Langsung ke konten utama

20 Bahaya Menahan Kencing untuk Kesehatan

Tahukah kamu apa saja bahayanya bila kita menahan kencing? Ternyata ini sangat banyak bahayanya loh. Berbagai dampak buruk bakalan kita alami. Dari dampak yang bisa dirasakan langsung, sampai dampak yang dirasakan di kemudian hari. Yang namanya kencing itu harus dikeluarkan, tidak boleh ditahan karena malah justru merugikan tubuh.

Bila kita menahan kencing. Kemungkinan besar nanti terjadi kerusakan pada organ ginjal dan saluran kencing lainnya. Bagaimana tidak? Air seni yang harusnya dikeluarkan dari penampungnya, malah tertandon begitu lama di dalam. Ibarat memasukkan air ke dalam balon, sangat banyak dengan tekanan tinggi. Lama-lama bisa jebol.



Beberapa keluhan yang sering dirasakan orang yang senang menahan kencing antara lain adalah sensasi rasa sakit saat buang air kecil, air seni keluarnya hanya sedikit, anyang-anyangen, dan munculnya batu kristal. Tentu saja yang begini sangat bahaya untuk kesehatan bila dibiarkan. Nah, oleh sebab itu, marilah kita sama-sama merenungkan bahaya menahan kencing di bawah ini. Kami akan menjelaskannya secara detail:

1. Rasa Nyeri Saat Buang Air Kecil


Menahan kencing bisa membuat kita jadi nyeri saat buang air kecil. Orang yang banyak menahan kencing selama hidupnya pastilah ia akan selalu merasa nyeri kalau buang air kecil. Nyerinya ini sangat nyeri tak tertahankan. Sampai bikin jadi makin malas kencing. Wah, bahaya sekali kalau begini.

2. Keluarnya Air Seni Hanya Sedikit Demi Sedikit


Bahaya menahan kencing juga akan membuat air seni yang keluar dari kemaluan hanya sedikit demi sedikit, sampai bahkan sama sekali tidak keluar padahal sudah kebelet. Tentu saja ini semakin menambah penyakit saja.

3. Anyang-Anyangen


Fenomena di mana kita kebelet pipis namun susah keluarnya, ini dinamakan anyang-anyangen. Biasanya dialami oleh orang yang hobi menahan kencing sepanjang hidupnya. Mungkin efek ini tidak dirasakan sekarang. Tapi bakal dirasakan saat usia tidak lagi muda, kelak. Ketika sudah tua.

4. Timbulkan Kristal Pada Saluran Kencing


Ternyata anyang-anyangen saat mandi juga menimbulkan kristal pada saluran kencing kita. Kristal ini bisa menghambat laju saluran kencing kita. Sehingga membuat kencing semakin tertahan sangat susah dikeluarkan. Tentu saja kamu tidak mau kan anyang-anyangen karena kristal begini? Nah, makanya kamu harus segera buang kencingmu kalau memang sudah kebelet.

5. Gagal Ginjal


Bahaya menahan kencing juga dapat picu kita kena gagal ginjal. Tentu saja yang begini mengerikan sekali. Bagaimana bisa ginjal gagal bekerja? Sudahlah pasti kita bakalan sakit-sakitan. Mengerikan sekali! Sungguh mengerikan.

6. Pecahnya Kandung Kemih


Kandung kemih adalah organ yang fungsinya salah satunya menampung air kencing. Bayangkan bila sampai kencing kita tidak keluar-keluar karena ditahan? Ibarat memasukkan air ke dalam balon terus-menerus. Pada akhirnya balon jebol juga.

7. Tumor dan Kanker


Menahan kencing juga bisa membuat kita kena tumor dan kanker. Makanya jangan tahan lagi kencingmu ya. Ini mengerikan sekali. Kamu harus bisa membuang kencingmu secepat mungkin. Jangan ditahan lagi daripada kena kanker dan tumor.

8. Tubuh Mengalami Keracunan


Sungguh tubuh bisa kena keracunan bila kita sampai menahan kencing begitu lama. Biar bagaimana pun, kencing itu kan kotoran. Racunnya tentu sangat banyak, sehingga harus dikeluarkan dari tubuh. Tidak dipendam-pendam begitu.

9. Darah Menjadi Kotor


Orang yang gemar menahan kencing maka darahnya bisa menjadi kotor. Karena kegagalan darah ini, maka otomatis tubuh, seluruh organ akan terganggu kerjanya. Maka dari itu, cepatlah kencing! Jangan ditahan-tahan lagi.

10. Mengalami Gemuk Air


Orang yang suka menahan kencing juga bisa mengalami gemuk air. Ini mengerikan. Gemuk tapi karena ternyata air! Sama seperti ayam glonggongan yang disuntik air itu namanya!

Baca Juga: 20 Bahaya Terlalu Sering Mandi dan Cuci Muka

10 Bahaya Menahan Kencing yang Lainnya:


11. Tekanan Darah Tidak Stabil
12. Menganggu Kerja Ginjal dalam Menyaring Darah
13. Tubuh Jadi Lemas
14. Perut Kembung
15. Mengalami Diabetes
16. Gangguan Fungsi Hati dan Organ Dalam Lainnya
17. Kesemutan Berkepanjangan
18. Pingsan
19. Anemia
20. Kulit Jadi Pucat

Nah seperti itulah seluruh bahaya yang mungkin terjadi bila kita selalu saja tidak buang air kecil padahal sudah kebelet. Bahaya menahan kencing ini janganlah diremehkan. Karena efeknya fatal. Ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan pengobatan zaman sekarang itu mahal, tidak ada yang gratis! Lebih baik hidup sehat daripada sakit hanya karena kebiasaan dan gaya hidup buruk ini.