Langsung ke konten utama

23 Dampak Bahaya Akibat Kebanyakan Kopi bagi kesehatan

Kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, biji dari tumbuhan kopi dapat diolah menjadi minuman yang sudah dikenal dan digemari hampir semua masyarakat di seluruh dunia. Kafein yang ada dalam kopi memang dapat digunakan untuk seseorang yang akan begadang. Namun akibat kebanyakan kopi akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan.

Di Indonesia banyak kedai dan kafe yang menyajikan berbagai varian kopi. Kopi yang sering dijual di Indonesia yaitu kopi arang, kopi tubruk, kopi luwak, dan lain sebagainya. Kopi merupakan minuman yang dapat diminum siapa saja asal tidak berlebihan. Berikut ini merupakan akibat kebanyakan minum kopi yang bisa di timbulkan.

Akibat Kebanyakan Kopi, Bahaya Kebanyakan Kopi, Efek Samping Akibat Kebanyakan Kopi, Akibat Kebanyakan Kopi untuk Kesehatan

1. Risiko serangan jantung


Akibat kebanyakan kopi dapat menyebabkan berbagai masalah serius bagi kesehatan, salah satunya yaitu akan terkena risiko serangan jantung. Kopi yang mengandung kafein tinggi ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras sehingga detak jantung akan bertambah kencang.

2. Risiko asam lambung tinggi


Selain kandungan kafein yang sudah terkenal, kopi juga memiliki ciri khas asam yaitu quinic acid yang dapat memicu kenaikan asam lambung. jika kondisi ini terjadi maka segera ambil tindakan akan risiko asam lambung dapat di tangani secara dini. Untuk mengurangi risiko ini, kamu bisa mengonsumsi makanan untuk mengurangi asam lambung.

3. Rentan sakit dan infeksi


Niacin yang juga merupakan kandungan kopi akan menyerap vitamin dalam tubuh. akibatnya vitamin yang seharusnya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh hilang. Daya tahan tubuh yang kurang bagus akan menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai jenis virus dan bakteri penyakit.

4. Tingginya kadar trigliserida


Kandungan trigliserida yang tinggi salam tubuh tidak baik untuk kesehatan. Kandungan dalam kopi akan membantu meningkatkan kadar trigliserida secara cepat. Dengan naiknya kadar trigliserida akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, impotensi, dan diabetes dapat terjadi.

5. Cepat cemas dan gelisah


Pada saat seseorang baru minum kopi, maka akan menyebabkan tubuh berenergi dan bersemangat. Namun setelah beberapa saat akan menyebabkan kamu akan merasa cemas, mual, muntah, cemas, dan jantung berdebar. Kondisi ini akan menyebabkan aktifitas tubuh lainnya akan terganggu.

6. Menyebabkan kerusakan gigi


Minum kopi yang ditambahkan kopi secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Hal ini disebabkan oleh lapisan gula akan mengendap dalam gigi dan celah gigi sehingga gigi akan rusak. Kopi juga mengandung trigonelline yang dapat mendukung kerusakan gigi serta membuat gigi berwarna kuning dan akan muncul karang gigi. Jika dibiarkan, gigi akan menyebabkan bahaya gigi berlubang.

7. Kerusakan sel pada mulut


Mulut, dan lidah dapat berfungsi sebagai indra pengecap yang dapat berfungsi sebagai perasa makanan dan minuman. Dengan minum kopi yang berlebihan, akan berpotensi untuk merusak sel sel dalam mulut sehingga akan kehilangan kepekaan dalam merasakan sesuatu.

8. Risiko penyakit darah tinggi


kafein yang dikandung dalam kopi akan mempengaruhi sistem tekanan darah dalam tubuh. Kondisi ini sangatlah berbahaya bagi pecandu kopi karena akan menyebabkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

9. Insomnia


Insomnia merupakan salah satu gangguan yang menyebabkan sulit tidur. Risiko insomnia dapat disebabkan oleh berbagai macam, salah satunya akibat mengonsumsi kafein yang terdapat dalam kopi. Dampak yang disebabkan oleh gangguan ini akan menurunkan produktivitas dan prestasi seseorang.

10. Osteoporosis


Kopi juga sangat tidak aman dikonsumsi secara berlebihan oleh lansia atau wanita yang sedang haid. Sebab kopi mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat mengganggu proses penyerapan kalsium, padahal kalsium dapat berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Apabila kekurangan kalsium, tulang seseorang akan keropos.

Baca Juga 8 Dampak Bahaya Minum Air Panas untuk Kesehatan

13 Akibat Kebanyakan Kopi Lainnya Bagi Kesehatan:


11. Sering buang air kecil
12. Kram otot
13. Galukoma
14. Pembesaran pembuluh darah
15. Kecanduan
16. Vertigo
17. Mudah berkeringat
18. Stress
19. Gangguan pencernaan
20. Zat besi tidak seimbang
21. Kematian mendadak
22. Keguguran
23. Gangguan reproduksi

Itulah informasi tentang akibat kebanyakan kopi yang bisa menyerang seseorang yang mengonumsi kopi secara berlebihan. Oleh sebab itu haruslah membatasi mengonsumsi minuman ini. Kamu bisa mengurangi kebiasaan minum kopi dan menggantinya dengan air putih yang lebih menyehatkan.