Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan mekanisme pertahanan diri ataupun reaksi fisiologis terhadap perubahan yang terjadi akibat sakit. Oleh karena itu panas dalam juga merupakan gejala dari penyakit- penyakit infeksi dan non infeks.


Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita
Cara Menangani Dan Mengobati Panas Dalam Pada Anak Bayi
Pertama, amati gejala yang timbul karena adanya panas dalam seperti diantaranya:
  1. Gangguan pada mulut, seperti terdapat sariawan, bibir keringpecah-pecah, dan bau mulut menyengat;
  2. Gangguan pencernaan, contohnya sembelit dan wasir.
  3. Gangguan kesehatan pada tenggorokan, seperti batuk-batuk kering, tenggorokan terasa gatal, sakit, dan kering.
  4. Sering sekali merasa kehausan dan selalu ingin minum.
  5. Badan meriang, panas dingin
  6. Rasa sakit pada tenggorokan saat menelan makanan.
Apabila panas dalam pada bayi atau anak anda ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi (demam), timbul bercak kemerahan pada wajah atau tubuh, disertai batuk dan atau pilek dan kadang-kadang disertai mata merah dan diare bisa jadi mereka terkena virus campak. 
Untuk mengatasi panas dengan ketersediaan bahan bahan dalam dirumah ada beberapa cara sederhana, yakni agar panas dalam tidak bertambah parah. Berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh:
  1. Berikan Asi atau air putih untuk anak kecil
    Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena kekurangan cairan. Untuk itu berikan bayi atau anak anda ASI atau air putih yang cukup. Pemberian ASI juga memberikan kenyamanan kepada bayi yang sakit. Jika bayi menolak untuk disusui, berikan terus dorongan kepadanya untuk mau menyusu.
        
    Pemberian Asi Pada Anak Bayi Yang Panas Dalam
  2. Perbanyak makan.
    Bayi atau anak kecil membutuhkan lebih banyak sewaktu sakit. Jika selera makan bayi atau anak anda berkurang, berikan dorongan padanya untuk makan sedikit tetapi sering. Berikan makanan yang sederhana, seperti bubur, dan hindari makanan pedas dan berlemak.

  3. Berikan makananan yang banyak mengandung vitamin C dan serat.
    Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan mengandung vitamin c, seperti sayuran juga buah buahan. Jenis buah-buahan yang membantu mengatasi panas dalam seperti: pisang, apel, blewah, sirsak, kiwi, anggur, mangga, tomat, alpukat dan strawberry. Pemberian dapat dilakukan dengan cara di buat bubur dan semenarik mungkin. Hal ini dapat menaikkan nafsu makan anak anda.
  4. Pengompresan.
    Bila badan anak panas kompres dengan air hangat dan jangan memakai selimut dan pakaian tebal. Jika anak menderita batuk, berikan obat batuk tradisional seperti campuran 1 sendok teh jeruk nipis dengan 2 sendok teh kecap/ madu diberikan 3-4 kali sehari (untuk umur > 1 tahun).
         
    Pengompresan Pada Anak Balita Yang Panas Dalam
  5. Hidung Tersumbat
    Jika hidungnya tersumbat karena pilek bersihkan lubang hidungnya denngan sapu tangan bersih.
  6. Air Kelapa
    Apabila tersedia, dapat dibantu dengan memberikan air kelapa muda langsung tanpa perlu diberi tambahan apapun.

  7. Ramuan dari kacang hijauberupa air rebusan kacang hijau atau dapat dibuat dalam bentuk bubur kacang hijau yang bisa ditambahkan jahe maupun gula batu. Untuk bayi, bisa dibuat dengan kacang hijau yang lebih halus ataupun minum air rebusannya saja.

  8. Minum air rebusan rambut jagung.
    Rambut jagung memiliki kandungan alami seperti flavonoid serta tanin yang dinilai ampuh untuk berbagai penyakit. Cukup dengan merebus rambut jagung dan disaring kemudian air rebusannya diminum langsung tanpa menambahkan bahan lainnya atau bisa tambahkan dengan sedikit jagung maupun jahe agar dapat memberikan rasa.
  9. Mengkonsumsi telur ayam kampung.
    Khasiat telur ayam kampung jauh lebih baik daripada ayam buras. Telur ayam kampung memiliki kandungan gizi lebih tinggi, sepertiasam amino, vitamin E, serta lemak omega tiga dengan kandungan 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam buras.
  10. Pemberian Obat
    Penyembuhan panas dalam yang disebabkan oleh penyakit yang ringan, dapat juga dilakukan dengan pemberian obat penurun panas yang dapat dibeli bebas di apotek. Tetapi obat yang digunakan harus jelas dosisnya, Segera berikan minuman yang disukai anak setelah pemberian obat yang terasa tidak enak/ pahit, Namun setelah diberi obat penurun panas demam kembali terjadi, jalan terbaik adalah membawa anak balita ke dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut

Catatan Penting:
Jika anak balita atau bayi anda yang mengalami demam atau panas dalam berusia dibawah enam bulan, dengan alasan apapun harus segera ditangani oleh dokter. Ataupun Jika mengalami gangguan pernapasan, misalnya terlihat memburuk dan tersengal-sengal, bayi atau anak balita harus segera ditangani oleh dokter. Sebab kondisi fisiknya masih tergolong sangat lemah sehingga bila tidak segera ditangani oleh dokter dikhawatirkan akan membahayakan keselamatannya.

Semoga langkah langkah diatas dapat membantu untuk menghilangkan panas dalam pada anak anda maupun bayi anda.