Langsung ke konten utama

11 Gerakan Simple Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat bisa menggunakan senam atau latihan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Aliran darah yang buruk bisa menyebabkan, beberapa gangguan kesehatan diantaranya, sakit kepala, kelelahan berlebih, kaki bengkak dan lainnya. Akibatnya mengganggu aktivitas yang kamu lakukan.

Penyebab utama peredaran darah tidak lancar adalah karena mempunyai kadar kolesterol tinggi. Selain itu makanan kurang serat, makanan asin dan juga kurang asupan cairan. Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh menyebabkan kolesterol tinggi yang pada akhirnya bisa beresiko kerusakan pembuluh darah.

Kali ini kita akan membahas cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat dan mengatasi sirkulasi darah yang buruk. Cara terbaik untuk itu adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik, inilah beberapa tipsnya.

Cara meningkatkan sirkulasi darah



Ada beberapa latihan yang bisa kamu gunakan untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh.

Luruskan kaki
Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan peregangan untuk melancarkan peredaran darah yang tersumbat. Luruskan kedua kakimu di bawah terik matahari pagi selama 10-20 menit. Setelah itu, lakukan olah tubuh lainnya.

Angkat kaki
Berdirilah dengan tegak, lalu angkat salah satu kaki ke atas. Pastikan otot-otot kaki merasa tegang, lakukan juga pada kaki sebelahnya. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kaki secara bergantian.

Gerakan leher
Cara melancarkan peredaran darah ke otak adalah dengan mengendurkan otot-otot leher. Putar kepala kekiri dan kekanan, masing-masing sebanyak 10 kali. Lalu berbaringlah, tundukkan kepala ke depan sambil membungkukkan dada atau yang disebut dengan sit up. Lakukan juga sebanyak 8-10 kali.

Push up
Setelah mandi pagi, beranjaklah untuk melakukan push up sebanyak 10 kali. Latihan ini akan memberikanmu energi sepanjang hari. Luangkan waktu 30 menit untuk melakukan hal itu sebelum kamu beraktivitas.

Melatih jari-jari kaki
Duduk di lantai membentuk sudut 90 derajat dengan lutut. Tetaplah tegak dan gunakan tanganmu untuk meraih jari-jari kaki dan menjaga tumit agar tetap di tanah. Kemudian kembali pada posisi semula. Lengkapi juga dengan berjalan jinjit dalam beberapa menit. Peredaran darah tidak lancar dengan gerakan tersebut akan lancar kembali.

Putar kaki
Cara melancarkan peredaran darah di kaki selanjutnya dengan duduk di kursi. Lalu putar kaki mu searah jarum jam, ulangi hingga 10 kali. Lakukan secara bergantian selama. Selain meningkatkan sirkulasi, latihan ini juga melenturkan kaki sehingga lebih kuat dan bugar dalam beraktivitas.

Latihan tangan
Latihan tangan ini mencegah terjadinya kram atau peredaran darah tidak lancar pada seluruh tubuh. Regangkan kedua tanganmu lurus kesamping, lalu bentuk kepalan dan gerak-gerakkan kepalan tersebut. Tetap pada posisi itu selama beberapa menit. Lalu, gerakkan tangamu melingkar bahu ke samping kanan dan kiri secara bergantian dalam satu menit.

Jalan-jalan
Walaupun semua gerakan dapat meningkatkan sirkulasi, tapi cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat terbaik adalah dengan berjalan. Jalan pagi setiap 20-30 menit setiap hari mampu mengurangi stres, melemaskan otot dan merangsang kinerja pembuluh darah.

Renang
Berenang merupakan gerakan yang melibatkan semua otot tubuh dan merangsang peredaran darah tidak lancar. Olahraga renang baik untuk semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, khususnya bagi mereka yang bermasalah dengan sendi dan otot.

baca juga : 4 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Tubuhmu Mengalami Penyumbatan Pembuluh Darah

Yoga
Merupakan teknik untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih pernapasan. Salah satu manfaat yoga adalah memperbaiki peredaran darah tidak lancar. Jadi, metode ini bisa kamu pakai untuk meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

Bersepeda
Bersepeda dapat meningkatkan sirkulasi pada bagian bawah tubuh. Tak hanya itu, bersepeda secara rutin dapat melatih otot kaki lebih kuat dan sehat terhadap gangguan yang menyerang. Selain bersepeda, kamu juga bisa menari.

Itulah latihan yang bisa melancarkan peredaran darah ke otak, kaki atau seluruh tubuh. pada dasarnya semua gerakan tubuh bisa membawa dampak positif bagi tubuh. Jadi, janganlah malas bergerak setiap hari.