Langsung ke konten utama

8 Dampak Bahaya Minum Air Daun Ketum untuk Kesehatan

Tanaman ketum atau sering disebut biak merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Afrika dan Asia Tenggara. Tanaman yang termasuk dalam famili Rubiaceae ini telah lama dipercaya sebagai bahan obat – obatan yang yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun banyak orang yang masih belum tahu akan bahaya minum air daun ketum bagi kesehatan apabila terlalu banyak mengonsumsinya.

Daun ketum biasanya banyak digunakan untuk memulihkan wanita yang baru saja meahirkan, serta obat yang sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin. Namun kandungan mitraginin dalam daun ketum dapat membuat orang menjadi ketagihan sehingga banyak dokter yang kemudian melarangnya untuk dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa bahaya akibat minum air daun ketum.

Bahaya Minum Air Daun Ketum, Dampak Bahaya Minum Air Daun Ketum, Efek Samping Minum Air Daun Ketum, Bahaya Minum Air Daun Ketum untuk Kesehatan

1. Penyusutan berat badan


Salah satu bahaya minum air daun ketum adalah dapat mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal ini sangat serupa dengan efek yang bisa ditimbulkan oleh ketagihan karena narkoba. Air ketum yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan rasa kenyang dalam tubuh meskipun perut kosong. Akibatnya berat badan seseorang akan mengalami penyusutan tanpa henti.

2. Insomnia


Bahaya lainnya yang bisa ditimbulkan oleh kebanyakan minum air daun ketum juga akan menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur atau insomnia. Kurangnya porsi tidur tentu akan mengganggu aktivitas keesokan harinya. Tidak hanya itu, organ – organ penting dalam tubuh akan berkurang kinerjanya karena memiliki jam istirahat yang sangat sedikit. Jadi minum air ketum ini sama saja dengan merusak kesehatan tubuh kalian.

3. Bibir Mengering


Kandungan dalam daun ketum juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah – pecah. Hal ini mungkin disebabkan karena air ketum dapat menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh, terlebih lagi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

4. Sulit untuk buang air besar


Aik kertum yang berlebihan sangat mungkin untuk menyerang sistem pencernaan salah satunya menghambat buang air besar. jika kotoran sulit untuk dikeluarkan akan menumpuk di dalam tubuh. hal ini akan menyebabkan penyakit berbahaya lainnya apabila tidak segera di atasi.

5. Lebam dan rasa terbakar pada bagian wajah


Banyak yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi air ketum dapat menyebabkan wajah menjadi lebam dan bengkak. Perubahan bentuk wajah semacam ini tentu akan menggangu aktivitas sehari hari serta membuat wajah menjadi tidak menarik. Akibatnya kamu akan kehilangan percaya diri tampil di hadapan orang banyak.

6. Mudah marah dan tidak dapat bekerja dengan baik


Seperti obat obatan lainnya yang dapat menyebabkan seseorang menyebabkan ketagihan, air ketum juga dapat mempengaruhi kinerja dari seseorang. Dalam jumlah banyak, air ketum akan menyebabkan seseorang mudah emosi dan marah – marah tanpa alasan yang jelas.

7. Mata dan hidung berair


Bahaya air ketum lainnya akan menyebabkan mata dan hidung mudah berair. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan zat mitraginin yang memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh sehingga mata dan hidung akan berair.

8. Masuk kategori narkotika


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa daun ketum termasuk ke dalam kategori narkotika yang menyebabkan ketagihan. Selayaknya narkoba, ketum juga dapat menyebabkan sakau apabila tidak meminumnya. Oleh sebab itu jangan pernah mencoba minum air ketum sebagai pengobatan.

Baca Juga 9 Dampak Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid

Itulah informasi tentang bahaya minum air daun ketum yang dikonsumsi secara berlebihan. Daun yang berasal dan sangat terkenal di wilayah asia tenggara dan afrika. Di Indonesia khususnya pulau Sumatera dan Maluku, telah lama menggunakan daun ketum sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Harga yang murah menjadi alasan banyak orang memilik ketum sebagai obat yang banyak dipilih. Oleh karena itu, minumlah minuman yang sehat dan bernutrisi.

Akhir akhir daun ketum mengejutkan karena banyak peneliti yang membuktikan daun ketum termasuk dalam kategori narkotika. Hal ini dikarenakan daun ketum memeliki beberapa zat berbahaya yang dapat menyebabkan peminumnya mengalami kecanduan dan bahaya lainnya yang dapat dirasakan ketika mengonsumsinya secara berlebihan. Sebelum memilih daun ketum sebagai obat, lebih baik melakukan konsultasi kepada dokter yang telah berpengalaman untuk menentukan dosis daun ketum yang aman dikonsumsi Anda.