Menghilangkan Milia (Jerawat Putih) Secara Alami dan Cepat

Saat milia muncul di area wajahmu tentu kamu akan menghilangkan milia dengan cara tradisional. Milia sering disebut dengan jerawat bayi karena memang biasanya timbul di kulit wajah bayi yang baru lahir. Selain itu, milia juga dikenal dengan kista milium yang tidak berbahaya dan bisa hilang sendirinya.

Tak hanya muncul pada wajah bayi saja, tapi milia juga bisa terbentuk pada kulit wajah orang dewasa atau segala usia. Bentuk milia umumnya seperti jerawat yakni dengan benjolan kecil yang berwarna putih kekuningan. Biasanya muncul berkelompok pada area hidung, mata, kelopak mata, dada, dahi dan pipi.

Namun, tak usahlah khawatir dengan milia karena akan hilang selama beberapa minggu. Jika kamu tetap merasa terganggu, bisa kok kamu mengatasinya dengan cepat. Pakai saja bahn-bahan alami untuk mengobati milia dari wajahmu. Simak yuk ulasannya!

Cara menghilangkan milia dengan cepat

Inilah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi milia agar cepat hilang dari wajah kamu yang bersih. Ikuti yuk, cara ini!

Bersihkan wajah secara rutin
Untuk mencegah kotoran yang menyumbat pori-pori kulit yang dapat menimbulkan milia, kamu harus rutin mencuci wajah. Bersihkan wajah 2 kali dalam sehari pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sesaat sebelum tidur. Cuci wajahmu menggunakan sabun muka agar kulit bersih, segar dan terhindar dari milia.

Manfaatkan tabir surya
Melindungi kulit dari pancaran matahari secara langsung termasuk cara menghilangkan milia. Sebab, sinar UV bisa memicu terjadinya kerusakan kelenjar keringat. Sinar UV dapat mebalkan kulit, menebalnya jaringan epidermis ini membuat keratin yang terletak di bawahnya sulit keluar. Makanya, gunakan tabir surya untuk meminimalisir dampak negatif dari sinar ultraviolet.

Pilihlah produk tabir surya yang tanpa minyak karena berfungsin melindungi kulit tanpa harus menyumbat pori-pori wajah. Perhatikanlah saat kamu membeli produk tabir surya, cari yang kulitasnya bagus juga.

Lakukan proses pengelupasan sel kulit mati
Dalam melakukan proses pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami. Yakni dengan gula, lemon, minyak zaitun seperti ini caranya. Masukkan 2sdm gula pasir halus, ½ buah lemon yang diperas dan 1sdt minyak zaitun ke dalam mangkuk. Lalu aduk hingga berbaur dan oleskan ramuan itu ke wajah diamkan selama 20-30 menit agar meresap. Kemudian, bilas hingga bersih.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan madu dan oatmeal. Ambil madu dan oatmeal secukupnya dan campur hingga menjadi pasta. Terapkan ke wajahmu dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas. Eksfoliasi merupakan cara mengatasi milia yang tepat karena membantu regenerasi sel kulit. Sehingga, kulit menjadi baru dan lebih sehat.

Aplikasikan retinol ke milia
Cara menghilangkan milia selanjutnya dengan retinol. Retinol adalah krim yang mengandung vitamin A, fungsinya untuk merangsang penggantian sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, retinol juga bertindak sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Cuci muka sampai bersih dan oleskan krim retinol ke bintik-bintik milia setiap malam sebelum tidur. Diamkan selama 30 menita atau sampai mengering dan bilas. Tapi, jangan menerapkan retinol ke bagian kelopak mata, karena dikhawatirkan menimbulkan iritasi.

baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dalam Satu Malam (Alami dan Cepat)

Pergi ke dokter
Selain menghilangkan milia dengan cara tradisional, kamu dapat mengobatinya dengan bantuan dokter. Sebelumnya, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau dermatologis untuk menentukan pengobatan milia yang tepat. Jangan sekali-sekali mengeluarkan milia dengan jarum, karena dapat mengakibatkan infeksi dan bekas luka.

Umumnya pakar dermatologis, menganjurkan penderita milia untuk melakukan peelingm cryotherapy dan dermabrasi. Ada juga krim kulit dan antibiotik yang dapat mengobati milia. Namun, menggunakan cara-cara seperti ini harus dikonsultasikan dengan jelas kepada ahlinya. Jangan asal pilih obat.

Itulah ulasan tentang menghilangkan milia secara tradisional dan medis untuk mengatasi masalah kulit wajahmu ini. Apabila kamu mempunyai teman yang mengeluhkan tentang milia, jangan ragu membagikan informasi ini ya!

Loading...

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon