Langsung ke konten utama

15 Bahaya Malas Ganti Pembalut Saat Haid

Pernahkah berpikir tentang bahaya malas ganti pembalut saat haid? Buat para perempuan mestinya pernah memikirkan. Atau jangan-jangan kamu malah pernah melakukannya. Ketika haid sedang deras-derasnya dan pembalut sudah penuh, tapi rasanya malas sekali ganti. Padahal yang namanya ganti pembalut kan sebentar banget. Tapi itulah kadang seseorang ada saja yang malas, dengan beragam alasan.

Bahaya Malas Ganti Pembalut Saat Haid


Alasan malas ganti pembalut saat haid biasanya karena sedang sibuk. Atau karena malas membersihkan sisa-sisa darah yang tembus ke celana dalam dan celana yang kita pakai. Namun ada pula yang karena memang tidak sadar. Tak sadar bahwa pembalut yang sudah penuh seharusnya segera diganti. Karena bahaya dan hanya akan membuat malu kita bila tembus.

Sebenarnya berapa lama sih waktu yang aman pakai pembalut? Tentunya saat haid kita disarankan 24 jam pakai pembalut. Namun, bila sudah lebih dari 15 jam, sangat disarankan ganti pembalut. Atau pada saat sudah penuh dengan darah, maka saatnya diganti.

Tahukah kamu apa saja bahayanya bila malas ganti pembalut saat haid? Berikut adalah daftar bahaya yang mesti kamu perhatikan:

1. Vagina Jadi Bau Tidak Sedap


Malas ganti pembalut saat haid sangat mempengaruhi bau vagina. Kamu tidak mau kan memiliki vagina yang baunya busuk? Tentu ini sangat mengerikan, menandakan vaginamu tidak sehat. Maka dari itu, sebaiknya kalau kamu ingin memiliki kualitas hidup sebagai perempuan yang sehat, maka kamu harus memiliki vagina yang sehat pula, tidak berbau.

2. Infeksi Vagina Akibat Bakteri


Malas ganti pembalut membuat vagina rentan alami infeksi. Kalau sudah infeksi susah pengobatannya dan mahal. Infeksi vagina, coba saja bayangkan. Betapa mengerikannya penyakit ini. Apalah nanti dari dalam vagina bakal keluar nanahnya? Hih, mengerikan sekali. Maka jagalah kebersihan vaginamu saat haid, dengan rajin mengganti pembalut.

3. Tingkat Kelembaban Terlalu Tinggi di Area Vagina dan Dubur


Tingkat kelembaban juga akan meninggi kalau kamu malas ganti pembalut saat haid. Ini bisa kamu buktikan sendiri, silahkan saja kamu pakai pembalut seharian tanpa ganti. Rasanya di organ vital ini jadi lembab, susah kering. Apalagi jika kamu perempuan yang enerjik banyak gerak. Keringatan terus rasanya. Lembab!

4. Muncul Rasa Gatal


Gatal di kemaluan atau vagina bisa saja terjadi karena malas ganti pembalut. Maka dari itu jangan lagi lah malas. Daripada gatal-gatal kan memalukan dan bikin risih. Masa lah kita mau garuk-garuk kemaluan melulu. Ini kan merepotkan dan memalukan. Gatal adalah tanda vagina tidak sehat. Dan gatal bisa disebabkan karena kita malas ganti pembalut! Ingat ini ya!

5. Kemunculan Ruam-Ruam


Ruam-ruam pada kulit bisa saja terjadi bilamana kita malas ganti pembalut. Maka dari itu, sebaiknya kita  harus waspada bilamana ini terjadi. Jangan sampailah kita merasakan keganjilan ruam pada vagina. Karena ini tentu saja amat bahaya sekali untuk sekali.

6. Rasa Perih Akibat Luka


Rasa perih karena luka akibat vagina terlalu lembab dan kotor. Jangan dikira pembalut itu halus! Pada dasarnya pembalut bisa bersifat iritan apalagi bila sudah penuh namun tak kunjung kita ganti. Jangan biarkan vagina terluka karena ini buruk sekali untuk kesehatan! Ayo cepat ganti pembalutmu supaya sehat.

7. Rentan Terserang Kanker Serviks


Kanker serviks bisa terjadi bilamana kita malas ganti pembalut. Dengan kanker ini kita bisa saja meregang nyawa. Belajarlah dari kasus Julia Perez yang belum lama ini meninggal karena kanker serviks.

8. Mengalami Keputihan Seusai Haid


Keputihan bisa saja terjadi seusai kita haid. Ini bisa saja terjadi karena selama masa haid malas ganti pembalut.

9. Mengurangi Tingkat Kesuburan


Efek malas ganti pembalut selanjutnya adalah melemahnya tingkat kesuburan. Jika anda tidak rajin menggati pembalut maka akan berdapak pada penyakit. Dari pernyakit itulah dapat menyebabkan ketidak suburan.

10. Membuat Emosi Jadi Labil


Selain itu juga bisa buat emosi jadi labil.

Baca Juga: 20 Cara Melancarkan Buang Air Kecil

Seperti itulah berbagai bahayanya bila kita malas mengganti pembalut saat menstruasi. Memang mengerikan sekali ya dampaknya! Apalagi masih ada beberapa bahaya lainnya di bawah ini:

5 Bahaya Malas Ganti Pembalut Saat Haid yang Lainnya:


11. Rasa Gerah di Selangkangan
12. Bau Badan
13. Muncul Berbagai Penyakit Kelamin
14. Otot Vagina Jadi Kaku
15. Nyeri Pada Rahim

Sekian yang dapat kami paparkan, semoga artikel ini berguna untuk anda. Dan dapat menambah wawasan anda, terutama perempuan. Untuk mau segera mengubah gaya hidup pada saat haid alias menstruasi. Supaya terhindar dari berbagai keluhan penyakit akibat kotornya vagina ketika haid. Anda bisa membaca artikel gaya hidup sehat lainnya