Langsung ke konten utama

20 Bahaya Konsumsi Daging Merah Terlalu Banyak

Anda perlu memperhatikan adanya bahaya konsumsi daging merah terlalu banyak secara terus-menerus ke tubuh Anda. Daging merah merupakan jenis daging yang paling banyak disukai orang untuk dikonsumsi, contohnya daging sapi dan daging kambing. Kedua jenis daging tersebut pun juga banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Seperti gulai, sate, steak, dan masih banyk lagi. Daging merah memang menjadi makanan enak yang paling dinanti banyak orang.

Jenis apapun makanan yang Anda konsumsi, pasti akan memberikan banyak efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Sama halnya pada daging merah. Jika Anda mengonsumsi daging merah hampis setiap minggu, maka tubuh Anda akan mengalami berbagai jenis penyakit. Daging merah merupakan jenis daging yang mengandung banyak kolesterol, apalagi jika diolah dengan cara yang tidak tepat. Maka nutrisi di dalamnya akan cenderung berkurang.

20 Bahaya Konsumsi Daging Merah Terlalu Banyak

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya konsumsi daging merah terlalu banyak yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan pada pembuluh darah


Kesehatan Anda akan terganggu jika mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Gangguan kesehatan ini akan berdampak pada pembuluh darah yang mengeras. Akibatnya, aliran darah Anda akan menjadi tidak lancar.

2. Peredaran darah yang tidak lancar


Beredarnya darah ke seluruh tubuh dengan lancar merupakan bagian dari tanda-tanda sehatnya tubuh Anda. Hal ini bisa berubah jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Kandungan kolesterol di dalamnya dapat menghambat kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Kanker usus


Daging merah bukanlah jenis daging yang dapat dengan mudah dicerna oleh organ pencernaan, baik itu lambung ataupun usus. Konsumsi daging ini secara berlebihan akan membuat usus Anda mudah dijangkiti kanker.

4. Pencernaan yang tidak lancar


Tubuh Anda memerlukan asupan gizi lainnya selain daging merah, seperti sayuran dan buah. Daging merah yang dikonsumsi terlalu banyak hanya akan membuat pencernaan Anda tidak lancar karena kurangnya serat yang diserap oleh tubuh.

5. Susah buang air besar


Bentuk dan tekstur daging merah yang padat akan membuat tubuh Anda kesulitan dalam mencerna serta membuangnya dari dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan terjangkit gejala susah buang air besar atau sembelit.

6. Diare


Tidak semua jenis daging merah terbebas dari adanya bakteri. Apalagi saat ini banyak jenis daging merah yang tidak bisa dikelola dengan baik. Hasilnya, bakteri yang masuk ke tubuh Anda akan menyebabkan gejala diare.

7. Gagal ginjal


Bakteri yang ada pada daging merah juga dapat mengganggu kesehatan ginjal Anda. Hal ini disebabkan oleh fungsi ginjal sebagai penyaring makanan, sehingga dapat dimasuki bakteri jika tertelan oleh tubuh.

8. Sakit perut


Konsumsi daging merah harus diimbangi dengan konsumsi sayuran. Itulah mengapa jika Anda sedang ingin mengonsumsi daging ini, ada baiknya Anda juga menyiapkan sayuran dan buah sebagai pelengkapnya. Jika tidak, Anda akan mengalami sakit perut.

9. Penyakit diabetes


Lemak berlebihan yang terdapat dalam daging merah hanya akan menumpuk di dalam tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Ketika lemak menumpuk, maka tubuh Anda akan mudah diserang penyakit. Salah satunya adalah diabetes.

10. Alzheimer


Kandungan zat besi dalam daging merah yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh Anda akan memicu penyakit Alzheimer. Tubuh kita memang membutuhkan zat besi, namun tidak dalam kadar yang melebihi kebutuhan.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Penambah Daya Ingat Otak

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi daging merah terlalu banyak lainnya. Berikut ini 10 bahaya lainnya:

10 Bahaya Konsumsi Daging Merah Terlalu Banyak Lainnya


11. Kanker payudara
12. Penyakit jantung
13. Tertular penyakit sapi gila
14. Kolesterol tinggi
15. Stroke
16. Menurunkan imun tubuh
17. Memicu penyakit tekanan darah tinggi
18. Kegemukan
19. Mudah letih
20. Osteoporosis

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi daging merah terlalu banyak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.