Langsung ke konten utama

15 Bahaya Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

Pernahkah kamu mendaki gunung? Jika kamu seorang remaja atau dewasa yang gaul pastilah pernah mendaki, minimal satu kali. Akhir-akhir ini kan kegiatan mendaki sedang digandrungi anak muda. Semenjak menjamurnya channel sosial media, budaya selfie dan foto-foto di alam bebas pun merebak. Termasuk foto-foto di gunung. Padahal dulu yang namanya mendaki itu biasanya dikarenakan kecintaan pada alam gunung. Ada rasa rindu membuncah di dada kalau belum sampai puncak. Nah, sekarang motivasi mendaki gunung sekadar untuk keperluan sosial media (pamer foto). Namun ada perlu ingat selain bermanfaat, ada banyak sekali bahaya mendaki gunung bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Mendaki Gunung, Mendaki Gunung


Tahu nggak sih? Ternyata mendaki gunung itu ada sisi hitam putihnya kalau soal manfaat dan bahaya. Manfaatnya jelaslah dapat melepas stress dan menjadi alternatif olahraga untuk latihan fisik agar bugar. Namun ternyata mendaki gunung juga ada bahayanya loh. Yaitu bisa membuat kita meninggal. Bagaimana tidak meninggal? Kalau saat sedang mendaki kita kecelakaan jatuh ke jurang, atau mengalami kelelahan akut dan hipotermia. Atau kelaparan dan tersesat. Ya begitulah, mendaki gunung itu resikonya besar. Kita mesti persiapkan matang-matang.

Pada mulanya pendakian gunung setidaknya dilakukan oleh 3 kelompok resmi, yaitu: organisasi militer, kepramukaan dan pecinta alam. Ketiganya memiliki standar keamanan tersendiri tentang bagaimana harusnya mendaki gunung, apa saja persiapannya. Tapi sayangnya kini, semua orang bisa mendaki gunung. Tidak perlu DIKSAR dulu, semua bisa. Inilah yang bikin bahaya mendaki gunung muncul.

Sebenarnya apa saja sih bahaya mendaki gunung untuk kesehatan tubuh? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Sangat Tidak Cocok untuk Orang yang Fisiknya Lemah


Mendaki gunung ternyata sangat tidak cocok buat orang yang fisiknya lemah. Karena orang yang fisiknya lemah sudah pasti bakal tepar kalau mendaki. Lemah di sini bisa diartikan lagi sebagai orang yang sedang sakit atau mengalami riwayat penyakit kronis, seperti jantung dan anemia.

2. Bisa Menyebabkan Kematian


Bahaya mendaki gunung ternyata bisa juga menyebabkan kematian. Orang yang mengalami kematian karena di gunung kan banyak. Contohnya seperti tokoh terkenal Soe Hok Gie meninggal di gunung semeru karena hirup gas beracun.

3. Memicu Gangguan Pendengaran


Ternyata mendaki gunung juga sebabkan kita alami gangguan pendengaran loh. Karena semakin tinggi kita memijak gunung, maka tekanannya makin besar. Alhasil gendang telinga tertekan-tekan terus. Jadilah kita bisa tuli.

4. Rentan Terserang Anemia


Ternyata bila kita mendaki gunung bisa terkena anemia loh. Ini karena kadar oksigen di atas gunung itu kan rendah. Alhasil darah kita akan miskin oksigen. Maka dari itu membawa oksigen kalengan yang dibeli di apotek itu sangat dianjurkan untuk kita bawa di kotak P3K pendakian.

5. Berat Badan Menurun


Mendaki gunung menyebabkan berat badan kita jadi turun loh. Ini cocok sekali untuk kamu yang sedang diet. Tidak perlu repot dan pusing harus olahraga apalagi. Cukup mendaki gunung saja. Namun sayangnya, bagi banyak orang menurunnya berat badan justru adalah bahaya mendaki gunung.

6. Badan Pegal-Pegal


Sudahlah pasti kalau kita mendaki badan jadi pegal-pegal. Kalau sudah begini rasanya pasti jadi tidak enak. Bawaannya ingin diurut dan tiduran terus. Maka bahaya mendaki gunung ini sangat menyebalkan untuk mereka yang termasuk orang sibuk.

7. Meriang dan Demam


Ternyata mendaki gunung bisa menyebabkan kita meriang dan demam loh. Bagaimana tidak? Ternyata dengan mendaki ini, maka tubuh kita akan mengalami sedikit penurunan imun karena saking lelahnya. Jadilah gampang kena meriang dan demam.

8. Terkena Hipotermia


Ternyata bahaya mendaki gunung juga menyebabkan kita kena hipotermia. Kalau tidak percaya silahkan saja daki gunung tertinggi. Atau cukup baca kisah orang yabg mati karena hipotermia!

9. Kulit Jadi Hitam Menggelap


Sudahlah tentu kalau kita habis mendaki gunung jadinya kulit gelap menghitam. Ini karena sinar matahari di gunung lebih tajam dan langsung memapar tubuh kita.  Buat yang tidak mau kulitnya jadi kucel, mending tidak usah mendaki.

10. Dehidrasi Parah


Ternyata mendaki gunung menyebabkan dehidrasi parah. Dihidrasi tersebut terjadi apa bila kita kekukangan cairan atau kelelahan saat mendaki, karena menguras seluruh energi.

Baca Juga: 15 Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

Seperti itulah yang bakal terjadi kalau kita mendaki gunung. Yakin masih mau mendaki? Yuk simak lagi bahaya lainnya di bawah ini:

5 Bahaya Mendaki Gunung yang Lainnya:


11. Kulit Jadi Pucat
12. Mengalami Luka Gores
13. Ganti Kulit di Area Wajah
14. Badan Jadi Memar
15. Pusing Tujuh Keliling

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 bahaya mendaki gunung bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda manfaat dan dapat membantu Anda untuk mengetahui manfaat dan bahaya mendaki gunung. Anda bisa membaca artikel gaya hidup sehat lainnya