Langsung ke konten utama

20 Bahaya Konsumsi Makanan Asin untuk Kesehatan

Masih banyak orang yang belum mengetahui adanya bahaya konsumsi makanan asin untuk kesehatan yang cukup serius. Saat ini makanan yang kita konsumsi jenisnya ratusan, bahkan ribuan. Semua makanan tersebut mempunyai ciri khas rasa tersendiri, mulai dari manis, pedas, dan juga asin. Penyuka makanan asin tidaklah sedikit. Rasa asin pada makanan biasanya disertai dengan rasa gurih, agar cita rasanya semakin mantap di lidah.

Konsumsi makanan apapun sebetulnya tidaklah membahayakan tubuh, asal dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Begitu pula untuk konsumsi makanan asin. Ada baiknya Anda mengatur pola makan Anda dengan baik sehingga tidak terlalu banyak menyerap rasa asin yang sebagian besar berasal dari garam. Garam mengandung nutrisi yang Anda butuhkan namun bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya terus menerus.

20 Bahaya Konsumsi Makanan Asin untuk Kesehatan

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi makanan asin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit darah tinggi


Salah satu penyebab munculnya penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah konsumsi makanan asin yang mengandung banyak garam. Garam mengandung senyawa yang akan membuat tekanan darah di tubuh Anda menjadi naik dan memicu hipertensi.

2. Stroke


Penyakit lainnya yang dapat muncul dari konsumsi makanan asin yang berlebihan yaitu penyakit stroke. Jenis penyakit ini cukup berbahaya karena aliran darah ke otak Anda akan terhenti dan mengganggu fungsi otak.

3. Resiko kanker perut


Konsumsi makanan asin dengan kandungan garam yang banyak juga tidaklah baik untuk kesehatan perut. Jika dibiarkan terus menerus, maka perut Anda dapat terjangkit resiko penyakit kanker perut yang besar.

4. Pengeroposan tulang


Kesehatan tulang dapat diukur seberapa banyak tubuh Anda menyerap garam yang berasal dari makanan asin. Hal ini karena garam dengan rasa asinnya akan menghambat penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang Anda.

5. Penyakit jantung


Konsumsi makanan asin mampu memberikan jantung Anda penyakit serangan jantung dengan resiko yang cukup besar. Hal ini karena dampak garam yang menyebabkan aliran darah di tubuh tidak lancar sehingga mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah.

6. Gangguan ginjal


Ginjal di tubuh Anda bekerja sebagai penyerap dan penyaring semua makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda sering mengonsumsi makanan asin, maka ginjal Anda akan terus menerus menyerap garam dalam jumlah yang besar.

7. Kekurangan cairan


Dehidrasi sering diakibatkan oleh banyaknya makanan asin yang masuk ke dalam tubuh. Garam yang ada dalam makanan asin memang menjadikan natrium di tubuh Anda meningkat. Efeknya, Anda akan mudah merasa haus.

8. Kehilangan memori


Siapa sangka jika makanan asin yang dikonsumsi terlalu banyak juga mampu membuat ingatan Anda hilang. Penyakit ibi disebut dengan naman demensia. Jenis penyakit ini cukup serius dan tidak bisa Anda biarkan begitu saja.

9. Penyakit diabetes


Tekanan darah yang terganggu akibat asupan garam yang berlebih dari makanan asin juga akan mengganggu kandungan gula dalam darah Anda. Hasilnya, Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit diabetes.

10. Obesitas


Kegemukan atau obesitas timbul tidak hanya karena banyaknya makanan berkolesterol yang kita konsumsi dengan campuran lemak, namun juga dari makanan asin. Makanan asin tidak akan membuat Anda kenyang, justru akan menambah nafsu makan dan memicu obesitas.

Baca Juga: 10 Bahaya Ikan Bakar untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi makanan asin untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 10 bahaya lainnya:

10 Bahaya Konsumsi Makanan Asin untuk Kesehatan Lainnya


11. Asma
12. Meningkatnya sekresi empedu
13. Mengganggu kinerja otak
14. Kerusakan DNA
15. Kembung akibat minum air yang berlebih karena dehidrasi
16. Sesak napas
17. Gangguan sistem pernapasan
18. Gejala alergi
19. Rusaknya keseimbangan telinga
20. Penumpukan air dalam tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi makanan asin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.