mengonsumsi air putih biasa karena lebih menyehatkan dan tidak memiliki risiko meskipun dikonsumsi secara berlebihan. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.