Langsung ke konten utama

12 Dampak Bahaya Minum Air Es Setelah Makan bagi Kesehatan Tubuh

Minum air memang sangat menyegarkan tubuh terutama saat menghadapi teriknya matahari. Air es ini sering dikonsumsi saat tubuh sedang kelelahan. Namun jangan pernah mencoba untuk meminumnya setelah makan. Pasalnya bahaya minum air es setelah makan akan memberikan dampak penyakit kronis.

Untuk mengatasi tubuh kelelahan dan kekurangan cairan saat melakukan aktivitas berat sehari – hari kamu bisa mengatasinya dengan air putih biasa. Meski sama sama dibuat dari air putih, air es ini mempunyai banyak sekali bahaya karena suhunya sangat ekstrem dan jauh dari tubuh manusia secara normal. Berikut ini merupakan beberapa bahaya minum air es setelah makan yang dapat ditimbulkan.

Bahaya Minum Air Es Setelah Makan, Efek Samping Minum Air Es Setelah Makan, Bahaya Minum Air Es Setelah Makan Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membuat proses pencernaan melambat


Ibaratkan gorong gorong sempit yang ditumpuki oleh banyak sampah, membuat aliran air akan terhambat. Hal ini juga terjadi pada usus, dengan mengonsumsi air es setiap hari akan menyebabkan penyempitan pada usus, sehingga bahaya minum air es setelah makan akan membuat proses pencernaan dalam usus akan terhambat, akibatnya bisa terjadi gangguan pencernaan.

2. Pemicu terbentuknya batu ginjal


Bagi sesorang yang berisiko menderita penyakit batu ginjal sangat tidak dianjurkan minum es teh terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan es teh mengandung zat oxalate yang dapat memicu terjadinya batu ginjal. Kamu dapat mencegah hal ini terjadi dengan minum air putih yang cukup atau air perasan lemon secara rutin.

3. Penyebab pusing


Saat metabolisme terganggu, tubuh tidak bisa secara cepat beradaptasi terhadap suhu dingin yang disebabkan oleh air es. Akibatnya aliran oksigen menuju ke beberapa organ tubuh termasuk otak akan terhambat. Terhambatnya oksigen menuju otak akan menimbulkan reaksi pusing yang sangat sering.

4. Perut membuncit


Perut buncit memang sangat mengganggu, selain memiliki bentuk yang tidak menarik, perut buncit akan menyebabkan seseorang kurang lincah dan susah untuk bergerak. Semakin sering seseorang mengonsumsi air es, suhu dingin akan menyebabkan bantalan lemak di perut akan semakin tebal, sehingga akibatnya tumpukan lemak ini akan membuat perut buncit.

5. Mual dan begah


Minuman dingin yang masuk dalam tubuh, membuat enzim akan bereaksi dengan suhu dingin dari minuman ini. akibatnya otot perut akan menjadi kram dan akan memunculkan gas dalam perut. Apabila gas terlalu berlebihan akan menyebabkan perut merasa mual dan begah.

6. Merasa terus haus


Air es sejak dulu memang dipercaya dapat menghilangkan rasa haus dan kelelahan tubuh. Padahal air es akan bertindak sebaliknya akan terus membuat tubuh merasa kehausan. Sebaiknya untuk menghilangkan rasa haus, Anda harus beralih minum air putih biasa.

7. Memperlambat detak jantung


Tidak hanya itu, air es juga menyebabkan dampak buruk bagi jantung. Hal ini dikarenakan air es yang dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi saraf vagus sehingga akan memperlambat kinerja jantung. Saraf vagus memiliki peranan sangat penting dalam gerakan tak sadar manusia, contohnya detak jantung.

8. Terjadi pembekuan otak


Meminum air es yang berlebihan akan meningkatkan aliran darah menuju otak, akibatnya otak akan tiba – tiba merasa pusing. Orang yang pernah mengalami migrain sangat berpotensi untuk mengalami pembekuan otak.

9. Tubuh akan kehilangan nutrisi


Untuk membuat tubuh memiliki suhu normal setelah kedinginan karena minum air es, tubuh akan memerlukan tenaga ekstra. Padahal tubuh juga harus menyerap gizi dan nutrisi pada makanan yang dikonsumsinya. Karena energi tubuh telah habis untuk mengembalikan suhu tubuh ke keadaan normal, tubuh akan menghambat penyerapan nutrisi penting.

10. Memicu radang tenggorokan


Tenggorokan juga bisa mendapatkan dampak buruk akibat air es. Hal ini disebabkan oleh adanya lendir di lapisan kerongkongan. Bahaya ini tentu dapat dihindari dengan membiasakan diri minum air hangat setelah makan.

Baca Juga 8 Dampak Bahaya Minum Kopi Bagi Penderita Kista

Bahaya Minum Air Es Setelah Makan untuk Kesehatan


11. Amandel
13. Mudah Lelah

Itulah 12 informasi tentang bahaya minum air es setelah makan. Air es yang dikonsumsi tidak berlebihan tentu tidak akan menimbulkan masalah. Namun seseorang sering merasa tergoda dengan kesegaran dari air es yang menyebabkan orang lupa untuk membatasi diri untuk meminumnya. Oleh sebab itu mulai mengganti kebiasaan buruk ini dengan meminum minuman yang sehat seperti minum air putih biasa atau air hangat yang lebih menyehatkan.