Tanda Tanda Cacar Air Mulai Akan Sembuh

Tanda tanda cacar air yang akan sembuh. Sebelumnya ada harus memastikan terlebih dahulu apakah yang anda alami tersebut merupakan cacar air atau bukan. Cacar air atau disebut varicella disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster, yang ditandai dengan munculnya ruam-ruam (benjolan) yang selanjutnya berisi air lalu mengering dan meninggalkan koreng, serta proses penyembuhan (koreng hilang). Ruam tersebut terasa sangat gatal, dan orang yang menderita sering kali disertai demam. Biasanya penyakit ini berlangsung sekitar 7 sampai 14 hari dan masih dapat menularkan ke orang lain/ infeksius hingga seluruh koreng menghilang. 

Penyakit ini akan lebih lama hilang apabila cacar air tersebut digaruk-garuk, karena akan menimbulkan infeksi, Serta cacar ini dapat terjadi keseluruh tubuh. Wujud kelainan kulit penyakit ini bervariasi, bisa saja di tubuh sudah mulai pembentukan koreng, tetapi di wajah masih mlenting atau ruam. Pengobatannya pun dengan antivirus (terutama untuk dewasa, pada hari-hari pertama penyakit) dan simtomatis yang ditujukan untuk mengurangi gejala, berupa penurun demam, misalnya parasetamol, dan antigatal, misalnya lotion calamine.

Tanda Tanda Cacar Air Mulai Akan Sembuh

Tanda Tanda Cacar Air Mulai Akan Sembuh
Cacar air sembuh pada saat demamnya mulai menghilang dan bintik bintik gelembung cacar yang berisi air berubah menjadi kering . Hal ini biasanya terjadi pada saat hari ke 10 atau ke 11 setelah pertama kali timbulnya bintik bintik gelembung cacar air bahkan ada juga yang sampai 3 minggu.

Saat cacar air sembuh, virus varicella zooster tidaklah mati, melainkan hanya dormant (tidur secara sementara). Sewaktu waktu bila daya tahan tubuh sedang menurun, maka virus ini bisa kambuh dan aktif kembali dan menyebabkan penyakit cacar ular.

Hal yang dilakukan saat terkena cacar air:
  1. Istirahat cukup, dan tidak disarankan keluar rumah terlebih dahulu, karena dapat memperburuk keadaan.
  2. Dianjurkan pula untuk makan 4 sehat 5 sempurna.
  3. Pisahkan cucian pakaian orang yang terkena cacar air dengan yang lainnya.
  4. Mandi seperti biasa, tapi jangan sampai ruam tadi pecah.
Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah membrukunya cacar air, anda bisa menjaga daya tahan tubuh, tetap makan teratur, hindari terkena asap/ debu/ kotoran agar cacar yg sudah pecah tidak terinfeksi kuman.

Segera konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter apabila terjadi kelainan seperti saat ruam tersebut pecah mengeluarkan nanah, agar tidak terjadi keterlambatan dan komplikasi penyakit.

Itu tadi materi tentang Cacar Air dari pengertian, penyebab, obat cacar air, serta alama penyembuhannya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon