Langsung ke konten utama

25 Bahaya Memakai Krim Pemutih Wajah untuk Kesehatan

Sekarang sedang marak peredaran krim pemutih wajah di Indonesia. Ini karena banyaknya permintaan dari kaum muda-mudi negara ini yang ingin memiliki wajah putih bersih bersinar secara instant. Cara instant mendapatkan kulit wajah putih tanpa memperhatikan resiko buruknya. Sunguh miris sekali kebiasaan dan gaya hidup ini. Mengapalah kita menggadaikan kesehatan tubuh hanya dmei mendapatkan wajah putih secara instant. Padahal kita tinggal di Indonesia yang notabene negara tropis.

Kulit asli orang Indonesia itu sawo matang. Manalah mungkin kita peroleh kulit putih. Perawatan di klinik kecantikan memang memungkinkan buat dapatkan itu. Tapi masalahnya krim pemutih yang beredar bebas di pasaran adalah jenis krim bahaya yang bukan diracik oleh dokter. Namanya saja krim racikan, tapi aslinya adalah krim abal-abal yang mengandung zat berbahaya seperti Merkuri, Hidroquinon dan Steroid.



Ketiga zat itu memanglah sangat banyak ditemukan dalam krim pemutih. Padahal pemerintah Indonesia sudah melarang penggunaan ketiganya secara bebas. Dokter kulit saja memakainya secara sangat hati-hati. Bahkan merkuri sama sekali sudah tidak mungkin digunakan karena terbukti bisa menimbulkan kanker bila digunakan dalam jangka waktu panjang.

Jadi, seperti apakah sebenarnya bahaya memakai krim pemutih wajah untuk kesehatan tubuh kita? Silahkan simak dan pahami dengan saksama berbagai uraian bahaya di bawah ini:

1. Mengandung Merkuri yang Bisa Membuat Kanker


Kandungan merkuri pada krim pemutih sangatlah bahaya untuk wajah. Kamu bisa kena kanker kalau lama menggunakan krim ini. Maka sebaiknya kamu jangan pakai krim-krim aneh macam ini ya! Sungguh hanya akan membuatmu sengsara di masa depan karena serangan kanker.

2. Penggunaan Hidroquinon Bisa Menipiskan Lapisan Kulit


Hidroquinon ternyata juga bisa tipiskan lapisan kulitmu! Terutama pada kulit wajah akan nampak lebih tipis sampai uratnya kelihatan membiru. Sungguh jadi jelek sekali nanti wajahmu. Inilah bahaya memakai krim pemutih wajah yang harusnya diketahui semua orang.

3. Steroid Sangat Bahaya, Bisa Membuat Lemah Jantung


Steroid adalah sebuah zat yang amat bahaya sekali bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Steroid memang memiliki efek memutihkan karena mampu mengikat cairan dalam tubuh. Kulit seolah ditarik, dikencangkan dan dimempatkan. Namun nyatanya lama-lama kulit justru jadi lembek kalau penggunaan steroid dihentikan.

4. Kerusakan Wajah yang Lebih Parah dari Sebelumnya


Rusaknya wajah akan lebih parah dari sebelumnya kalau kamu terus bertahan menggunakan krim pemutih wajah yang mengandung merkuri, HQ, dan Steroid ini. Kamu tidak mau kan berakhir menjadi orang yang sangat jelek dengan kerusakan wajah yang sangat parah? Tentu saja kamu tidak akan pernah mau. Maka segera saja hentikan penggunaan krim pemutih ini.

6. Jerawat yang Makin Banyak dan Membatu


Niat hati ingin mengobati jerawat, yang ada malah jerawat makin banyak dan malah jadi membatu. Ini sungguh bahaya untuk para perempuan yang ingin tampil cantik dan modis. Serta para laki yang ingin tampil ganteng. Gagallah rencana jadi sempurna karena wajah penuh jerawat batu.

7. Kulit Wajah yang Terlalu Putih Seperti Cat dan Mayat


Bahaya krim pemutih wajah juga bisa menyebabkan wajah terlalu putih seperti cat dan mayat. Tentu saja ini sangat bahaya sekali untuk tubuhmu. Bagaimana manusia kok mukanya malah berubah jadi seperti muka hantu. Seram banget deh.

8. Urat Wajah Keluar Tampak Membiru


Menipisnya epidermis di wajah membuat urat wajah jadi tampak keluar.

9. Wajah Menjadi Mudah Kusam dan Memerah Bila Kena Sinar Matahari


Pakai krim pemutih wajah itu harus siap dengan ketergantungannya. Ini akan berdampak buruk bila kamu menghentikannya karena bisa menyebabkan kamu mengalami break out dan akhirnya wajah kusam dan memerah deh kalau kena matahari.

10. Sakit Kepala Berkepanjangan


Sakit kepala berkepanjangan juga bisa terjadi akibat bahaya krim pemutih wajah.

Baca Juga: 15 Bahaya Suntik Putih untuk Kesehatan

Seperti itulah bahayanya bila kita pakai krim abal-abal ini. Silahkan simak lagi bahayanya di bawah ini:

15 Bahaya Krim Pemutih Wajah yang Lainnya:


11. Mual
12. Muntah
13. Diare
14. Pening
15. Migrain
16. Nyeri Wajah
18. Wajah Berminyak
19. Komedo Semakin Banyak
20. Wajah Pecah-Pecah
21. Luka Gores dan Membusuk Pada Wajah
22. Korengan Bernanah Pada Wajah
23. Flek Hitam Melebar dan Menebal
24. Kena Kanker Kulit
25. Mengurangi Tingkat Kepercayaan Diri

Begitulah bahayanya bila kita memaksakan diri buat pakai krim pemutih wajah terus. Jangan lagi lakukan deh! Bahaya!