Langsung ke konten utama

12 Dampak Bahaya Es Teh Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian orang, es teh manis merupakan minuman favorit yang dapat menyegarkan tubuh terlebih lagi setelah kelelahan menjalankan aktivitas sehari – hari. Banyak yang beranggapan bahwa teh dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan bagi tubuh. Namun saat ini teh banyak dikemas dengan berbagai merek yang sangat menarik dengan bahan – bahan berbahaya sehingga akan menyebabkan bahaya es teh manis pada kesehatan.

Es teh saat ini telah berevolusi dan telah memiliki banyak pilihan varian dan rasa yang membuat teh ini menjadi menarik. Banyak orang yang beralih dan mulai mencoba mengonsumsi teh manis ini agar mendapatkan kesegaran. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Berikut ini merupakan beberapa bahaya es teh manis untuk kesehatan.

Bahaya Es Teh Manis, Dampak Buruk Es Teh Manis, Bahaya Es Teh Manis Bagi Kesehatan

1. Menyebabkan obesitas


Bahaya es teh manis yang dapat terjadi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hal ini disebabkan pemanis buatan yang sering ditambahkan pada minuman kemasan termasuk teh. Padahal pemanis buatan ini akan menyebabkan kegemukan atau sering disebut obesitas.

2. Nutrisi dalam teh tidak terserap dengan baik


Teh merupakan salah satu minuman yang bermanfaat bagi tubuh, pasalnya teh mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Namun apabila teh di sajikan dengan dingin, justru akan membuat proses penyerapan nutrisi dalam makanan menjadi terhambat. Oleh sebab itu teh hangat lebih baik dari pada mengonsumsi teh dingin.

3. Menyebabkan diabetes


Bahaya es teh dengan pemanis dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan kesehatan terganggu. Gula dalam es teh akan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Apabila terus dibiarkan, akan menyebabkan penyakit mematikan seperti diabetes.

4. Meningkatkan tekanan darah


Tidak hanya kopi, teh juga mengandung sejumlah kafein. Terutama teh hitam dan teh hijau yang mengandung kafein cukup tinggi mampu memberikan dampak buruk bagi kesehatan, yaitu seseorang yang meminumnya secara berlebihan akan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5. Membuat dehidrasi


Es teh memang sering dipercaya dapat menyegarkan dan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama kelelahan beraktivitas. Namun dalam jumlah yang berlebihan, justru es teh dapat mengikat cairan tubuh yang tersisa, pada akhirnya es teh akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan selalu merasakan haus atau kondisi ini sering di sebut dengan dehidrasi.

6. Menyebabkan kulit kering


Segelas es teh mengandung sekitar 50 miligram kafein. Kafein sebanyak ini mampu membuat kamu menjadi lebih hyper aktif yang juga dapat menyebabkan kehausan dan dehidrasi. Di samping itu dehidrasi akan menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Kondisi kulit yang kering ini akan menyebabkan penampilan kamu tidak lagi menarik.

7. Menyebabkan batu ginjal


Di dalam es teh manis terdapat kadar oxalate yang cukup tinggi, hal ini akan menyebabkan orang menderita batu ginjal. Oxalate merupakan konsentrasi yang dapat di temukan dalam batu ginjal. Dan kandungan ini merupakan zat yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit ginjal karena akan memperparah kondisi ginjal.

8. Menyebabkan masuknya radikal bebas


Teh pada dasarnya mengandung zat yang bermanfaat yaitu flavonoid. Zat ini berguna untuk mencegah serangan radikal bebas. Namun teh yang diseduh dengan es dan gula yang berlebihan akan menyebabkan tubuh akan kesulitan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. akibatnya, tubuh akan sangat mudah diserang radikal bebas.

9. Menyebabkan gagal ginjal


Oxalate juga merupakan zat yang juga terdapat pada coklat dan berguna untuk membantu proses penyerapan kalsium. Namun apabila jumlah oxalate berlebihan di dalam tubuh justru akan menyebabkan kristal oxalate akan mengendap pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal, inflamasi ginjal, bahkan gagal ginjal.

10. Kekurangan zat besi


Zat besi merupakan salah satu zat yang sangat penting bagi tubuh. Teh juga mengandung tanin yang dapat menyerap zat besi. Kandungan tanin ini akan mengikat zat besi yang diperoleh dari sayuran hijau dan makanan lainnya.

Baca Juga 15 Dampak Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh

2 Bahaya Es Teh Manis Lainnya Bagi Kesehatan:


11. Sakit perut
12. Menyebabkan kanker

Itulah informasi tentang 12 bahaya es teh manis bagi kesehatan. Mengingat banyak sekali akibat negatif yang diperoleh dari minuman es teh manis, sebaiknya minuman ini dihindari. Mulailah beralih mengonsumsi air putih lebih bermanfaat bagi kesehatan.