Langsung ke konten utama

7 Dampak Bahaya Air Kelapa untuk Kesehatan

Kelapa atau dalam bahasa latin Cocos nucifera termasuk dalam jenis tumbuhan palm yang dapat tumbuh subur di Indonesia dengan tinggi 10 hingga 14 meter. Tumbuhan ini tidak memiliki cabang. Seluruh bagian kelapa memang sering di manfaatkan masyarakat untuk keperluan sehari – hari. mulai dari daun, batang, buah, hingga tulang daunnya dapat dimanfaatkan. Bahkan air dari buah kelapa juga sering dimanfaatakan. Namun sangat tidak dianjurkan mengonsumsi berlebihan karena akan menimbulkan bahaya air kelapa bagi kesehatan.

Air kelapa sejak dulu memang sering digunakan sebagai minuman yang menyegarkan apalagi saat kondisi cuaca sedang panas. Air kelapa tidak hanya memiliki rasa segar dan manis, namun memiliki beberapa nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, dan sangat bermanfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang beberapa bahaya air kelapa bagi kesehatan jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Bahaya Air Kelapa, Dampak Bahaya Air Kelapa, Efek Samping Air Kelapa, Bahaya Air Kelapa untuk Kesehatan

1. Menyebabkan Diare


Air kelapa memang merupakan minuman yang rendah lemak sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan apabila kamu sedang diet. Namun disisi lain, air kelapa yang berlebihan akan menyebabkan bahaya air kelapa yaitu diare yang bisa menyerang kapan saja.

2. Bukan pengganti cairan tubuh yang mutlak


Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dipercaya dapat membantu menggantikan ion dan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Namun minum air kelapa saja tidak cukup untuk menghilangkan rasa kelelahan pada tubuh. Anda juga harus mengonsumsi minuman dan makanan yang bergizi lainnya agar dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengatasi kelelahan secara penuh.

3. Bahaya bagi penderita gangguan ginjal


Penderita gangguan ginjal atau yang sedang mengalami penurunan fungsi ginjal akan kesulitan melakukan proses penyaringan darah dan sekresi zat di dalam tubuh. apalagi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium tinggi seperti air kelapa juga akan sulit untuk diserap oleh tubuh.

Akibat kalium tidak di serap dengan baik, dapat menimbulkan hyperkalemia di dalam darah. Oleh sebab itu bagi Anda yang sedang mengalai penurunan fungsi ginjal sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi air kelapa. Apabila masih ingin mencobanya, tidak hanya akan memperburuk ginjal namun juga akan membahayakan jantung.

4. Menimbulkan kejang otot


Apabila kamu sedang dalam perjalanan jauh, sebaiknya jangan membawa bekal berupa air kelapa. Kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam air kelapa justru akan menyebabkan beberapa bahaya seperti kejang otot, terutama saat sedang mengalami kelelahan karena perjalanan jauh. Oleh karena itu sebaiknya beralih memilih bekal minuman untuk dibawa selama melakukan perjalanan dan jangan lupa untuk membawa air putih yang banyak.

5. Tidak membuat kebal terhadap penyakit


Memang kandungan dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. akan tetapi jangan sampai salah mengartikan bahwa air kelapa akan membuat tubuh bebas dari serangan berbagai penyakit. Air kelapa hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga masih sangat membutuhkan makanan dan minuman lainnya untuk meningkatkan pertahanan tubuh dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

6. Berbahaya bagi ibu hamil dan janin


Air kelapa juga dapat berpotensi memiliki bahaya apabila dikonsumsi ibu hamil terutama janin yang dikandungnya. Wanita yang sedang hamil muda terutama 3 bulan pertama sangat tidak dianjurkan untuk minum air kelapa karena dapat meningkatkan asam lambung. pada fase ini wanita sering mengalami mual dan muntah, dengan mengonsumsi air kelapa dikhawatirkan akan memperparah.

7. Menurunkan tekanan darah


Minum air kelapa juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan darah seseorang menjadi drop dan semakin turun. Apabila tekanan darah seseorang sangat rendah maka akan mudah mengalami kesemutan, kelelahan, dan pusing.

Baca Juga 6 Dampak Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah 7 informasi tentang bahaya air kelapa yang harus dihindari. Minum air kelapa sangat baik untuk kesehatan tapi harus dengan jumlah yang sewajarnya. Apabila mengonsumsinya tanpa aturan justru bahaya bahaya tersebut yang bisa didapat. Selain itu sangat penting untuk mengimbangi dengan minuman sehat seperti air putih yang cukup.